Pendampingan implementasi kurikulum merdeka dalam penyusunan modul ajar di SMP Muhammadiyah 3 Gending Probolinggo
Abstract
Abstrak
SMP Muhammadiyah 3 Gending merupakan sekolah menengah pertama binaan Persyarikatan Muhammadiyah di kawasan Gending, Probolinggo. Berdasarkan observasi awal dan diskusi dengan mitra permasalahan prioritas yang dihadapi mitra yaitu: 1) mitra belum menerapkan Kurikulum Merdeka, 2) kurangnya pemahaman guru-guru sekolah mitra mengenai Implementasi Kurikulum Merdeka, dan 3) kurangnya pemahaman guru-guru sekolah mitra mengenai pengembangan perangkat pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Kegiatan pengabdian dilakukan dalam 4 tahap yaitu persiapan, pelaksanaan pelatihan IKM, pelaksanaan pendampingan IKM, evaluasi. Tahap persiapan dilakukan dengan kegiatan pra survey, pelaksanaan Kerjasama dengan SMP Muhammadiyah 3 Gending Probolinggo, dan mempersiapkan bahan pelatihan. Selanjutnya tahap pelatihan IKM yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 3 Gending kemudian dilanjut pendampingan penyusunan modul ajar yang terdiri dari 3 pertemuan daring dan pengumpulan tugas akhir berupa modul ajar. Kegiatan terakhir yaitu tahap evaluasi dilakukan untuk melihat ketercapaian kegiatan pengabdian. Berdasarkan hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan ketercapaian pada kegiatan pelatihan sebesar 100% dan 83% pada kegiatan pendampingan penyusunan modul ajar.
Kata kunci: pelatihan; pendampingan; IKM; modul ajar
Abstract
Muhammadiyah 3 Gending Junior High School is the first middle school supported by the Muhammadiyah Association in the Gending area, Probolinggo. Based on initial observations and discussions with partners, the priority problems facing partners are: 1) partners have not implemented the Independent Curriculum, 2) lack of understanding of partner school teachers regarding the Implementation of the Independent Curriculum, next we call it IKM, and 3) lack of understanding of partner school teachers regarding the development of learning tools in the IKM. Service activities are carried out in 4 stages, namely preparation, IKM training, IKM mentoring, and evaluation. The preparation stage was carried out with pre-survey activities, implementing collaboration with SMP Muhammadiyah 3 Gending Probolinggo, and preparing training materials. The next stage of IKM training was carried out at Muhammadiyah 3 Junior High School, followed by assistance in preparing teaching modules which consisted of 3 online meetings and collecting a final assignment in the form of a teaching module. The final activity is the evaluation stage which is carried out to see the achievements of service activities. Based on the results of this service activity, it shows that achievement in training activities was 100% and 83% in mentoring activities in preparing teaching modules.
Keywords: training; mentoring; IKM; teaching module
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditomo, A., Zulfikri, Anggraena, Y., Ginanto, D. E., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., & Widiaswati, D. (2022). Kajian Akademik: Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran (1st ed.). Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Boer, K. M., Wibowo, S. E., & Arsyad, A. W. (2019). Edukasi pemasaran dan branding dalam meningkatkan skill kewirausahaan. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 1(1). https://doi.org/10.30872/plakat.v1i1.2693
Cholily, Y. M., Jamil, A. F., & Dintarini, M. (2024). Pendampingan Implementasi Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Pada Guru SMP Muhammadiyah 4 Malang. KAIBON ABHINAYA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 6, 1.
Hastasasi, W., Harjatanaya, T. Y., Kristiani, A. D., Herutami, I., & Andiarti, A. (2022). Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan (Issue April).
Koroh, L. I. D., Lao, H. A. E., Tari, E., & Ch, M. (2022). WORKSHOP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMP MUHAMMADIYAH ENDE. JURNAL NAULI, 2(1), 10–16. https://doi.org/10.1234/jurnal
Kurnianingsih, I., Yugaswara, H., Suhaeri, Wardinoyo, & Rosini. (2020). PKM Smart Village Melalui Pengelolaan Perpustakaan Desa Rintisan Berbasis Teknologi Informasi Di Desa Bantarsari Bogor. ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 4(1).
Marisa, M. (2021). CURRICULUM INNOVATION “ INDEPENDENT LEARNING ” IN THE ERA OF SOCIETY 5 . 0 Email : [email protected]. Santhet: Jurnal Sejarah, Pendidikan Dan Humaniora, 5(1), 66–78. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN
Marlina, E. (2023). PEMBINAAN PENYUSUNAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ( SMP ). 3(1), 88–97.
Masri, L., Angin, P., Marbun, M. E., & Husna, N. (2022). ANALISIS KESULITAN YANG DIALAMI GURU DALAM PEMBUATAN RPP DI SDN 060843 MEDAN. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(4), 1–9.
Putera, M. I., Arman, ., & Irmayani, . (2020). POTENSI POMPA HYDRAM (HYDRAULIC RAM PUMP) BERTEKNOLOGI HYDRO POWER TANPA LISTRIK DAN RAMAH LINGKUNGAN DI DESA NEPO KABUPATEN BARRU. Jurnal Dinamika Pengabdian (JDP), 6(1). https://doi.org/10.20956/jdp.v6i1.11517
Setyawati, I., Supinganto, A., & Utami, K. (2020). Pembinaan Ibu Tentang Stimulasi Perkembangan Balita Islami Di Lingkungan Dasan Kolo Kota Mataram. Journal of Community Engagement in Health, 3(2). https://doi.org/10.30994/jceh.v3i2.50
Suanto, E., Murni, A., Roza, Y., & Kunci, K. (2023). Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka bagi Kepala Sekolah SMP Kabupaten Indragiri Hulu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 1(3), 126–131.
Susiani, I. W. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Darur Rohmah Gandu Mlarak Ponorogo. 3, 296–306.
Syarochil, A. I., & Abadi, M. (2023). Problematics of The Implementation of The Emancipated Curriculum ( IKM ) In Indonesian Language of Class X. 8(1), 1–7.
Wiyono, H. (2023). Sistem Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka Di SMP Negeri 21 Pontianak. Jurnal Sustainable, 6(1), 85–94.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i1.22071
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: