Pelatihan pembuatan struktur kimia menggunakan software chemdraw bagi siswa SMA Daar El-Qolam 2 kabupaten Tangerang

Roza Ruspita, Ade Irmadiki Agipa, Siti Ilsa Nurhaliza, Selly Intansya

Abstract


Abstrak

Pelatihan pembuatan struktur kimia dengan menggunakan aplikasi ChemDraw telah dilaksanakan di SMA Daar El Qolam 2 Kabupaten Tangerang. ChemDraw merupakan suatu aplikasi dalam ChemOffice yang digunakan untuk membuat struktur Kimia. Pemanfaatan media pembelajaran ChemDraw dapat memudahkan dalam membuat dan memahami struktur kimia 2D maupun 3D. Kegiatan pelatihan pembuatan struktur kimia dengan ChemDraw ini diikuti oleh 24 peserta didik Kelas XI MIPA SMA Daar El Qolam 2 Kabupaten Tangerang. Pelatihan ini dilaksanakan dengan tahapan persiapan dan sosialisasi, pelaksanaan, serta evaluasi dan pelaporan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa sebanyak 24 peserta mengikuti dan pelatihan dan sebanyak 24 peserta atau 100% peserta mengisi kuesioner yang diberikan. Setelah dilakukan pelatihan, para peserta yang terdiri dari peserta didik dapat mengoperasikan ChemDraw, membuat struktur kimia dengan ChemDraw dan Chem3D, serta memodelkanya dengan media molymod. Setelah mengikuti pelatihan, sebanyak 37,50% peserta sangat setuju dengan materi pelatihan yang diberikan, dan 62,50% menyatakan setuju dengan materi yang diberikan. Peserta pelatihan menilai bahwa kegiatan ini bermanfaat dan diharapkan dapat diadakan secara berkelanjutan agar semakin memahami langkah-langkah pembuatan struktur kimia dengan ChemDraw.

 

Kata kunci: chemdraw; pelatihan; sekolah; struktur kimia.

 

Abstract

Training on making chemical structures using ChemDraw application has been carried out at Daar El Qolam 2 High School, Tangerang Regency. ChemDraw is an application in ChemOffice that is used to create chemical structures. Utilizing the ChemDraw learning media makes it easier to create and understand 2D and 3D chemical structures compared to manually. The training activity for making chemical structures using ChemDraw was attended by 24 students from Class XI MIPA SMA Daar El Qolam 2, Tangerang Regency. This training was carried out in stages of preparation and socialization, implementation, as well as evaluation and reporting. The results of the activity showed that as many as 24 participants took part in the training and as many as 24 participants or 100% of participants filled in the questionnaires given. After training, the participants, consisting of students, were able to operate ChemDraw, create chemical structures with ChemDraw and Chem3D, and model them using molymod media. After attending the training, 37.50% of participants strongly agreed with the training material provided, and 62.50% agreed. The training participants considered that this activity was useful and hoped that it could be held on an ongoing basis to better understand the steps for making chemical structures with ChemDraw.

 

Keywords: chemdraw; training; school; chemical structure


Keywords


chemdraw; training; school; chemical structure

Full Text:

PDF

References


Agustina, W., E., Susanti., N. Yunita., S., & Yamtinah. (2018). Modul Chem Office (Chem Draw & Chem 3D). In Modul Chemoffice.

Asdim, Banon, C., Trihadi, B., & Triawan, D. A. (2022). Pelatihan Aplikasi Pembelajaran Kimia di Madrasah Aliyah Al Hasanah Kabupaten Bengkulu Tengah. ADIMAS, 6(1), 13–20.

Dewi, K., Simaremare, E. S., Hartyaditia, Y., & Manurung, T. W. (2022). Pelatihan Keterampilan Menggambar Struktur Kimia Dan Hasil Penelitian Bagi Mahasiswa Kesehatan Di Jayapura. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 298–307. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1782

Maahury, M. F., Sohilait, M. R., & Pada, S. S. (2021). Pelatihan Penggunaan Software Avogadro untuk Pemodelan Senyawa Hidrokarbon Sederhana kepada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Maluku Tengah. Jurnal Gema Ngabdi, 3(2), 96–100. https://doi.org/10.29303/jgn.v3i2.138

Marpaung, D. N., Pongkendek, J. J., Azzajjad, M. F., & Sukirno, S. (2021). Analysis of Student Motivation using Chemsketch on Hydrocarbon Topic in SMA Negeri 2 Merauke. Journal of Applied Science, Engineering, Technology, and Education, 3(1), 69–73. https://doi.org/10.35877/454ri.asci105

Mulatsari, E., Mumpuni, E., Nurhidayati, L., Purwanggana, A., & Pratami, D. K. (2021). Pelatihan Visualisasi Molekul Kimia Dengan Software Chemsketch Untuk Siswa Tingkat Sekolah Menengah Atas. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 102–112. https://doi.org/10.24246/jms.v2i12021p102-112

Nada, E. I., & Sari, W. K. (2020). Digital Literacy Analysis of Chemistry Education Students in Using the ChemDraw Application. JKPK (Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia), 5(3), 293. https://doi.org/10.20961/jkpk.v5i3.46441

Novitasari, D. (2022a). Pelatihan Pemanfaatan Software ChemDraw sebagai Media Pembelajaran Materi Hidrokarbon Bagi Guru di SMK N 1 BP. BR OKU Timur. Jurnal Indonesia Mengabdi, 3(1), 10–15. https://doi.org/10.30599/jimi.v3i1.1575

Novitasari, D. (2022b). Peningkatan Hasil Belajar Materi Hidrokarbon Melalui Penggunaan Software Chemdraw Di SMKN 1 BP Bangsa Raja. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(3), 275–283. https://doi.org/10.51878/teaching.v2i3.1611

Pongkendek, J., Marpaung, D., Nurvitasari, E., & Parlindungan, J. (2021). The Use of Chemsketch To Increase Student Learning Outcomes and Motivation In Learning Hydrocarbons. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 6(1), 9–18. https://doi.org/10.17977/um026v6i12021p009

Pratiwi, R. H., Sulistyaniningsih, E., & Septianzah, K. (2019). Aplikasi Chemdraw Sebagai Media Inovasi Guru dalam Pengajatan IPA Terpadu. Bioedusiana, 4(1), 38–43. https://doi.org/10.34289/bioed.v4i01.740

Pratiwi, S., Simare-Mare, M., & Juwitaningsih, T. (2022). Efektifitas Penerapan Model Belajar Learning Cycle 5E Berbantuan Media Ajar Chemdraw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gugus Fungsi. Jurnal Zarah, 10(2), 114–121. https://doi.org/10.31629/zarah.v10i2.4488

Purba, E., & Munzirwan, R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar dan Minat Siswa Pada Materi Laju Reaksi Di SMA Katolik Medan XI IPA 4. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(6), 377–382. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i6.189

Raiyn, J., & Rayan, A. (2015). How Chemicals’ Drawing and Modeling Improve Chemistry Teaching in Colleges of Education. World Journal of Chemical Education, 3(1), 1–4. https://doi.org/10.12691/wjce-3-1-1

Ramadhan, R. F., Manoppo, Y., & Unwakoly, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Molymod Pada Praktikum Kimia Organik Ii Terhadap Hasil Belajar Mahasiswapendidikan Kimia Fkip Unpatti. Science Map Journal, 1(1), 42–49. https://doi.org/10.30598/jmsvol1issue1pp42-49

Siregar, L. H. (2023). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah ( Problem Based Learning ) Pada Mata Pelajaran Kimia Di Kelas XI IPA 6 SMA Negeri 19 Medan Tahun Ajaran 2018 / 2019. Journal Ability: Journal of Education and Social Analysis, 4(2), 55–64.

Sudirman, Jasman, Budiana, I. G. M. N., Lestarani, D., Kerihi, E. C., & Yusnaeni. (2023). Pelatihan Visualisasi Molekul Kimia dengan Software Chemsketch bagi Peserta didik SMA di Kota Kupang NTT. KELIMUTU Journal of Community Services, 3(1), 19–27.

Yuanita, E., Sudirman, S., Ulfa, M., Dharmayani, N. K. T., Sumarlan, I., & Sudarma, I. M. (2018). Aplikasi Chemdraw Dan Avogadro Untuk Meningkatkan Pemahaman Dan Minat Dalam Bidang Kimia. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 209–214. https://doi.org/10.29303/jppm.v1i2.846




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i2.22885

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: