Penguatan karakter anti bullying pada siswa melalui penyuluhan tentang bullying

Andi Pramesti Ningsih, Syafriani Syafriani

Abstract


Abstrak

Bullying adalah salah satu kenakalan remaja yang dilakukan secara sengaja untuk menyakiti orang lain baik secara fisik maupun psikis. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi memasukkan bullying sebagai salah satu dari tiga dosa besar pendidikan. Bullying dapat menimbulkan dampak bukan hanya kepada korban tetapi kepada pelaku. Besarnya dampak yang dapat terjadi membuat perilaku bullying harus dicegah sedini mungkin. Penyuluhan menjadi salah satu metode yang dipilih untuk memberikan informasi kepada remaja mengenai bullying, mulai dari definisi hingga dampaknya. Penyuluhan bullying ditujukan kepada 29 siswa/siswi SMP. Kuesioner mengenai bullying dibagikan melalui google form. Diantara para siswa, sebagian besar pernah mengalami kasus bullying yaitu 21 siswa (72.4%). Setelah dilakukan penyuluhan didapatkan hasil pengetahuan siswa yang baik meningkat dari 41,4% menjadi 62,1%. Hal ini membuktikan bahwa para siswa masih membutuhkan informasi mengenai bullying. Namun, kegiatan penyuluhan yang dilakukan hanya satu kali belum cukup untuk menumbukan kesadaran perilaku anti bullying secara berkelanjutan. Para guru di sekolah diharapkan dapat mengawasi perilaku siswa dan terus memberikan informasi untuk pembentukan perilaku anti bullying  di sekolah.

 

Kata kunci: bullying;  karakter; penyuluhan; siswa

 

Abstract

Bullying is a type of juvenile delinquency that is carried out intentionally to hurt other people both physically and psychologically. The Ministry of Education, Culture, Research and Technology includes bullying as one of the three major educational sins. Bullying can have an impact not only on the victim but also on the perpetrator. The large impact that can occur means that bullying behavior must be prevented as early as possible. Counseling is one of the methods chosen to provide information to teenagers about bullying, from its definition to its impact. Bullying counseling was aimed at 29 junior high school students. Questionnaires regarding bullying were distributed via Google Form. Among the students, the majority had experienced cases of bullying, namely 21 students (72.4%). After the counseling was carried out, it was found that students' good knowledge increased from 41.4% to 62.1%. This proves that students still need information about bullying. However, outreach activities carried out only once are not enough to raise awareness of anti-bullying behavior on an ongoing basis. Teachers at schools are expected to monitor student behavior and continue to provide information for the formation of anti-bullying behavior at school.

 

Keywords: bullying; character; counseling; students


Keywords


bullying; character; counseling; students

Full Text:

PDF

References


Dafiq, N., Dewi, C. F., Sema, N., & Salam, S. (2020). Upaya Edukasi Pencegahan Bullying pada Siswa Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Manggarai NTT. Randang Tana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 120-129.

Diannita A, Salsabela F, Wijiati L, Putri AMS. (2023). Pengaruh Bullying terhadap Pelajar pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Journal of Education Research 4(1): 297-301

Fitroh I, Rosidi MI, Tasnur I, Hotimah IH, Arrazaq NR. (2023). Sosialisasi Upaya Pencegahan Bullying di SMA Negeri 7 Prasetya Gorontalo. Journal of Human and Education, 3(2): 122-126

Hayati N, Zaen NL, Rangkuti S, Saragi DS. (2023). Penyuluhan Pendidikan Kesehatan terhadap Perilaku Teman Sebaya dengan Kejadian Bullying pada Remaja di SMA Yayasan Pendidikan Keluarga Medan. Tridarma; Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 6(1): 12-17

Indriyanti, Prasetya, O., Mafrudoh, L., Adenan, & Suhendra, A. (2024). Stop Bullying sebagai upaya pencegahan perilaku perundungan di lingkungan sekolah. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 5(1), 119-125.

Juliana, Jahriani, N., & Mahyunidar. (2022). Penyuluhan Kesehatan tentang Bullying pada Remaja di SMAS Taman Siswa Sukadamai Tahun 2022. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), 4(3), 58-64.

Lette, A. R. (2021). Penyuluhan tentang bullying dan pencegahannya di SMK Negeri 1 Lelogama Kecamatan Amfoanng Selatan, Kabupaten Kupang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia, 2(4), 321-329.

Limilia, P., & Prihandini, P. (2019). Penyuluhan Stop Bullying sebagai Pencegahan Perundungan Siswa di SD Negeri Sukakarya, Arcamanik-Bandung. Jurnal Abdi Moestop0, 2(1), 12-16.

Lusiana SNE, Arifin S. (2022). Dampak Bullying terhadap Kepribadian dan Pendidikan Seorang Anak. Kariman, 10(2): 337-350

Marietha AR. (2024). Indonesia Darurat Kasus Perundungan. Diakses melalui Indonesia Darurat Kasus Perundungan - GoodStats pada tanggal 6 Mei 2024.

Pebriyanto, F., Azhar, C., Saputra, D., Iskandar, F., & Hasanuddin, M. (2023). Penyuluhan Hukum dan Bahaya Bullying di Kalangan Remaja. Community Development Journal, 4(6), 12945-12949.

Prihartono, D., & Hastuti, S. (2019). Sosialisasi Penyuluhan Stop Bullying di SD Negeri 02 Lengkong Wetan Serpong Kota Tangerang Selatan. Prosiding Seminar NAsional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1-5.

Prihatin, L., Nooryanto, F., Suyani, SUryadi, Halim, A., & S, K. (2023). Penyuluhan Mencegah Bullying di Lingkungan Sekolah Pada Siswa. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 36-41.

Rada, A., Malik, F., & Marsaoly, S. (2023). Pencegahan Perilaku Perundungan (Bullying) Pada Kalangan Pelajar di Kota Ternate. Khairun Journal of Advocacy and Legal Service, 1(1), 14-21.

Tangkas MKS, Pratama AA, Wardanana KEL, Sugiartini DK, Ridayanti PW, Triguno Y, Widiastini PMF. (2023). Edukasi Bullying pada Remaja di SMA Negeri Bali Mandara. JAI: Jurnal Abdimas ITEKES Bali, 2(2): 122-126

Visty SA. (2021). Dampak Bullying terhadap Perilaku Remaja Masa Kini. Jurnal Intervensi Sosial dan Pembangunan (JISP), 2(1) : 50-58

Wulansari, L., Vernia, D., Nurisman, H., Hermanto, Widiarto, T., Sutina, & Widyarto, S. (2023). Penyuluhan Pencegahan Perundungan (Bullying) di SMP Kota Bekasi Jawa Barat. Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 3(5), 638-643.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i3.25269

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: