Pelatihan siswa & guru jurusan desain komunikasi visual SMK Negeri 1 Surabaya membuat animated sticker dan memasarkannya secara digital
Abstract
Abstrak
Keterampilan membuat animated sticker guna menunjang aspek pemasaran dan penjualan mengalami puncak popularitas dan menjadi tren di industri digital. Animated sticker dapat dikembangkan di berbagai platform untuk dijadikan sebagai video animasi yang mudah diaplikasikan. Bentuk aplikasi dari animated sticker bisa digunakan sebagai media promosi produk, jasa, dsb. Saat ini keterampilan membuat animated sticker dilihat sebagai peluang yang dapat dikembangkan melalui keahlian dan kompetensi pada kegiatan pelatihan di Institusi Pendidikan, khususnya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), yang memiliki beragam program keahlian yang ditawarkan. Pada pembelajaran SMK orientasi capaian akhir belajar mayoritas berupa penugasan berbasis proyek. Sehingga lulusan SMK dituntut memiliki keilmuan dan kompetensi yang dapat langsung diterapkan pada aktifitas dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Dengan banyak program keahlian pada SMK, masing-masing siswa perlu ada pembekalan terhadap perkembangan industri digital yang menyajikan beragam peluang untuk siswa dapat menyalurkan minat dan bakatnya pada industri kreatif, menjadi hal yang potensial memerlukan tambahan keterampilan teknis dan pengalaman praktis khusunya pada siswa jurusan desain komunikasi visual (DKV). Peluang terhadap kebutuhan animasi digital yang dapat diintegrasikan pada platform digital seperti sosial media, website, dsb menciptakan peluang bagi siswa-siswi SMK jurusan DKV sebagai potensi bisnis dan pengembangan portofolio digital, guna menambah nilai diri dan keahlian siswa sesudah lulus. Sebab itu, diperlukan adanya bentuk pelatihan terhadap pembuatan animasi digital dalam bentuk animated sticker baik pada siswa maupun guru SMK jurusan DKV sebagai pembekalan kompetensi di industri digital, berupa perancangan desain animated sticker yang dapat dipublikasikan dan dipasarkan secara digital.
Kata kunci: animated sticker; animasi; media sosial.
Abstract
The skill of making animated stickers to support marketing and sales aspects is experiencing peak popularity and has become a trend in the digital industry. Animated stickers can be developed on various platforms to be used as animated videos that are easy to apply. The application form of animated stickers can be used as a promotional medium for products, services, etc. Currently, the skill of making animated stickers is seen as an opportunity that can be developed through skills and competencies in training activities at educational institutions, especially Vocational High Schools (SMK), which have a variety of skills programs on offer. In vocational school learning, the majority of final learning achievement orientations are in the form of project-based assignments. So that vocational school graduates are required to have knowledge and competencies that can be directly applied to activities in the business and industrial world (DUDI). With many skills programs at vocational schools, each student needs to be equipped with the development of the digital industry which presents various opportunities for students to channel their interests and talents in the creative industry, which has the potential to require additional technical skills and practical experience, especially for students majoring in communication design. visual (DKV). Opportunities for digital animation needs that can be integrated on digital platforms such as social media, websites, etc. create opportunities for vocational school students majoring in DKV for business potential and digital portfolio development, in order to increase students' self-worth and skills after graduation. For this reason, there is a need for training in the creation of digital animation in the form of animated stickers for both students and vocational school teachers majoring in DKV as a competency provision in the digital industry, in the form of designing animated sticker designs that can be published and marketed digitally.
Keywords: animated sticker; animation; social media.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cho, H.-J., Ahn, D.-B., Kim, M.-W., & Park, H.-J. (2012). An Implementaion of Mobile e-storytelling Application for Creativity Development using Character Sticker Function. Journal of Digital Contents Society, 13(4), 617–624. https://doi.org/10.9728/dcs.2012.13.4.617
Handayani, E. P., & Ayub, S. (2021). Optimalisasi Kompetensi Guru dalam Penerapan PjBL Berbasis STEM melalui IHT. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 2(2), 47–54. https://doi.org/10.29303/goescienceedu.v2i2.148
Ismanto, E., Vitriani, & Khairul Anshari. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran e-Modul untuk Pembelajaran Berbasis Project Based Learning (PjBL). Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 6(2), 17–24. https://doi.org/10.37859/jpumri.v6i2.3628
Lu, S., Liu, Y.-C., & Wang, B.-C. (2013). Design and Evaluation of AR-Enabled Wall Stickers with Interactivity and Digital Contents for Children Learning. The International Journal of Early Childhood Learning, 19(2), 43–48. https://doi.org/10.18848/2327-7939/CGP/v19i02/48398
Pratama, J., & Putri, R. I. (2021). PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ANIMATED STICKER SEBAGAI MEDIA EDUKASI MENGENAI COVID-19 DENGAN MENGGUNAKAN METODE MDLC. Science Tech: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, 7(2), 1–12. https://doi.org/10.30738/st.vol7.no2.a9190
Raoda Ismail, & Okky Riswandha Imawan. (2021). MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 . JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(1), 277–288.
Retnawati, L., Pratama, F., Widiartin, T., Karyanto, N. W., & Adisusilo, A. K. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Video Animasi Guna Meningkatkan Penjualan di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK), 5(1), 35–44. https://doi.org/10.31284/j.jpp-iptek.2021.v5i1.1700
Sugihartini, N., & Jayanta, N. L. (2017). PENGEMBANGAN E-MODUL MATA KULIAH STRATEGI PEMBELAJARAN. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 14(2). https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v14i2.11830
Suhardi, S., & Nurazizah, A. (2024). PENYULUHAN LITERASI DIGITAL MELALUI SOSIALISASI PADA ANAK-ANAK DI SDN 007 MUARA KAMAN. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 30. https://doi.org/10.24198/kumawula.v7i1.49433
Suminto, M. A., & Arifianto, P. F. (2024). Perancangan E-Catalog Ardent Signature Sebagai Media Pemasaran Digital Produk Kursi Kantor Premium. Nirmana, 24(1), 60–71. https://doi.org/10.9744/nirmana.24.1.60-71
Suwarno, S., & Gautama, J. (2022). PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PHOTOSTOCK DI SMA BODHI DHARMA MENGGUNAKAN FRAMEWORK SCRUM. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(3), 1344. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i3.10393
Wisnu Putra Wijaya, H. G. S. (1970). EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE ILLUSTRATOR BERBASIS TUTORIAL KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA. TEACHING AND LEARNING JOURNAL OF MANDALIKA (TEACHER) e- ISSN 2721-9666, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.36312/teacher.v2i1.346
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i2.23403
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: