Pendampingan dan pelatihan calistung (baca tulis dan behitung) di SDN 1 Cempaga yang mengalami kesulitan dalam membaca menulis dan berhitung
Abstract
Abstrak
Pengabdian kepada masyarakat ini dilatarbelakangi oleh dengan keadaan di SD N 1 Cempaga yang masih terdapat beberapa siswa dari kelas 1 sampai kelas 4 yang mengalami kesulitan dalam membaca, menulis dan berhitung. Sehingga perlu dilakukannya pendampingan bagi siswa yang mengalami kesulitan membaca, menulis dan berhitung (calistung) di SD 1 Cempaga. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di SD N 1 Cempaga, yang dilakukan mulai dari awal bulan Oktober sampai akhir bulan November 2023. Dalam pelaksanaanya, pengabdian ini dibantu oleh mahasiswa PPL ITP Markandeya Bali yang berjumlah 5 orang mahasiswa. Kegiatan pendampingan ini dilaksanaan selama 120 menit. Jumlah siswa yang mengikuti kegiatan pengabdian ini kurang lebih berjumlah 15 orang dari beberapa kelas. Proses pelaksanaan pengabdian ini dilaksanakan menggunakan metode pendampingan belajar secara langsung di sekolah yang dilakukan di luar jam pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian yang dilaksankan di SD N 1 Cempaga dapat meningkatkan kemampuan membaca, menulis dan berhitung (calistung) siswa yang mengalami kesulitan belajar. Dalam kegiatan pendampingan ini, siswa dibantu dalam mengenal huruf dan merangkai huruf menjadi suku kata dan lanjut hingga siswa dapat merangkai huruf secara mandiri dan lancar dalam membaca, siswa juga di ajarkan untuk mengenal angka dari angka 1 sampai 20 kemudian membantu menjumlahkan 2 angka dan mengurangi angka-angka
Kata kunci: pendampingan; calistung; kesulitan
Abstract
This research was motivated by the situation at SDN 1 Cempaga where there were still several students from grade 1 to grade 4 who had difficulty in reading, writing and arithmetic. So it is necessary to provide assistance for students who have difficulty reading, writing and counting (calistung) at SD 1 Cempaga. This service activity was carried out at SD N 1 Cempaga, which was carried out from the beginning of October to the end of November. In its implementation, this service was assisted by PPL ITP Markandeya Bali students totaling 5 students. This mentoring activity was carried out for 120 minutes. The number of students who participated in this service activity was approximately 15 people from several classes. The process of implementing this service is carried out using the method of direct learning assistance at school which is carried out outside of learning hours. Based on the results of the implementation of service activities carried out at SD N 1 Cempaga, it can improve the reading, writing and numeracy skills (calistung) of students who have learning difficulties. In this mentoring activity, students are assisted in recognizing letters and stringing letters into syllables and continue until students can string letters independently and fluently in reading, students are also taught to recognize numbers from numbers 1 to 20 then help add 2 numbers and reduce numbers
Keywords: mentoring; calistung; difficulty
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ambrullah, A. R., Anisa, A., Wardana, A., Saputro, I. D., & Sari, S. N. (2022). Pendampingan Bimbingan Belajar Anak Usia Sekolah Dasar di Rumah CALISTUNG Kereng Bangkirai Kota Palangka Raya. Jurnal Dedikasia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 170. https://doi.org/10.30983/dedikasia.v2i2.5930
Azwar, E., Mehuli, M., Hardiansyah, T., Hastuti Br Saragih, S., Pend Biologi, D., Fkip, D., Teknik Informatika, D., Pend Kimia, M., & Pend Agama Islam, M. (n.d.). PELATIHAN CALISTUNG (MEMBACA, MENULIS dan BERHITUNG) SEBAGAI UPAYA PEMBERANTASAN BUTA HURUF DAN PENINGKATAN MINAT BELAJAR PADA ANAK USIA DINI DAN SISWA/I SD DI DESA PELAWI SELATAN, KECAMATAN BABALAN, KABUPATEN LANGKAT.
Besse Herdiana, M. (n.d.). ABDIMAS LANGKANAE JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Pendampingan dan Pelatihan Calistung di SDN 573 Pabbatang Dusun Pabbatang Desa Posi Kecamatan Bua. https://pusdig.web.id/index.php/abdimas/index
Helmanto, F., Maulida, A., & Rena, R. A. (2023). Pendampingan Belajar Calistung dengan Model TGT Berbasis Permainan Monopoli dan Ular Tangga. GENDIS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 43–48. https://doi.org/10.56724/gendis.v1i2.130
Latifah, L., & Rahmawati, F. P. (2022). Penerapan Program CALISTUNG untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3003
Lestari, N., Jalalatul Farokhah, A., Nur Amalia, F., Fajriyah, K., Rahma Alida, S., & Sukriyah, U. (n.d.). PENDAMPINGAN BELAJAR BACA TULIS HITUNG (CALISTUNG) SISWA KELAS 1 MELALUI FUN LEARNING DAN INDIVIDUALIZED EDUCATIONAL PROGRAM DI MI MA’ARIF DEPOKREJO KEBUMEN. https://doi.org/10.1234/jurnal
Mahendra, Y., Apriza, B., & Rohmani, R. (2022). Learning Loss Pembelajaran Calistung Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3798
Mayadiana Suwarma, D., Munir, M., Ayu Wijayanti, D., Pandapotan Marpaung, M., Weraman, P., Putu Agus Dharma Hita, I., Madrasah Ibtidaiyah, G., Ma, S., Aly Al-Hikam Malang, had, Studi Produksi Ternak, P., Sains dan Teknologi, F., Muhammadiyah Karanganyar, U., Studi, P. D., Farmasi, F., Kader Bangsa Palembang, U., Studi Kesehatan Masyarakat, P., & Kesehatan Masyarakat, F. (2023). PENDAMPINGAN BELAJAR SISWA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN CALISTUNG DAN MOTIVASI BELAJAR. Communnity Development Journal, 4(2), 1234–1239.
Muslimah, S., Dheaputri Wibowo, A., Wulandari, A., Dwiki, A., Kusuma, J., Ridwan, B. I., Delvin, C., Rumbewas, M., Anandina, K., Habib, N., Saputro, R., Ramadhani, R. N., Mariam, S., Karsono, P., & Pradana, A. (n.d.). PROSIDING SEMINAR NASIONAL MEMBANGUN DESA UNS PENDAMPINGAN BELAJAR CALISTUNG ANAK PRASEKOLAH DI PAUD PERMATA BUNDA DESA MALANGJIWAN.
Penguatan Literasi Dalam Pembelajaran Amancalistung di Pendidikan Anak Sekolah Dasar, P., Boyani, N. M., Seran, M. D., N Tani, D. F., Kuabib, S. L., Tinenti, K. F., D Fromin, J. K., Leku, O. R., Ratu Edo, S. M., Fahik, Y. K., Ragat, E., Bulu, P. F., E Neonbanu, M. G., Lisnahan, M., Darwis, I. V, & Umbu Sogara, Y. (2022). Assistance for Strengthening Literacy in Amancalistung Learning in Elementary School Children’s Education. In Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPPMI) (Vol. 1, Issue 4). https://journal-stiayappimakassar.ac.id/index.php/jppmi132
Safitri, A., Ramadhani, D., Nengsi, R., Yuhelman, N., Kuatan Singingi Jl Gatot Subroto, I. K., Nenas, K., Kuantan, T., Jering, S., Singingi, K., & Kuantan Singingi, K. (2023). PENDAMPINGAN GERAKAN LITERASI CALISTUNG DI DESA PULAU PADANG GUNA MENUNJANG PERTUMBUHAN GENERASI Z (Vol. 3, Issue 1).
Sagala, I., Manalu, P., Simanjuntak, P., Lumbanbatu, E., Simamora, S. F., & Pangaribuan, F. (2022). Pendampingan Siswa SD Terhambat CALISTUNG dengan Remidial melalui Kearifan Lokal dan Interaksi Sosial di SD Negeri Bandar Huta Usang Kabupaten Dairi. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(3), 1029–1036. https://doi.org/10.54082/jamsi.364
Zukhrufa, A., Ristiani, A., Maylani Pertiwi, D., Akmal Nabila, F., Tasya Kamila, S., & Wira Dana Kusuma, S. (2021). PENDAMPINGAN MENGAJAR PADA KOMPETENSI MEMBACA, MENULIS, BERHITUNG PADA MASA TRANSISI DI SDN PANGULAH SELATAN III (Sebuah Studi Kasus Peserta Didik di SDN Pangulah Selatan III). https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/Proceedings
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i2.23584
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: