Pelatihan pemanfaatan teknologi artificial intelligence bagi guru sekolah dasar

Imelda Saluza, Evi Yulianti, Indah Pratiwi Putri, Dona Marcelina, Dewi Sartika

Abstract


Abstrak

Dalam melaksanakan proses pembelajaran, guru dituntut untuk dapat terus menerus melakukan pembelajaran yang adaptif dan up to date yang didukung teknologi canggih. Teknologi canggih yang sering digunakan adalah Artificial Intellegence. Berdasarkan hasil observasi dan diskusi tim pengabdian kepada masyarakat (PKM) dan kepala sekolah SD Negeri 13 Palembang belum pernah mendapatkan pengetahuan memanfaatkan AI untuk mendukung proses pembelajaran dalam hal pencarian materi dan bahan ajar, karenanya tim PKM dan mitra memutuskan untuk melakukan kegiatan pelatihan memanfaatkan AI dalam pembelajaran. Dalam pelaksanaannya dilakukan dengan menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) dengan empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, evaluasi dan refleksi. Setelah kegiatan dilaksanakan dilakukan analisis dari proses evaluasi dan refleksi kegiatan. Hasil evaluasi menunjukkan rata-rata peserta pelatihan mengalami peningkatan pengetahuan dan keterampilan sebesar 68,9%. Sedangkan hasil refleksi menjelaskan faktor pendukung dan kendala pelaksanaan. Adapun faktor pendukung yaitu adanya antusias peserta, dukungan kepala sekolah dan layanan internet yang lancar. Sedangkan faktor kendala antara lain adalah terdapat guru yang tidak membawa laptop, ada guru yang hampir pensiun dan merasa kurang membutuhkan pelatihan serta guru yang lupa akun email.

 

Kata kunci: pembelajaran; materi; bahan ajar; metode PAR.

 

Abstract

In carrying out the learning process, teachers are required to be able to continuously carry out adaptive and up-to-date learning supported by advanced technology. The advanced technology that is often used is Artificial Intelligence. The community service team (PKM) and the principal of SD Negeri 13 Palembang conducted observations and had discussions. Based on their findings, they decided to conduct training activities that use AI in learning because they had no prior experience using it to support the learning process in terms of finding resources and teaching materials. Planning, action, evaluation, and reflection are the four stages of the Participatory Action Research (PAR) methods that were used in its execution. Following the completion of the task, an analysis of the assessment procedure and a contemplation of the task are conducted. According to the evaluation data, the typical training participant saw a 68.9% improvement in knowledge and abilities. In the meantime, the reflection's findings clarify the implementation's enabling elements and challenges. Enthusiastic participation, the principal's encouragement, and reliable internet access are the supporting aspects. In the meanwhile, teachers who forget their email accounts, are nearing retirement and believe they don't need training, and don't bring laptops are all restrictive factors.

 

Keywords: learning; materials; teaching materials; PAR methods.


Keywords


learning; materials; teaching materials; PAR methods.

Full Text:

PDF

References


Achmad Yogi Pambudi, Imam Syafi’i, Dwi Wahyu Kartikasari, Amir Yarkhasy, Hasanul Bulqiyah, Luhur Moekti Prayogo, … Ammar Zaki. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi AI dalam PembuatanPTK bagi Guru SDN Karangasem Kecamatan Jenu. Seminar Nasional Paedagoria, 3, 1–8.

Anas, I., & Zakir, S. (2024). Artificial Intelligence: Solusi Pembelajaran Era Digital 5.0. Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI, 8(1), 35–46.

Aryesam, A., Sembiring, D. A. K., Tijow, M. A., Risamasu, P. E. G., Sogalrey, F. A. M., Putri, N. A., … Sandro, G. E. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Powtoon Bagi Guru Sekolah Dasar. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1141–1149. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i2.3117

Astriawati, N., Santosa, P. S., Agusta, G. E., & Purnomo, C. (2022). Pelatihan Editing Video Berbasis Aplikasi Kinemaster Untuk. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(2016), 619–623.

Bria, Y. P., Hoar Siki, Y. C., & Andrianus Nani, P. (2024). Pelatihan Penggunaan Aplikasi AI Bagi Para Guru SMPN SATAP Lorobauna Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(1), 580–587. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i1.2679

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279

Hasanah, A., & Budiyono, S. (2024). PEMANFAATAN MODEL PEMBELAJARAN FUTURISTIK BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM DUNIA PENDIDIKAN. 3, 615–625.

Hermanto, K., Anggara, M., Ismiyarti, W., Mardinata, E., Yuliadi, Y., Ekastini, E., & Sofya, N. D. (2023). Pendampingan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Canva Untuk Guru Sdn Kokarpit Dan Sdn Lekong. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1247–1256. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i2.3255

Ihsan, M. (2022). Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Seri Publikasi Pembelajaran, 1, 37.

Istiqlaliah Nurul Hidayati, Sofia, P., Hamid, A., & Al, E. (2022). Penyusunan Bahan Ajar Bahasa Inggris SMK Terkait Konteks Kejuruan melalui Pemanfaatan Artificial Intelligence. 29–35.

Maharani, D., Anggraeni, D., & Nofitri, R. (2024). Pemanfaatan Artificial intelligence dalam Pembuatan Presentasi bagi Guru-Guru Brainfor Islamic School Kisaran. Journal Of Indonesian Social Society (JISS), 2(1), 45–51. https://doi.org/10.59435/jiss.v2i1.219

Puspita, V., Marcelina, S., & Melindawati, S. (2023). Pelatihan Penggunaan Artificial Intelligence Dalam Penyusunan Modul Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2), 235–240. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v3i2.3402

Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 62. https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020

Widiyono, A., Irfana, S., & Firdausia, K. (2021). Implementasi Medeka Belajar Melalui Kampus Mengajar Perintis Di Sekolah Dasar. METODIK DIDAKTIK: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 16(2), 102–107.

Z, A., Sari, F. M., & Prihati. (2021). Pemulihan Ekonomi Melalui Pembangunan Kebun Bibit Desa Menggunakan Metode Participatory Action Research (PAR). Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 356–364. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i2.5351




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i2.23838

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: