Optimasi media sosial dan desain kemasan produk sebagai pendorong pertumbuhan usaha di Desa Kemang

Reny Aziatul Pebriani, Tien Yustini, Lili Syafitri

Abstract


Abstrak

Desa Kemang dipilih sebagai lokasi pengabdian karena potensi bisnis lokalnya dan potensi untuk mengembangkan infrastruktur digital yang dirasakan masih sangat kurang bahkan para pemilik usaha belum mengetahui cara penjualan dengan memanfaatkan media sosial dan membuat desain kemasan produk yang menarik. Mengatasi permasalahan tersebut maka pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan penerapan media sosial serta mendesain kemasan produk sebagai faktor pendorong pertumbuhan usaha di Desa Kemang. Pengabdian dilakukan melalui serangkaian kegiatan, termasuk workshop, pelatihan, dan konsultasi individu dengan pemilik usaha lokal yang meliputi survei terhadap pemilik usaha di Desa Kemang. Metode pelaksanaan meliputi penyampaian materi yang disampaikan mencakup strategi media sosial, desain kemasan produk, dan praktik terbaik dalam pemasaran digital. Evaluasi dilakukan melalui survei dan wawancara dengan peserta untuk mengukur peningkatan pemahaman dan keterampilan mereka. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan penerapan media sosial serta desain kemasan produk yang telah dipelajari oleh para pelaku usaha.

Top of Form

 

Kata kunci: media sosial; desain kemasan; pertumbuhan; usaha.

 

Abstract

Kemang Village was chosen as the service location because of its local business potential to develop digital infrastructure which is still very lacking and business owners don't even know how to sell by utilizing social media and creating attractive product packaging designs. To overcome these problems, this service aims to increase the understanding and application of social media and design product packaging as a driving factor for business growth in Kemang Village. The service is carried out through a series of activities. The implementation method includes the delivery of material that includes social media strategy, product packaging design, and best practices in digital marketing. Evaluation is carried out through surveys and interviews. The results of the service show a significant increase in the understanding and application of social media and product packaging design that has been studied by business actors.

 

Keywords: social media; packaging design; growth; business.


Keywords


social media; packaging design; growth; business.

Full Text:

PDF

References


Alsagoff, Z. (2012). 8 Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli Teknologi dan Sosial - Haibeb.

Azhari, R., Tanjung, F., & Kurnia, Y. F. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Umkm Istana Rendang. Jurnal Warta Pengabdian Andalas, 28(3), 272–278. https://doi.org/10.25077/jwa.28.3.272-278.2021

Ikerismawati, S., Sholiha, I., & Hardiyanti, S. (2023). Pendampingan Pemanfaatan Google Maps dan Whatsapp Bisnis Sebagai Media Digital Marketing Bagi UMKM di Kelurahan Sebani Kota Pasuruan. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(3), 1294–1302. https://doi.org/10.33379/icom.v3i3.3139

Irfani, H., Yeni, F., & Wahyuni, R. (2023). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Ukm Dalam Menghadapi Era Industri 4.0. Communnity Development Journal, 4(3), 6626–6629.

Kemendikbud, T. G. (2017). Materi Pendukung Literasi Finansial. Gerakan Literasi Nasional, 1–41. http://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/buku-literasi-finansial/

Margareta, S., & Rochmania, A. (2024). Pendampingan penggunaan fitur whatsapp business sebagai pendukung promosi penjualan UMKM di kabupaten Sidoarjo. 8, 253–261.

Nanda, S. (2021). Cara Menerapkan Digital Marketing untuk UMKM. In 21 April 2021 (p. 1). https://blog.skillacademy.com/cara-menerapkan-digital-marketing-untuk-umkm

Novitasari, D. S., Marseto, & Nisa, F. L. (2023). Implementasi Digital Marketing Kepada Pelaku Umkm. 7(September), 1536–1543.

Pebriani, R. A., & Sari, R. (2021). Pelatihan Mengatur Keuangan Keluarga Melalui Perencanaan Keuangan Untuk Ibu-Ibu Di Desa Karang Bindu Prabumulih. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 127. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4034

Pradana, Y., Mangruwa, R. D., & Adim, A. K. (2024). Workshop foto produk sebagai edukasi keterampilan promosi digital pada siswa SMK Negeri 7 kota Bandung. 8(596), 37–42.

Purboyo, P., Alfisah, E., Yulianti, F., Zulfikar, R., Lamsah, L., & Maulida, N. (2022). Penguatan Ekonomi Masyarakat: Sosialisasi Budidaya Madu Trigona Dan Pemberian Bantuan Sarang Budidaya. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 778–785. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.2007

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. In Jurnal Common (Vol. 3, Issue 1, pp. 71–80). https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950

Rusi, I., Yustosio, D., Angelia, F., Op, D., & Putri, A. (2024). Pemanfaatan barang bekas dalam menunjang keterampilan dan kreativitas siswa. 8, 84–92.

Sundjaja, A. M. (2010). Perencanaan Keuangan untuk Mencapai Tujuan Finansial. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 1(1), 183. https://doi.org/10.21512/comtech.v1i1.2218

Tempo Travel. (2019). Pentingnya Masyarakat Desa Wisata Sadar tentang Wisata. In Tempo.Co.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i2.23005

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: