Peningkatan literasi siswa melalui program membaca bersama di perpustakaan SDN 166 Tangru

Waddi Fatimah, Nur Afni Aprilia, A. Alfiani Damayanti

Abstract


Abstrak

Sekolah Dasar dipilih untuk menanamkan literasi siswa sejak usia dini karena diharapkan siswa memperoleh kebiasaan berliterasi sebagai bekal untuk menghadapi masa yang akan datang. Banyak kebijakan literasi yang diterapkan di sekolah dasar oleh pemerintah. Mengingat literasi sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, perlu adanya tindakan dalam mengatasi masalah ini. Menurut Direktorat Sekolah Dasar, literasisiswa di Indonesia masih sangat rendah dibandingkan dengan negara lain di dunia. Ada beberapa sekolah, termasuk SDN 166 Tangru, di mana pengembangan literasi masih belum optimal.Oleh karena itu, salah satu langkah awal yang dilakukan adalah dengan program Peningkatan Literasi Siswa Melalui Program Membaca Bersama di Perpustakaan SDN 166 Tangruyang menyediakan buku bacaan sesuai dengan tingkat siswa dan didampingi oleh guru untuk memastikan kegiatan membaca rutin bersama siswa berjalan dengan baik. Kegiatan ini dilaksanakan melalui tahapan yang dimulai dari perencanaan awal untuk melihat situasi dan kondisi bagaimana  kemampuan  literasi siswa. Kegiatan ini dilakukan untuk menganalisis kesiapan dalam melakukan pengabdian dengan melakukan membaca bersama di perpustakaan dalam  meningkatkan literasi siswa di SD 166 Tangru dengan total 49 SiswaTahapan pelaksanaan selanjutnya yaitu tim pengabdi melakukan pembimbingan terhadap siswa yang masih belum mahir membaca mulai dari kegiatan membaca 15 menit sebelum jam pelajaran dan penataan serta pembenahan perpustakaan dan pojok baca di SDN 166 Tangru. Semoga dengan adanya kegiatan ini siswa dapat memiliki perubahan yang signifikan yg awalnya belum bisa mengeja mulai bisa mengeja, begitupun dengan siswa yg belum mahir membaca perlahan mereka mulai bisa meskipun belum sepenuhnya bisa membaca tapi sedikit mengalami perubahan.

 

Kata kunci: literasi; perpustakaan.

 

Abstract

Elementary schools were chosen to instill literacy in students from an early age because it is hoped that students will acquire literacy habits as preparations for facing the future. Many literacy policies are implemented in elementary schools by the government. Considering that literacy is very important in everyday life, action is needed to overcome this problem. According to the Directorate of Primary Schools, student literacy in Indonesia is still very low compared to other countries in the world. There are several schools, including SDN 166 Tangru, where literacy development is still not optimal. Therefore, one of the first steps taken was the program to Increase Student Literacy through the Shared Reading Program at the SDN 166 Tangru Library which provides reading books according to the student's level and is accompanied by a teacher to ensure that routine reading activities with students run well. This activity is carried out through stages starting from initial planning to see the situation and conditions of students' literacy abilities. This activity was carried out to analyze readiness to carry out service by reading together in the library in increasing student literacy at SD 166 Tangru with a total of 49 students. The next stage of implementation is that the service team provides guidance to students who are still not proficient in reading starting from reading activities 15 minutes before time. lessons and arrangement and improvement of the library and reading corner at SDN 166 Tangru. Hopefully, with this activity, students can make significant changes, from initially not being able to spell to being able to spell, as well as students who are not yet proficient at reading, they are slowly starting to be able to, even though they are not yet fully able to read, but are experiencing slight changes.

 

Keywords: literacy; library


Keywords


literacy; library

Full Text:

PDF

References


Abidin, dkk. (2017). Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Arum, W., & Wahyu Candradewi. (2019). Meningkatkan minat membaca melalui gerakan literasi membaca bagi siswa sekolah dasar. Jurnal Proceding Of Biology Education, 3(2).

Bungsu, P. A., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Literasi Membaca di Sekolah Dasar. Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Darmadi, D., Primiani, C. ., Sudarmiani, S., Pujiati, P., & Sanusi, S. (2022). Program Pojok Baca Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar di Desa. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2(2), 605–614.

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI NO.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Dermawan, H., Malik, R. F., Suyitno, M., Pawestri, R. A., Dewi, K., Solissa, E. M., … Hita, I. P. A. D. (2023). GERAKAN LITERASI SEKOLAH SEBAGAI SOLUSI PENING. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(1), 311–328.

Faizah, Dewi, U., & Dkk. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar (K.Wiedarti, Pangesti, & Laksono, eds.). Jakarta: Direktoray Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Faradina, N. (2017). Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca Siswa di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten. Hanata Widya, 6(8).

Istiqlaliyah, H. (2023). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Program 7 Fitrah Anak. Jurnal Lonto Leok, 5(2).

Lestari, D. F., Ibrahim, M., Gufron, S., & Mariati, P. (2021). Pengaruh Budaya Literasi terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. JURNALBASICEDU, 5(6).

Oktaviani, R., S., M.I., Suherman, I., & Sya, M. . (2023). Upaya Peningkatan Minat Baca di SDN Cibalung 02 dengan Program Pojok Baca. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 73–80.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud). (2015). No, 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Jakarta: Permendikbud.

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi numerasi dalam pembelajaran tematik siswa kelas atas sekolah dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9–15.

Rohmah, N., Karim, M. B., & Saputro, S. D. (2023). Pengaruh Pembelajaran Proyek Berbasis Konten Video terhadap Minat Baca Generasi Z di Kabupaten Bangkalan. Jurnal Riset Pedagogik, 7(1).

Waddi Fatimah, N. D. (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI MELALUI PROGRAM GENERASI SISWA MEMBACA (GSM) DI SD NEGERI SIPALA 1. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 1028–1034.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i1.22185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: