Pelatihan pemutakhiran akun Sinta dan akun Bima bagi dosen tetap STIE Ganesha, Jakarta
Abstract
Abstrak
Pada lingkungan akademisi khususnya dosen pasti sudah sangat familiar dengan yang namanya website SINTA dan website BIMA. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk filtering dosen-dosen yang belum memiliki akun SINTA dan BIMA di lingkungan STIE GANESHA kemudian dilakukan pemutakhiran dengan cara updating, upgrading dan syncronzing pada akun-akun tersebut. Metode yang digunakan pada kegiatan PKM ini adalah metode ceramah dan praktek langsung. Adapun hasil dari kegiatan PKM ini adalah seluruh dosen telah di buatkan akun BIMA yang nantinya dapat digunakan ketika ingin mengajukan proposal dana hibah penelitian dari KEMENBUDRISTEK, sedangkan untuk akun SINTA, jumlah dosen yang telah memiliki akun adalah sebanyak 34 Dosen dan setelah terselenggarakan kegiatan ini jumlahnya menjadi 44 Dosen yang berarti bertambah 10 Dosen dan juga seluruh dosen yang hadir diberikan workshop tentang bagaimana cara input dan sinkronisasi karya tulis yang telah mereka terbitkan di jurnal nasional maupun internasional kedalam akun SINTA mereka dengan tujuan untuk mendapatkan score SINTA.
Kata kunci: pelatihan; akun sinta; akun bima; STIE Ganesha
Abstract
In the academic environment, especially lecturers, they must be very familiar with the name SINTA website and BIMA website. The purpose of this activity is to filter lecturers who do not yet have SINTA and BIMA accounts within STIE GANESHA with the steps updating, upgrading and syncronzing these accounts. The methods used in this PKM activity are lecture methods and direct practice. The result of this PKM activity is that all lecturers are created a BIMA account which can later be used when they want to submit a research grant proposal from the Ministry of Culture and Technology, while for the SINTA account, the number of lecturers who already have an account is 34 lecturers and after this activity is held the number becomes 44 lecturers which means an increase of 10 lecturers and also all lecturers who attend are given workshops on how to input and synchronization of papers they have published in national and international journals into their SINTA accounts with the aim of obtaining SINTA scores.
Keywords: training; sinta account; bima account; STIE Ganesha
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bakrie, M. (2018). SINTA (Science and Technology Index), Scopus ala Kemenristekdikti. Lldikti13. https://lldikti13.kemdikbud.go.id/2018/04/03/sinta-scopus-ala-indonesia-dari-kemenristekdikti/
Candra, H. (2023a). DISEMINASI ISAK 35 DALAM PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN NON-LABA PADA PONPES BAITUL QURRA. Ekmabis, 7.
Candra, H. (2023b). EVALUASI PERLAKUAN AKUNTANSI PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BPRS BERKAH RAMADHAN. JURNAL ILMIAH EKMABIS, 1(1).
Candra, H., & Amrizal, A. (2023). PERSEPSI MASYARAKAT TANGERANG SELATAN TERHADAP PEMBIAYAAN NON-BANK PADA PERUMAHAN SYARIAH. DIRHAM Jurnal Ekonomi Islam, 3(1), 39–51. https://doi.org/10.53990/djei.v3i1.230
Fadhilaturrahmi, F., Erlinawati, E., & Ananda, R. (2020). Workshop Sinta 2 dan Google Schoolar di Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Abdidas, 1(4). https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i4.45
Fathurrahman & Muhtarom, A. (2019). Pengaruh Pembinaan Tri Dharma Perguruan Tinggi terhadap Perilaku Dosen Sebagai Sumber Daya Manusia Pendidikan. Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 4(1).
Frangky Silitonga, Mohammad, R., & Muthma’innah, M. (2023). Pendampingan Pembuatan Akun Sinta Dosen Homebase STIT Hidayatullah Batam. SIGMA, 1(1), 10. http://www.journal.stithidayatullah.ac.id/index.php/jurnalsigma/article/view/118/96
Muh. Rizaldi Pratama*, A. R. (2023). Dampak Teknologi Pada Dunia Pendidikan. PINISI JOURNAL OF ART, HUMANITY AND SOCIAL STUDIES 1., 3(2).
Nugroho, O. F., Permanasari, A., & Firman, H. (2019). Program Belajar berbasis STEM untuk Pembelajaran IPA: Tinjauan Pustaka, dengan Referensi di Indonesia. JURNAL EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP), 3(2). https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss2/328
Permana, F. A. (2021). Upaya Meningkatkan Pemahaman Materi Kesebangunan dan Kekongruenan melalui Metode Praktek Langsung. Jurnal Serambi PTK, VIII(5).
Roza, M. (2013). Produktivitas Dosen Dalam Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, IV(I).
Saefullah, A., Candra, H., Agustina, I., Syahreza, A., Fatahillah, U. S., & Misbah, I. (2023). Sosialisasi Penggunaan Tool Mendeley Kepada Mahasiswa STIE Ganesha. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(1), 268–277. https://doi.org/10.33379/icom.v3i1.2277
Saputra, A. (2020). Pemanfaatan Science and Technology Index (SINTA) untuk Publikasi Karya Ilmiah dan Pencarian Jurnal Nasional Terakreditasi. Media Pustakawan, 27(1).
Setyowati, L. (2020). DETERMINAN YANG MEMPENGARUHI KINERJA DOSEN DALAM PELAKSANAAN TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI. Bongaya Journal for Research in Management (BJRM), 3(2). https://doi.org/10.37888/bjrm.v3i2.119
Simanjuntak, S. T., & Wahyanti, C. T. (2021). Analisis Kinerja Dosen Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus Di Universitas Kristen Satya Wacana. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 5(1). https://doi.org/10.32493/jjsdm.v5i1.13144
Ulfa, M., & Amir, M. A. (2022). Analisis Performance Website Bima Kemendikbud Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode System Usability Scale. Jurnal Pengembangan Sistem Informasi Dan Informatika, 3(3), 102–115. https://doi.org/10.47747/jpsii.v3i3.808
Yani, B., Sudiar, N., & Amelia, V. (2020). Indeksasi Jurnal Terakreditasi Science and Technology (SINTA) 1 di Indonesia. Tibanndaru : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 4(2). https://doi.org/10.30742/tb.v4i2.953
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i2.22858
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: