PKM pembuatan web E-Commerce dengan CMS wordpress untuk meningkatkan penjualan pada UMKM E-Nambah kota Tangerang
Abstract
Abstrak
Perubahan paradigma dalam kegiatan ekonomi menciptakan transformasi signifikan pada bisnis online, di mana internet dan teknologi informasi memainkan peran kunci. UMKM E-Nambah, usaha kuliner yang fokus pada makanan rumahan dengan sentuhan pedas, awalnya memanfaatkan pemasaran melalui jaringan pertemanan dan media sosial. Kendati berhasil, keterbatasan informasi stok barang secara real-time menjadi hambatan, mempengaruhi keputusan pembelian calon pelanggan. PKM ini bertujuan membantu meningkatkan efisiensi dan kepercayaan pelanggan dengan menerapkan e-commerce menggunakan Content Management System (CMS) WordPress. Integrasi informasi stok otomatis dengan media sosial, transparansi bahan makanan pada setiap produk, dan pengurangan ketidakpastian terkait ketersediaan stok menjadi fokus implementasi. Metode ini diharapkan memfasilitasi transaksi online, mempromosikan produk baru, dan menyelenggarakan promo menarik, bertujuan memperluas pangsa pasar, meningkatkan keterlibatan pelanggan, serta memberikan informasi komprehensif. Implementasi ini diharapkan memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan bisnis UMKM E-Nambah dalam era digital. Berdasarkan hasil yang dibuat telah dilakukan penilaian dari mitra menggunakan usability testing sederhana pada web e-commerce yang dibangun nilai penerimaan rata-rata 79,77%, sedangkan untuk pelatihan yang diberikan mendapatkan nilai rata-rata 85,33%. Angka ini menunjukkan bahwa hasil kegiatan PKM ini sudah baik dan dapat diterima.
Kata kunci: e-commerce; content management system; wordpress; toko E-Nambah; usability testing.
Abstract
The paradigm shift in economic activities is creating a significant transformation in online business, where the internet and information technology play a key role. UMKM E-Nambah, a culinary business that focuses on home-cooked food with a spicy touch, initially utilized marketing through friendship networks and social media. Even though it was successful, limited real-time stock information was an obstacle, affecting potential customers' purchasing decisions. This PKM aims to help increase fficiencyand customer trust by implementing e-commerce using the WordPress Content Management System(CMS). Integration of automatic stock information with social media, transparency of food ingredientsfor each product, and reducing uncertainty regarding stock availability are the focus of implementation. This method is expected to facilitate online transactions, promote new products, and hold attractive promotions, aimed at expanding market share, increasing customer engagement, and providing comprehensive information. This implementation is expected to make a positive contribution to the growth of the E-Nambah MSME business in the digital era. Based on the results, an assessment was carried out from partners using simple usability testing on the e-commerce website that was built, with an average acceptance score of 79.77%, while the training provided received an average score of 85.33%. This figure shows that the results of this PKM activity are good and acceptable.
Keywords: e-commerce; content management system; wordpress; e-nambah store; usability testing.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, A., Fauzan, A. G., & Prasetyo, W. R. (2021). PELATIHAN PEMBUATAN WEBSITE E-COMMERCE DENGAN WOOCOMMERCE GUNA MENUMBUHKAN SEMANGAT TECHNOPRENEURSHIP PDA HMIF. J-ADIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1), 121–134.
Aditya Pradana, R. (2020). Analisis dan Pembuatan Website E-Commerce Panda Home Industri Palur. Surakarta Informatic Journal (SIJ), 2(2), 44–55.
Erisy Syawiril Ammah, S. L. (2022). PENDAMPINGAN PELATIHAN WEB E COMMERCE SEBAGAI MEDIA PEMASARAN DI SMK DARUSSALAM GANDING SUMENEP. Abdi Kami Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 59–66.
Farisi, A., Rachmat, N., Ezar, M., & Rivan, A. (2022). PELATIHAN PEMBUATAN WEBSITE PORTAL DENGAN MENGGUNAKAN WORDPRESS UNTUK SISWA / SISWI SMA NEGERI 6 PALEMBANG. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 5(1), 25–32.
Hariono, T., Ashoumi, H., Tabiin, H. Q., & ... (2021). PKM Pembuatan E-Commerce Desa Banjarsari. Jumat Informatika …, 2(2), 2–6.
Persada, G. N., & P, P. S. (2022). Pelatihan Pembuatan Website Pribadi Dengan Cms (Content Management System) Pada Sma Negeri 10 Kota Tangerang Selatan. Jurnal Abdimas Indonesia, 2(4), 595–602. http://doi.org/10.53769/jai.v2i4.372
Prasetyo, D. Y., Yunita, F., Bindas, A., Abdullah, A., & Samsudin, S. (2022). Pelatihan Dan Pembuatan Website E-Commerce Pada Umkm Mudokufood Tembilahan. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 626–637. http://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4393
Pratiwi, D., Santoso, G. B., Mardianto, I., Sediyono, A., & Rochman, A. (2020). Pengelolaan Konten Web Menggunakan Wordpress , Canva dan Photoshop untuk Guru-Guru Wilayah Jakarta Web Content Management Using Wordpress , Canva and Photoshop for Teachers of the Jakarta Region. Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 12.
Rachmalia Feta, N., Wiliani, N., & Hesananda, R. (2021). Penggunaan dan pemanfaatan wordpress dalam upaya meningkatkan daya jual untuk pelaku umkm karang taruna bojongkulur. Jurnal AbdiMas Nusa …, 3(1), 1–3. Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/abdimas/article/view/2173
Razi, A., Anshar, K., Rizki, D., & Rifki, M. (2024). Pelatihan Pembuatan Website bagi Siswa SMK Negeri 1 Takengon. Jurnal Malikussaleh Mengabdi, 3(1), 27–32.
Rizkita, B., & Rozi, N. F. (2022). Perancangan dan Pembuatan Web E-Commerce di PT Berlian Anugerah Abadi Menggunakan V-Model. Jurnal Teknologi Dan Manajemen, 3(2), 85–92. http://doi.org/10.31284/j.jtm.2022.v3i2.3378
Santosa, S., & Ismaya, H. (2021). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Menggunakan Cms Wordpress Pada Toko Importir Laptop Bandung. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 11(1), 1–8.
Sidiarta, P., Agung, A., Putri, A., Juliana, I. G., & Putra, E. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Marketplace Penyewaan Lapangan Futsal Berbasis Web. Jurnal Teknologi & Manajemen Informatika, 4(2).
Suharya, Y., & Azhari, F. (2021). Pembuatan Aplikasi Penjualan Tanaman Berbasis Web (E-Commerce) Menggunakan Metode Waterfall Studi Kasus Toko Azrina Flower. Jurnal Informatika, 8, 35–40.
Ujianti, R. M. D., Muflihati, I., & Nada, N. Q. (2022). Online marketing assistance with e-commerce at UKM Athaya Kitchen Semarang. Community Empowerment, 7(9), 1538–1542. http://doi.org/10.31603/ce.7750
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i2.24123
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: