Berbagi keberkahan: pendampingan usaha “Es Bahagia” sebagai wujud kepedulian sosial di bulan ramadhan

Roudlotul Badi'ah, Dadang Wiratama, M. Adhitya Nugraha Pratama, Imtinan Widhah Kumala, Irma Indira

Abstract


Abstrak

Bulan Ramadhan menjadi bulan penuh keberkahan bagi umat Islam, terutama bagi para pedagang. Hal ini karena bulan Ramadhan menjadi momen untuk meningkatkan pendapatan ekonomi melalui berdagang. Salah satu momen di bulan penuh berkah ini dimanfaatkan oleh tim dosen Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan untuk melakukan pendampingan penjualan produk usaha “Es Bahagia”. Kegiatan pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan produksi dan penjualan minuman segar berbahan baku berkualitas dengan memanfaatkan momen Ramadhan. Metode pelaksanaan pengabdian ini meliputi observasi dan wawancara, serta pembelajaran dan praktik partisipatif. Tahapan kegiatan mencakup persiapan (pengembangan resep, penyampaikan materi dan praktek pembuatan es, survei lokasi, pembuatan desain promosi, dan media sosial), pelaksanaan (promosi, produksi, dan penjualan), serta evaluasi. Selama 19 hari, penjualan Es Bahagia berhasil mencapai 914 cup dengan total pendapatan Rp 4.570.000. Urutan produk yang paling laris dan menjadi favorit konsumen adalah Es Milo Jelly, Es Kuwut Soda, Es Campur Semangka, dan Es Kopyor Susu. Kegiatan ini tidak hanya meningkatkan produksi dan penjualan, tetapi juga memberdayakan masyarakat lokal dengan penciptaan lapangan kerja sementara serta memberikan kontribusi pada perekonomian masyarakat sekitar. Evaluasi dilakukan guna peningkatan kualitas layanan di masa mendatang dengan mempertimbangkan preferensi konsumen, strategi perbaikan, promosi melalui media sosial, variasi produk, hingga kerjasama dengan para donator.

 

Kata kunci: pendampingan usaha; kuliner; pemasaran media sosial; ramadhan.

 

Abstract

Ramadan is a month full of blessings for Muslims, especially for traders. This is because Ramadan is a moment to increase economic income through trade. One of the moments in this blessed month was used by a team of lecturers from the Ahmad Dahlan Lamongan Institute of Technology and Business to assist in selling the business product "Es Bahagia." This assistance activity aims to increase the production and sales of fresh drinks made from quality raw materials by taking advantage of the Ramadan moment. Methods for implementing this service include observation, interviews, and participatory learning and practice. The activity stages include preparation (recipe development, delivery of ice-making materials and practices, location survey, creation of promotional designs and social media), implementation (promotion, production, and sales), and evaluation. During 19 days, sales of Es Bahagia reached 914 cups with a total income of IDR 4,570,000. The best-selling products that are consumers' favourites are Milo Jelly Ice, Kuwut Soda Ice, Watermelon Mixed Ice, and Kopyor Milk Ice. This activity increases production and sales and empowers local communities by creating temporary jobs and contributing to the surrounding community's economy. Evaluations are carried out to improve service quality in the future by considering consumer preferences, improvement strategies, promotions via social media, product variations, and collaboration with donors.

 

Keywords: business assistance; culinary; social media marketing; ramadan.


Keywords


business assistance; culinary; social media marketing; ramadan.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Badi’ah, R., Odelia, E. M., Anugrahadi, Y. D., Effendi, R., & Swasti, I. K. (2022). TOEFL Online Special Ramadhan (TOSR): Program Pelatihan Untuk Mahasiswa Tingkat Akhir UPN “Veteran” Jawa Timur. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(4), 1932–1943. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.11673

Bahri, S. (2019). Fenomenologi Ramadanonic di Negeri Junjungan Bengkalis. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(1), 117–123. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v8i1.156

Chandra K, F., Asih, F., Fauziah, L., Sidik, A. F., Putri, S. A.-A., Saputra, R. K. E., … Asfi, M. (2023). Menumbuhkan Gerakan Wirausaha Mahasiswa Melalui Kegiatan Bazar Ramdhan 1444 H. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 1163–1169. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.15011

Fadillatunnisa, & Nawawi, Z. M. (2022). Dampak Pendapatan di Bulan Suci Ramadan dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Pedagang yang berjulanan di Pusat Pasar Medan ). Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 2(1), 1595–1600.

Handayani, W., Winasih, S. S. Y., Dewi, S., & Badi’ah. (2020). Pendampingan Pembuatan Pakan Ternak dari Limbah Pembungkus Lontong untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Kelurahan Kupang Krajan Kecamatan Sawahan Kota Surabaya. ENGAGEMENT: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 04(02), 551–562. https://doi.org/10.52166/engagement.v4i2.484

Mawaddah, R. O., & Kusuma, Y. B. (2023). Pendampingan Pada Masyarakat Dalam Peningkatan Pendapatan Melalui Program Bazar. Jurnal Masyarakat Mengabdi Nusantara (JMMN), 2(3), 89–96. https://doi.org/10.58374/jmmn.v2i3.174

Mu’ah, M., Masram, M., Ariefin, M. S., Badi’ah, R., & Dilasari, A. P. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Limbah Stryrofoam Sebagai Media Tanaman Hidroponik Sistem Wick. Jurnal Pengabdian UNDIKMA: Jurnal Hasil Pengabdian & Pemberdayaan Kepada Masyarakat, 4(4). https://doi.org/10.33394/jpu.v4i4.8901

Muniarty, P., Wulandari, W., Saputri, D., Wahdaniyah, A., Syaframis, N. F., Rimawan, M., & Alwi, A. (2021). Pengembangan Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa Di Era Covid-19. COMSEP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 178–183. https://doi.org/10.54951/comsep.v2i2.84

Prasetyo, A., Purba, D., Nasruji, Riki, Hazriyanto, Rina, … Ciptoputra, V. A. A. (2023). Pendampingan Kepada Remaja Islam Masjid Mukhtarul Arifin Batam Dalam Menyelenggarakan Bazar Ramadhan 1444H. EJOIN : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(5), 376–382. https://doi.org/10.55681/ejoin.v1i5.814

Putri, A. I., Badi’ah, R., Putera, M. I., Ikhlas, F., & Umar, A. P. A. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kegiatan Economic Project Olahan Fish Corndog di Desa Pasir Panjang Pulau Rinca NTT. Jurnal Pengabdian UNDIKMA: Jurnal Hasil Pengabdian & Pemberdayaan Kepada Masyarakat, 4(4), 718–728. https://doi.org/10.33394/jpu.v4i4.8607

Ridhwan, Syarifah, & Hareastoma. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prilaku Konsumsi Muslim Pada Bulan Ramadhan. IMARA: Jurnal Riset Ekonomi Islam, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.31958/imara.v3i1.1423

Rijal, S., Ausat, A. M. A., Kurniawati, R., & Suherlan. (2023). Opportunities and Challenges for MSMEs in Indonesia in the Face of Ramadan. Community Development Journal, 4(2), 2035–2039. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13936

Sutrisno, Ausat, A. M. A., Permana, R. M., & Santosa, S. (2023). Effective Marketing Strategies for MSMEs during Ramadan in Indonesia. Community Development Journal, 4(2), 1901–1906. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13792

Wahyudi, I., Nawawi, Z. M., & Syarvina, W. (2023). Analisis Dampak Bulan Ramadhan Dalam Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Di Kelurahan Harjosari Kecamatan Medan Amplas. Ekonomi Bisnis Manajemen Dan Akuntansi (EBMA), 4(1), 1187–1195. https://doi.org/10.36987/ebma.v4i1.4350

Widyani, P., Mulyadi, D., & Sandi, S. P. H. (2023). Analisis Pendapatan Umkm Bulan Ramadhan Pada Kecamatan Telukjambe Timur Karawang Tahun 2023. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 7101–7106. https://doi.org/10.37385/msej.v4i6.3122

Widyastuti, E., A, D. P., S, N. T. D., & Hayati, K. R. (2022). Pemberdayaan UMKM melalui Kegiatan Bazaar Ramadhan di Kelurahan Rungkut Menanggal, Kota Surabaya. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI), 2(4), 1133–1138. https://doi.org/10.54082/jamsi.394




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i2.23684

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: