Pelatihan pembuatan media evaluasi berbantuan G-Form bagi guru di komunitas belajar

Hidayati Hidayati, M. Hudri, Rima Rahmaniah, Dian Eka Mayasari Sri Wahyuni, Ahmad Afandi

Abstract


Abstrak

Pada masa pandemi COVID -19 saat lalu, sekolah menyelenggarakan proses pembelajarannya dengan menggunakan e-learning dimana media teknologi memiliki peran penting. Fungsi dari media teknologi secara umum adalah menampilkan sarana komunikasi dan informasi berupa teks, gambar, video, dan suara yang dapat diakses secara online. Mitra kami dalam melakukan kegiatan abdimas pada saaat ini adalah guru-guru di SMPN 1 Tanjung yang memiliki komunitas belajar. Mitra dihadapkan pada permasalahan sebagai berikut: para guru masih ragu bagaimana mengintegrasikan e-learning ke dalam pembelajaran mereka; dan masih awamnya guru untuk pembuatan soal sebagai alat evaluasi, anak-anak di SMP 1 Tanjung lebih sering menggunakan buku dan LKPD yang dibuat sekolah sehingga alat evaluasinya masih belum menerapkan paperless. Permasalahan berikutnya adalah keterbatasan dalam memberikan evaluasi yang tepat untuk mengevaluasi setiap siswa secara objektif dan tentunya dengan menggunakan Google Form lebih mudah untuk mengetahui hasilnya secara langsung di era digitalisasi ini. Berdasarkan hal tersebutlah, maka tim abdimas melakukan pendampingan pelatihan penggunaannya dalam pembuatan soal berbagai bentuk sebagai alat evaluasi bagi siswa. Persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi merupakan tiga tahapan kegiatan pelatihan yang dilaksanakan secara luring dan daring dengan menggunakan Zoom. Dengan menggunakan survey dan wawancara maka hasil dari pelatihan ini menunjukkan bahwa para guru bersemangat untuk belajar dan mampu menggunakan Google Formulir untuk meningkatkan kemampuan serta memudahkan mereka dalam pembuatan soal untuk mendukung kegiatan pembelajaran.

 

Kata kunci: pelatihan; pembuatan soal; g-form; guru smp.

 

Abstract

During the previous pandemic, schools were able to organize their learning process by using e-learning in distance learning. The function of technical media in general is to provide text, images, video, and sound—all media kinds or forms that are exclusively available online—as a means of online communication and information. Teachers at SMPN 1 Tanjung have partnered with us for this community service project. Partners are faced with the following issues: kids at SMP 1 Tanjung exclusively use books and LKS from school; teachers are still unsure of how to integrate e-learning into their lessons; and teachers' incapacity to generate assessment questions. Since it is simpler to know the results immediately in this day of digitalization, the next issue is the limitations on providing appropriate evaluation in order to evaluate each student objectively. Using Google Classroom to create questions is a problem that can be solved by offering training. Preparation, execution, and assessment are the three phases of an activity. Using Zoom to provide video training and demonstrations on how to utilize Google Forms and Classroom, community service projects are implemented both online and offline. The exercise's outcomes showed that teachers are eager to learn and are able to use Google Classroom and Google Forms to enhance their abilities to support instructional activities

 

Keywords: training; examination items; g-form; teachers.


Keywords


training; examination items; g-form; teachers.

Full Text:

PDF

References


Afiah, N. R., & Pujiastuti, H. (2021). Developing A Learning Media on Limit of Algebraic Functions by Using Google Forms. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 5(2), 353. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v5i2.1732

Afifah, R., Milani, ;, Utami, N., Haya, ;, Hidayani, M., Retno, ;, & Kurniati, I. (2021). The Effectiveness of Google Form as An Evaluation Medium in VIII A Grade of MTs N 6 Tulungagung. https://doi.org/10.24090/celti.2021.466

Aziz, F., Mulyati, Y., Damaianti, V. S., & Triani, N. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Artikel Ilmiah Berpendekatan Konstruktivisme Bermedia Google Form untuk MKWU Bahasa Indonesia. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(1), 107–116. https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i1.231

Elfira, I., & Negeri Padang, U. (2023). Systematic Literature Review : Efektivitas Penggunaan Google Form untuk Evaluasi Pembelajaran. In MATHEMA JOURNAL E-ISSN (Vol. 5, Issue 2).

Juliawan. (n.d.). PENGGUNAAN GOOGLE FORM DALAM EVALUASI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MASA PANDEMI C0VID-19.

Lina wahyu Setia Utami. (2021). PENGGUNAAN GOOGLE FORM DALAM EVALUASI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MASA PANDEMI C0VID-19. TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan , 3.

Mansyur, U., Alwi, E. I., & Akidah, I. (2022). J U R N A L N U A N S A A K A D E M I K Jurnal Pembangunan Masyarakat (p) Peningkatan Keterampilan Guru dalam Memanfaatkan Google Form sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh. 7(1), 23–34.

Munawaroh, R. Z., Prastowo, A., & Nurjanah, M. (2021). Efektivitas Penilaian Pembelajaran Menggunakan Google Form pada Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5(3), 2598–9944. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2152/http

Nyoman, N., Aryanti, S., Negeri, S. D., & Salak, G. (2021). Efektifitas Google Form Sebagai Media Evaluasi Di Masa Pandemi. 4(3). http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta

Suryadi, A., Rosa, N. M., & Suaedah, S. (2020). PELATIHAN PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DAN GOOGLE FORM UNTUK PEMBUATAN SOAL. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 1). http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm

Wahyuni, S., Andriani, R., & Afidah, M. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Google Form Sebagai Media Evaluasi dalam Model Pembelajaran Hybrid Learning. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 419–425. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v7i2.13606

Wulandari, P., Khotimah Sekolah Menengah Negeri, H., Tangerang, K., & Banten, P. (2019). GOOGLE FORM SEBAGAI ALTERNATIF EVALUASI PEMBELAJARAN DI SMAN 2 KOTA TANGERANG. 2(1), 421–425. https://accounts.Google.com/signup.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i2.24634

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: