Pendampingan penulisan rencana pembelajaran semester berbasis masalah dan proyek bagi dosen

Agung Hartoyo, Ahmad Yani T, Dona Fitriawan, Nurfadilah Siregar, Edy Yusmin, Ade Mirza, Asep Nursangaji, Sugiatno Sugiatno, Yulis Jamiah, Rachmat Saputra

Abstract


Abstrak

Pengabdian ini merupakan pelaksanaan lanjutan dari kedua instituti yaitu untan dan unu kalbar untuk memajukan mutu perguruan tinggi di perguruan swasta. Tujuannya adalah memperkenalkan fitur-fitur kurikulum baru. Tujuan dari perangkat pembelajaran tersebut adalah untuk memasukkan pendidikan karakter untuk memfasilitasi perwujudan Profil Pancasila dan enam dimensinya. Pengabdian ini dilaksanakan di Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat dan dilaksanakan dalam bentuk bantuan pembuatan alat desain pembelajaran semester dengan menggunakan pembelajaran berbasis model dan studi kasus. Langkah-langkah pelaksanaan kegiatannya adalah:. 1) Mengidentifikasi permasalahan pembelajaran yang bersifat umum dan khusus,  2) Merumuskan hasil belajar yang berbeda, 3) Menentukan alat penilaian yang diperlukan, 4) Mengembangkan proses pembelajaran kurikulum baru, 5) Memasukkan tujuan pembelajaran ke dalam rencana pembelajaran. Hasil dari layanan pendampingan ini adalah: 1) Membantu pembuatan RPS sampai selesai, 2) RPS yang terdokumentasi sebagai acuan proses pembelajaran, 3) terciptanya kurikulum baku di UNU Kalbar berpedoman dengan aturan kemenristekdikti.

 

Kata kunci: rencana pembelajaran semester; pembelajaran berbasis masalah; pembelajaran berbasis proyek

 

Abstract

This service is a continued implementation of the two institutes, namely untan and unu kalbar to advance the quality of higher education in private universities. The aim is to introduce the features of the new curriculum. The purpose of the learning tools is to incorporate character education to facilitate the realization of the Pancasila Profile and its six dimensions. This service was carried out at the Nahdlatul Ulama University of West Kalimantan and was carried out in the form of assistance in making semester learning design tools using model-based learning and case studies. The steps of implementing the activities are:. 1) Identifying general and specific learning problems, 2) Formulate different learning outcomes, 3) Determine the necessary assessment tools, 4) Develop a new curriculum learning process, 5) Incorporate learning objectives into the learning plan. The results of this mentoring service are: 1) Assist in making the RPS until it is completed, 2) Documented RPS as a reference for the learning process, 3) the creation of a standardized curriculum at UNU Kalbar is guided by the rules of Kemenristekdikti.

 

Keywords: semester learning plan; problem based learning; project based learning


Keywords


semester learning plan; problem based learning; project based learning

Full Text:

PDF

References


Barrows, H.S. & Tamblyn, R. M. . (1980). Problem-Based Learning, an Approach to Medical Education, New York: Springer Publishing Company.

David, F., van der Sijde, P., & van den Besselaar, P. (2018). Academics coping with business logic: A study at Indonesian universities. Journal of Engineering and Technology Management, 49, 91-108.

Fitri, H., Dasna, I. W., & Suharjo, S. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(2), 201. https://doi.org/10.28926/briliant.v3i2.187

Gita Ayu Syafarina, M.Kom, Agus Setiawan, M. K. (2019). Jurnal Ilmiah “ Technologia ” Tech nologia ” Vol 10 , No . 4 , Oktober-Desember 2019 Berdasarkan hasil diatas rata-rata presentase di atas adalah 70 % perlunya pengembangan daripada sistem konvensional Jurnal Ilmiah “ Technologia .” 10(4), 202–206.

Kemdikbud. (2004). Undang-Undang Tahun 2004. Journal Information, 10(3), 1–16.

Ningsih, S. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 124–132. https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p124

Rachmawati, Y., Maizora, S., & Maulidiya, D. (2019). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Discovery Learning Pada Materi Bangun Datar Segiempat Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Bengkulu Tengah. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(2), 162–171. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.2.162-171

Reed, M. M., & Brunson, R. R. (2018). Exploration of the efficacy of the case method of teaching. The CASE Journal.

Rohmah, A. N. (2017). Belajar Dan Pembelajaran (Pendidikan Dasar). CENDEKIA Media Komunikasi Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Islam, 09(02), 193–210.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Dosen, Jakarta: Raja Grafindo Persada, cetakan ke-III.

Sa’diyah, H. (2019). Internazionalization of Islamic Character Education to Student in Elementary School (SD) Plus Nurul Hikmah Pamekasan Madura. Sunan Kalijaga International Journal on Islamic Educational Research, 2(1). https://doi.org/10.14421/skijier.2018.2018.21.07

Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 79–83. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548

Sitepu, B. P., & Lestari, I. (2017). Pelaksanaan RPS Dalam Pembelajaran. Perpektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 43–51.

Sugiyono, Listyani, E., Lestari, H. P., Dhoruri, A., & Murdanu. (2015). Pengembangan Strategi Pembelajaran Inovatif pada Perkuliahan Geometri untuk Membangun Karakter Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.21831/jpms.v5i1.7230

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia, 9(2), 56–70.

Utami, R. (2019). Analisis Miskonsepsi Siswa Dan Cara Mengatasinya Pada Materi Bentuk Aljabar Kelas Vii-C Smp Negeri 13 Malang. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 37. https://doi.org/10.33474/jpm.v3i1.2606




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i2.24153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: