Sosialisasi program makan bersama guna pembentukan karakter siswa di SMPN 1 Sukamulia kabupaten Lombok Timur
Abstract
Abstrak
Program pendidikan karakter telah menjadi fokus utama dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Salah satu pendekatan yang diadopsi oleh sekolah adalah program makan bersama, yang bertujuan untuk menggabungkan aspek interaksi sosial, nilai-nilai, dan kesadaran nutrisi sebagai sarana pembentukan karakter siswa. Kegiatan pengabdian ini dilakukan di SMP 1 Sukamulia, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Mitra sasaran terdiri dari siswa SMP 1 Sukamulia. Kegiatan ini mengungkapkan bahwa program makan bersama di SMP 1 Sukamulia secara signifikan berkontribusi terhadap pembentukan karakter positif siswa. Terdapat peningkatan yang bermakna dalam aspek kerjasama, tanggung jawab, dan kesadaran sosial di antara peserta program ini. Selain itu, program ini juga berhasil meningkatkan pemahaman siswa tentang nutrisi dan pentingnya makanan seimbang. Hasil penelitian ini menyoroti pentingnya pendekatan holistik dalam pendidikan karakter. Program makan bersama bukan hanya berperan dalam memenuhi aspek gizi siswa, tetapi juga dalam membentuk karakter mereka secara menyeluruh. Implikasi dari temuan ini menggarisbawahi perlunya pengintegrasian program serupa dalam kurikulum pendidikan nasional untuk memajukan pendidikan karakter di Indonesia.
Kata kunci : pembentukan karakter; pendidikan karakter; program makan bersama.
Abstract
Character education programs have become the main focus in efforts to improve the quality of education in Indonesia. One of the approaches adopted by schools is the community meal program, which aims to combine aspects of social interaction, values, and nutritional awareness as a means of building student character. This service activity was carried out at SMP 1 Sukamulia, East Lombok, West Nusa Tenggara. The target partners consist of students from SMP 1 Sukamulia. This activity revealed that the communal eating program at SMP 1 Sukamulia significantly contributed to the formation of students’ positive character. There is a significant increase in aspects of cooperation, responsibility, and social awareness among participants in this program. Apart from that, this program also succeeded in increasing students’ understanding of nutrition and the importance of a balanced diet. The results of this research highlight the importance of a holistic approach to character education. The shared meal program not only plays a role in fulfilling students’ nutritional aspects but also in shaping their overall character. The implications of these findings underscore the need to integrate similar programs into the national education curriculum to advance character education in Indonesia.
Keywords : character formation; character education; communal dining program
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asyafiq, Sutrisno. 2016. “BERBAGAI PENDEKATAN DALAM PENDIDIKAN NILAI DAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN.” Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran 4(1). doi: 10.24269/dpp.v4i1.56.
Aziz, Hamdan Abdul, Shajaratuddar, and Budi Handrianto. 2023. “Pendidikan Karakter Dalam Islam: Solusi Untuk Dekadensi Moral Generasi Muda.” Journal of Management in Islamic Education 4(1).
Hakim, Alif Lukmanul. 2017. “Membangun Karakter Bangsa Melalui Implementasi Pendidikan Karakter Islami Dalam Keluarga.” Ta Dib : Jurnal Pendidikan Islam 6(1). doi: 10.29313/tjpi.v6i1.2580.
Keriapy, Frets. 2020. “Pendidikan Kristiani Transformatif Berbasis Multikultural Dalam Konteks Indonesia.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen Regula Fidei 5(2).
Kosim, Abul. 2022. “PERAN GURU DALAM PENDIDIKAN KARAKTER.” Hartaki: Journal of Islamic Education 1(1).
Muntuan, Monica Valery. 2023. “Rendahnya Rasa Hormat Siswa SD Inpres Makalonsouw Kepada Guru.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 9(2). doi: https://doi.org/10.5281/zenodo.7575575.
Mutiawati, Yenni. 2019. “Pembentukan Karakter Religius Pada Kegiatan Makan Anak Di Pendidikan Anak Usia Dini Yenni.” Jurnal Buah Hati 6(2).
Prasetya, Andreas Erwin. 2020. “IMPLEMENTASI SIKAP HORMAT PADA SEKOLAH BERBASIS HUMANISTIK, SD SANGGAR ANAK ALAM.” NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 4(2). doi: 10.35568/naturalistic.v4i2a.635.
Setiardi, Dicky. 2017. “KELUARGA SEBAGAI SUMBER PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK.” Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam 14(2). doi: 10.34001/tarbawi.v14i2.619.
Siswanto, Siswanto, Zaelansyah Zaelansyah, Eli Susanti, and Jeni Fransiska. 2019. “METODE PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DALAM GENERASI UNGGUL DAN SUKSES.” PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 2(2). doi: 10.32699/paramurobi.v2i2.1295.
Widodo, Suprih. 2017. “Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar.” Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-An 12(2).
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i2.24633
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: