Pemanfaatan aplikasi canva dalam pembuatan media pembelajaran interaktif bagi guru MI Al Islah Palembang

Choiriyah Muhtar, Dwi Noviani, Saprida Saprida

Abstract


Abstrak

Kegiatan pelatihan dilaksanakan oleh Tim PkM dari STEBIS IGM kepada guru-guru di MI Al-Islah Palembang. Pelatihan dilaksanakan dengan tahapan pertama yaitu melakukan survey lapangan, memberikan materi pelatihan Canva, praktik pembuatan media pembelajaran dengan menggunakan Canva. Pemanfaatan teknologi dan informasi khususnya media pembelajaran sangat penting bagi Pendidik dalam memahami konsep media pembelajaran.  Pelaksanaan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang dilakukan pada tanggal 08-09 April 2024 di Jl. Perintis Kemerdekaan Lrg. Wiraguna Palembang berjumlah 15 orang. Hari pertama tim pengabdian melakukan sosialisasi yang dimulai dengan pembukaan dan dilanjutkan dengan penyampaian materi melalui ceramah tentang pemanfaatn aplikasi canva bagi guru Mi Al-Islah sebagai media interaktif. Pengalaman para pendidik MI Al-Islah belum sepenuhnya memanfaatkan media pembelajaran dalam proses pengajaran. Selain itu, masih kurangnya pemahaman mengenai pembuatan media edukasi menggunakan Canva. Solusi dari permasalahan diatas adalah dengan membuat media pembelajaran dan video pembelajaran menggunakan Canva.

 

Kata kunci: aplikasi canva; media; pembelajaran; guru

 

Abstract

The PkM Team carried out training activities from STEBIS IGM for teachers at MI Al-Islah Palembang. The training was carried out in the first stage, namely conducting a field survey, providing Canva training materials, and practicing creating learning media using Canva. The use of technology and information, especially educational media, is essential for educators to understand the concept of educational media. Community Service (PkM) activities were implemented on April 8-9 2024 on Jl. Perintis kemerdekaan lrg. Wiraguna Palembang numbered 15 people. On the first day, the service team carried out socialization, starting with an opening and delivering material through a lecture about using the Canva application for Mi Al-Islah teachers as an interactive medium. The experience of MI Al-Islah educators has not fully utilized educational media in the teaching process. Apart from that, there is still a lack of understanding regarding creating educational media using Canva. The solution to the problem above is creating learning media andideos using Canva.

 

keywords: canva application; media; learning; teacher


Keywords


canva application; media; learning; teacher

Full Text:

PDF

References


Alfian, A. N., Putra, M. Y., Arifin, R. W., Barokah, A., Safei, A., & Julian, N. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 5(1), 75–84. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v5i1.986

Asnawati, Y., & Sutiah, S. (2023). Pengembangan Media Vidio Animasi Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Journal of Islamic Education, 9(1), 64–72. https://doi.org/10.18860/jie.v9i1.22809

Junaedi, S. (2021). Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Kemampuan Kreatifitas Mahasiswa Pada Mata Kuliah English for Information Communication and Technology. Bangun Rekaprima, 7(2), 80. https://doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v7i2.3000

Kharissidqi, M. T., & Firmansyah, V. W. (2022). Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Yang Efektif. Indonesian Journal Of Education and Humanity, 2(4), 108–113. http://ijoehm.rcipublisher.org/index.php/ijoehm/article/view/34

Miftahul Jannah, F. N., Nuroso, H., Mudzanatun, M., & Isnuryantono, E. (2023). Penggunaan Aplikasi Canva dalam Media Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Dasar, 11(1). https://doi.org/10.20961/jpd.v11i1.72716

Nur Laillni Roma, Irmawati Thahir, & Akram. (2023). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Canva Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sebagai Media Pembelajaran IPA. COMPASS: Journal of Education and Counselling, 1(2), 181–186. https://doi.org/10.58738/compass.v1i2.301

Pratama, R., Alamsyah, M., Siburian, M. F., Marhento, G., & Jupriadi, J. (2023). Pemanfaatan Canva Sebagai Media Pembelajaran IPA di Madrasah Aliyah. EduBiologia: Biological Science and Education Journal, 3(1), 40. https://doi.org/10.30998/edubiologia.v3i1.16070

Purba, Y. A., & Harahap, A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di SMPN 1 NA IX-X Aek Kota Batu. Jurnal Cendekia : Jurnal Pembelajaran Matematika, 6(2), 1325–1334. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1335

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pembelajaran Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.

Saleh, S. (2016). Penerbit Pustaka Ramadhan, Bandung. Analisis Data Kualitatif,180. http://core.ac.uk/download/pdf/228075212.pdf.

Sari, R. K., Hamzah, I., Wijaya, S. M., & Ikbarfikri, A. (2023). Pelatihan Canva sebagai Media Pembelajaran di SMA N 5 Metro. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 4(2), 208–213. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JSSTCS/article/view/3115

Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk Ukm. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2983

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Tri Wulandari, & Adam Mudinillah. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245

Yuli Purwati, L. P. (2019). Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Anggota Komunitas Ibu Profesional Banyumas Raya. Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat (JPMM), 1(1), 42–51.

Zaluchu, S. E. (2020). Strategi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Di Dalam Peneitian Agama. Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, Volume 4(No.1 Januari), hlm.33.

Zebua, N. (2023). Potensi Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Praktis Bagi Guru Dan Peserta Didik. Educativo: Jurnal Pembelajaran, 2(1), 229–234.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i2.23404

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: