Achievement motivation training untuk kesuksesan akademis dan karir pada siswa SMAN 1 Blitar

Nunuk Latifah, Anna Widayani, Ika Rachmawati, Rani A. Normawati, Shanti Ike Wardani, Adiguna S. W. Utama, Hindra Kurniawan

Abstract


Abstrak

Fenomena perubahan karakter pada generasi Z  telah berdampak pada kualitas peserta didik. Hal ini menjadi tantangan krusial khususnya bagi pendidik untuk menghadapi generasi yang lahir pada era digital saat ini. Permasalahan yang menjadi tantangan dalam menghadapi peserta didik di SMAN 1 Blitar diantaranya adalah ketergantungan teknologi, isolasi sosial, dan kurangnya motivasi belajar.  Adanya sistem zonasi juga mempengaruhi input peserta didik yang memiliki kualitas dari pendidikan, mental dan kepribadian yang bervariasi. Sehingga diperlukan pendekatan holistik yang melibatkan pendidikan karakter, motivasi berprestasi, pengenalan potensi diri, dan kecerdasan emosional untuk membantu peserta didik menghadapi kompleksitas dunia modern. Sasaran kegiatan ini adalah siswa kelas 10, 11 dan 12 SMAN 1 Blitar yang berjumlah 500 orang. Melalui implementasi Achievement Motivation Training (AMT), bertujuan untuk peningkatan motivasi siswa dalam mencapai tujuan akademis dan karir. Evaluasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan melalui pretest sebelum kegiatan dan postest setelah kegiatan. Hasil kegiatan ini menunjukkan peningkatan pemahaman siswa terkait penggalian potensi diri dan motivasi berprestasi meningkat rata-rata 79 point dari sebelum kegiatan sebesar 78 point. Hal ini mencakup perlunya pendidikan karakter, literasi tentang masa depan, dan dukungan sosial untuk meningkatkan motivasi dan kualitas hidup peserta didik di era digital.

 

Kata kunci: generasi Z; literasi; pendekatan holistik; pendidikan karakter

 

Abstract

The phenomenon of character change in generation Z has had an impact on the quality of students. This is a crucial challenge especially for educators to deal with the generation born in the current digital era. Problems that become challenges in dealing with students at SMAN 1 Blitar include technology dependence, social isolation, and lack of motivation to learn.  The zoning system also affects the input of students who have varying quality of education, mentality and personality. Thus, a holistic approach involving character education, achievement motivation, self-potential recognition, and emotional intelligence is needed to help students deal with the complexities of the modern world. The targets of this activity were 500 students in grades 10, 11 and 12 of SMAN 1 Blitar. Through the implementation of Achievement Motivation Training (AMT), it aims to increase student motivation in achieving academic and career goals. The evaluation of this community service activity was carried out through a pretest before the activity and a posttest after the activity. The results of this activity showed an increase in students' understanding related to exploring their potential and achievement motivation increased by an average of 79 points from before the activity of 78 points. This includes the need for character education, literacy about the future, and social support to increase the motivation and quality of life of students in the digital era.

 

Keywords: generation Z; literacy; holistic approach; character education


Keywords


generation Z; literacy; holistic approach; character education

Full Text:

PDF

References


Agustin, Rezkha Dwina, Vidia Nur Fauziah, Dwi Epty Hidayaty, Santi Pertiwi, and Hari Sandi. 2023. “IJM : Indonesian Journal of Multidisciplinary Penerapan Etika Kerja Pada Karyawan Toko Frozen Food UD . Anker.” 1:540–51.

Aprillina, Irawan Suntoro, and Yunisca Nurmalisa. 2014. “Pengaruh Potensi Dan Aktualisasi Diri Terhadap Minat Siswa Menjadi Pengurus Osis.” Jurnal Kultur Demokrasi 2(7):1–12.

Arsyad, Hera Mutiara, Siti Haerani, and Dian A. S. Parawansa. 2023. “SEIKO : Journal of Management & Business The Effect of Achievement Motivation Training and Religiosity on Learning Achievement for Indonesian Muslim University Students.” 6(1):264–73.

Fikri, Fikri, and Z. Zulkifli. 2023. “Pelatihan Achievement Motivation Training Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa Sman 1.” Communnity Development Journal 4(5):10621–25.

Gunawan, Ahmad, Dadang Heri Kusumah, and Universitas Pelita Bangsa. 2023. “Conditional Process Analysis Pada Korelasi Antara Motivasi Berprestasi Dan Kinerja.” 4(3):3353–62.

Harbeng Masni. 2021. “Peran Pola Asuh Demokrais Orangtua Terhadap Pengembangan Potensi Diri Dan Kreativitas Siswa.” Jurnal Imiah Dikdaya 58–74.

Isnaeni, Hidayatul, Asrowi Asrowi, and Ribut Purwaningrum. 2022. “Pengembangan Panduan Achievement Motivation Training Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Akademik Siswa SMP.” Jurnal Psikoedukasi Dan Konseling 5(2):112. doi: 10.20961/jpk.v5i2.50452.

Kartianti, Sahrestia, and Sukitman Asgar. 2021. “Pelatihan Mengenal Potensi Diri Dan Kualitas Pribadi Bagi Siswa Smk.” Jurnal Hirono 1(1):33–38. doi: 10.55984/hirono.v1i1.53.

Liah, Asyifa Nurul, Fajar Sidik Maulana, Giva Nur Aulia, Salfa Syahira, and Sofi Nurhaliza. 2023. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Degradasi Moral Generasi Z.” Jurnal Ilmiah Multidisiplin 2(1):68–73.

McClelland, David Clarence. 1987. Human Motivation. CUP Archive.

Ni Putu Geopani Putri, Ni Made Listiyani, Ni Komang Sinta Dewi, Tiara, and M. M. Carina, S.Psi. 2022. “Peran Penting Pendidikan Karakter Bagi Generazi Z Di Era Society 5.0.” 331–38.

Nila Wisudawati, Winy, Riana Sahrani, and Rahmah Hastuti. 2017. “EFEKTIVITAS PELATIHAN KETANGGUHAN (HARDINESS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI AKADEMIK SISWA ATLET (Studi Pada Sekolah X Di Tangerang).” Provitae: Jurnal Psikologi Pendidikan 10(2):1–20.

Nurhasanah. 2017. “Analisis Layanan Bimbingan Dan Konseling Tentang Potensi Diri Pada Peserta Didik Kelas Xi Sma Negeri 6 Pontianak.” Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa 6(12):1–9.

Patimah, Leli, and Yusuf Tri Herlambang. 2021. “Menanggulangi Dekadensi Moral Generasi Z Akibat Media Sosial Melalui Pendekatan Living Values Education (LVE).” PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran 5(2):150. doi: 10.26858/pembelajar.v5i2.18359.

Putra, Edwindhana Mareza, Dany M. Handarini, and Muslihati Muslihati. 2019. “Keefektifan Achievement Motivation Training Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling 4(2):62. doi: 10.17977/um001v4i22019p062.

Rubiyanti, Yanti, Langgersari Elsari Novianti, and Dika Supyandi. 2012. “Pelatihan Motivasi Berprestasi Dan Orientasi Masa Depan Remaja Jatinangor.” Sosiohumaniora 14(1):1. doi: 10.24198/sosiohumaniora.v14i1.5474.

Sutarman, Sutarman, Sutarno Ja, Nunuk Suryani, and Asrowi Asrowi. 2021. “The Effect of Achievement Motivation Training to Increase Innovation for Principal Candidates in Surakarta.” ACM International Conference Proceeding Series. doi: 10.1145/3516875.3517010.

Syafi’i, Hendradno. 2018. “Pengaruh Achievement Motivation Training.” Prosiding Konferensi Nasional Ke- 7 Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (APPPTMA) 215 214–17.

UU RI NOMOR 20. 2003. “UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL.” 1116/MENKE(4):1–22.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i2.22578

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: