Pendampingan digital marketing melalui penjualan online pada UMKM “Pawon Menthik”
Abstract
Abstrak
Strategi digital marketing membuat pemasaran lebih menguntungkan, karena memungkinkan calon konsumen untuk mengakses berbagai informasi tentang produk dan melakukan transaksi online. Permasalahan yang dihadapi oleh UMKM “Pawon Menthik” pada kegiatan ini, yaitu kurangnya pemahaman dalam menggunakan digital marketing sebagai promosi online dan kurangnya pemahaman dalam pembuatan logo sebagai identitas produk yang membedakan dengan produk lain. Tujuan dari kegiatan tersebut memberikan pendampingan dalam pembuatan desain logo dan akun media sosial untuk meningkatkan penjualan melalui promosi online. Kegiatan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan UMKM ”Pawon Menthik” di Desa Kaliampuh Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo mengalami peningkatan yang cukup baik. UMKM tersebut mampu memahami penggunaan logo, Whatsapp Business dan Google Business Profile yang dapat digunakan sebagai promosi online. Dari hasil kegiatan tersebut juga berdampak baik dengan naiknya perekonomian kepada UMKM tersebut.
Kata kunci: whatsapp bisnis; profil google bisnis; logo
Abstract
Digital marketing strategies make marketing more profitable, because they allow potential consumers to access various information about products and carry out online transactions. The problems faced by the UMKM "Pawon Menthik" in this activity were a lack of understanding in using digital marketing as online promotion and a lack of understanding in creating a logo as a product identity that differentiates it from other products. This activity aims to provide assistance in creating logo designs and social media accounts to increase sales through online promotions. The media used are WhatsApp Business and Google Business Profile. This activity uses a qualitative descriptive method carried out by means of observation and interviews. The results of community service activities through the UMKM "Pawon Menthik" in Kaliampuh Village, Candi District, Sidoarjo Regency have increased quite well. These MSMEs are able to understand the use of logos, Whatsapp Business and Google Business Profiles which can be used for online promotions. The results of these activities also have a positive impact on the economic growth of these UMKM.
Keywords: whatsapp business; google business profile; logos
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Gani, I. P., Hafid, R., & Damiti, F. (2023). Meningkatan Kemandirian Ekonomi UMKM Melalui Digital Marketing di Desa Tutulo Kabupaten Boalemo. Abdimas Galuh, 5(2), 1559. https://doi.org/10.25157/ag.v5i2.11722
Hariyanto, D. (2023). Buku Ajar Komunikasi Pemasaran. Umsida Press. https://doi.org/10.21070/2023/978-623-464-068-7
Hidayat, R. R., Putri, D. P., & Putra, R. B. (2022). Digital Marketing dengan menggunakan Google Bisnis untuk para Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Palmerah. 2(1).
Husain, T. K., Robbo, A., Amri, A. A., & Maskar, R. (2023). Penerapan Profil Bisnis Google untuk Meningkatkan Visibilitas Online UMKM Kerang Celebes. Inovasi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 303–310. https://doi.org/10.54082/ijpm.210
Jamaludin, A., Arifin, Z., & Hidayat, K. (2015). Pengaruh Promosi Online Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pelanggan Aryka Shop di Kota Malang). JAB, 21(1). https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=314239&val=6468&title=PENGARUH%20PROMOSI%20ONLINE%20DAN%20PERSEPSI%20HARGA%20TERHADAP%20KEPUTUSAN%20PEMBELIAN%20Survei%20Pada%20Pelanggan%20Aryka%20Shop%20di%20Kota%20Malang
Maulidiyah, W. (2023). Strategi Pemberdayaan Bisnis Masyarakat Melalui Aktivitas Digitalisasi UMKM Guna Mengoptimalisasi Potensi Penjualan (Studi Kasus Pada UMKM Gudang Sandal). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/KARYA_JPM/article/view/389
Nadimin, N., Nurjaya, N., & Lestari, R. S. (2018). Daya terima terhadap jajanan lokal Sulawesi Selatan subtitusi tepung ikan gabus (Channa striata). AcTion: Aceh Nutrition Journal, 3(2), 141. https://doi.org/10.30867/action.v3i2.115
Nikmah, F. (2017). Kajian Tentang Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Peluang Bisnis. Adbis: Jurnal Administrasi dan Bisnis, 11(1), 47. https://doi.org/10.33795/j-adbis.v11i1.19
Nur Ahmas, A. A., Sutrisno, T., & Ratnasari, I. (2022). Upaya Peningkatan Strategi Bersaing Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Melalui InovasiI Desain Kemasan Dan Pemasaran Produk Di Kabupaten Karawang. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 124. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7625
Oscario, A. (2013). Pentingnya Peran Logo dalam Membangun Brand. Humaniora, 4(1), 191. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i1.3429
Putri, I. M., Febriana, P., & Rochmaniah, A. (t.t.). Pendampingan UMKM Parfum Melalui Pengelolaan E- COMMERCE SHOPEE (Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Secara Online UMKM Parfum Di Sidoarjo). Bumi Raflesia, 6(2), 2023-08–16. https://doi.org/10.36085/jpmbr.v6i2.5590
Salim, M. N., & Pertiwi, T. K. (2023). Terhadap UMKM “Sambel Pecel Bu Siti” Sebagai Langkah Awal. NGABDI, 1(2). https://journal.csspublishing.com/index.php/ngabdi/article/view/323
Syarifuddin, D., Noor, C. M., & Rohendi, A. (2022). Memaknai Kuliner Lokal Sebagai Daya Tarik Wisata Kota Bandung. JURNAL ABDIMAS BSI, 5(2). https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i1.2866
Utami, A. R., & Ratnasari, K. (2023). Pelatihan Dan Pendampingan Foto Produk Sebagai Media Promosi Digital Dan Qris Pada UMKM Womenpreneure Bogor. 7(4). https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i4.19384
Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Peningkatan Keterampilan Pemasaran Melalui Pelatihan Whatsapp Business Pada UMKM. Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 137–148. https://doi.org/10.31537/dedication.v4i2.362
Yuliaty, T. (2020). Strategi UMKM Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Global Studi Kasus Pada PT. Muniru Burni Telong. 19(3). https://doi.org/10.33557/mbia.v19i3.1167
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i2.22469
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: