Pendampingan usaha mikro kecil dan menengah Angkringan Sadulur dengan mengoptimalkan pemanfaatan marketplace serta media sosial
Abstract
Abstrak
Teknologi informasi mempengaruhi bisnis dari berbagai skala, baik besar, menengah, maupun kecil. Perkembangan ini mendukung peningkatan pemasaran online melalui jangkauan luas yang dimiliki jaringan teknologi. Media sosial dan marketplace menjadi pusat perhatian masyarakat dan memberikan dampak besar pada bisnis. Manfaat yang diperoleh dari media sosial dan marketplace termasuk biaya yang lebih murah, efektivitas dan efisiensi, jangkauan luas, kecepatan dalam penyebaran informasi, pengenalan nama usaha yang lebih luas, serta kemudahan dalam evaluasi pemasaran online. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) bertujuan untuk mengedukasi UMKM tentang konsep dan manfaat aplikasi pesan makanan online, membuat dan mengaktifkan akun di platform tersebut, serta meningkatkan daya tarik dan kepercayaan pelanggan melalui media sosial. Metode pelaksanaan dimulai dengan diskusi bersama UMKM Angkringan Sadulur mengenai kebutuhan pemanfaatan internet sebagai sarana promosi, dilanjutkan dengan edukasi, pendampingan, dan evaluasi. Pelaksanaan PKM melibatkan pemilik usaha dan karyawan Angkringan Sadulur. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pelaku UMKM mampu memanfaatkan internet untuk membuat akun di marketplace seperti Shopeefood dan Gofood, serta menggunakan media sosial sebagai sarana promosi. Kesimpulannya, UMKM mendapatkan pemahaman, manfaat, dan kemampuan dalam menggunakan marketplace dan media sosial untuk pemasaran online.
Kata kunci: marketplace, media sosial, UMKM.
Abstract
Information technology influences businesses of all sizes, from large to small. This advancement supports the enhancement of online marketing through the broad reach of technological networks. Social media and marketplaces have become focal points for the public and have a significant impact on businesses. The benefits of social media and marketplaces include lower costs, effectiveness and efficiency, wide reach, rapid information dissemination, increased brand recognition, and ease of evaluating online marketing efforts.The community service program (PKM) aims to educate small and medium-sized enterprises (SMEs) on the concepts and benefits of using online food delivery applications, creating and activating accounts on these platforms, and enhancing customer appeal and trust through social media. The implementation method begins with discussions with the SME Angkringan Sadulur about their needs in utilizing the internet as a promotional tool, followed by education, mentoring, and evaluation. The PKM involves the participation of the business owner and employees of Angkringan Sadulur.The results show that SMEs are capable of leveraging the internet to create accounts on marketplaces such as Shopeefood and Gofood, and to use social media for promotion. In conclusion, SMEs gain insights, benefits, and the ability to use marketplaces and social media as tools for online marketing.
Keywords: marketplace, social media, small medium enterprise.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, I., Bin Ajis, M. N., & Pradesa, H. A. (2021). Entrepreneur’s perceived risk and risk-taking behavior in the small-sized creative businesses of tourism sector during COVID-19 pandemic. JEMA: Jurnal Ilmiah Bidang Akuntansi Dan Manajemen, 18(2), 187. https://doi.org/10.31106/jema.v18i2.12563
Ajibulloh, A. A. (2020). Pemanfaatan Microsoft Powerpoint Sebagai Solusi Strategi Visual Digital Marketing Untuk Umkm di Masa Pandemi. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat BerkemajuanJurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(November), 474–478.
Dewanti, R. A., Marseto, M., & Nisa, F. L. (2023). Penerapan Konsep Digital Marketing Menuju Ekonomi Kreatif Bagi UMKM Desa Ngepoh Kabupaten Probolinggo. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan Jurnal Pengabdian Masyarakat BerkemajuanJurnal Pengabdian Masyarakat BerkemajuanJurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(3), 2018–2025.
Farizki, F. I., Salamah, R., Mutiah, T. S. R., Wardhani, W. K., & Siddi, P. (2020). Penyuluhan Umkm Di Era New Normal Dengan Memprioritaskan Ekonomi Digital Marketing. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat BerkemajuanJurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 620. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3374
Fauzi, A. A., & Sheng, M. L. (2020). The digitalization of micro, small, and medium-sized enterprises (MSMEs): An institutional theory perspective. Journal of Small Business Management, 00(00), 1–26. https://doi.org/10.1080/00472778.2020.1745536
Mavilinda, H. F., Nazaruddin, A., Nofiawaty, N., & Daud, I. (2021). Penguatan Ekonomi Digital Melalui Pengembangan “Digital Entrepreneurship” Bagi Pelaku Umkm Di Desa Kerinjing Ogan Ilir Sumatera Selatan. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 627–635. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6156
Nugroho, A. B., Ravenska, N., & Zulvia, P. (2021). Lifestyle Patterns During the Covid-19 Pandemic. Proceedings of the 2nd International Conference on Administration Science 2020 (ICAS 2020), 78–82. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210629.015
Setiyawati, N. (2020). Marketplace Larisumkm.Com Sebagai Alat Peningkatan Promosi Umkm Di Kota Salatiga. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan Jurnal Pengabdian Masyarakat BerkemajuanJurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 696. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3376
Sholikhatin, S. A., Fitrianingsih, W., & Dhiyaulhaq, S. (2021). Pelatihan Digital Marketing bagi Anggota Nasyiatul Aisyiyah Purbalingga dalam Menghadapi Era Pasar Global dan Pengembangan Industri Kreatif. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(3), 849–854. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i3.5395
Wijayanti, R., Ravenska, N., & Nugroho, A. (2022). Business Model Innovation with Design Thinking Approach at Bumdes Pagerwangi. Proceedings of the Third International Conference Administration Science, ICAS 2021. https://doi.org/10.4108/eai.15-9-2021.2315259
Zulvia, P., & Harahap, A. S. (2023). Advokasi Digitalisasi Desa Dalam Pengembangan Potensi Desa Cibodas Lembang Sebagai Desa Digital. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 518–525. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2501
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i2.24059
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: