Pendampingan dan pengembangan pemasaran digital untuk meningkatkan penjualan UMKM Es Kesambi Salatiga
Abstract
Abstrak
Potensi pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terutama di bidang kuliner masih terbuka lebar namun hal ini perlu didukung dengan pemanfaatan berbagai platform digital agar lebih optimal, salah satunya adalah dengan mengimplementasi pemasaran digital. Namun, pelaku UMKM masih memiliki keterbatasan pengetahuan dan kemampuan mengenai implementasi pemasaran digital. Bertolak dari hal ini, Tim Pengabdian Masyarakat melakukan kegiatan pendampingan dan pengembangan pemasaran digital pada UMKM Es Kesambi Salatiga dengan tujuan mengoptimalkan platform digital untuk meningkatkan penjualan UMKM. Kegiatan pengabdian masyarakat mencakup kegiatan pendampingan dan pelatihan pemasaran digital kepada UMKM Es Kesambi Salatiga. Metode yang dilakukan meliputi wawancara, riset lapangan, pembuatan konten pemasaran dan publikasi, pendampingan mitra UMKM, evaluasi, serta pembuatan laporan kegiatan. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini berupa kalendar konten, konten sosial media, dan website UMKM Es Kesambi Salatiga. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa implementasi strategi pemasaran digital melalui media sosial Instagram dan website terbukti efektif dalam meningkatkan brand awareness dan penjualan UMKM Es Kesambi Salatiga. Pendampingan dan pelatihan yang dilakukan juga dapat membantu pemilik usaha memahami dan memanfaatkan pemasaran digital secara lebih optimal.
Kata kunci: UMKM; pemasaran digital; pendampingan; media sosial.
Abstract
The growth potential of micro, small, and medium enterprises (MSMEs), especially in the culinary sector, is still wide open, but this needs to be supported by the use of various digital platforms to be more optimal, one of which is by implementing digital marketing. However, MSME actors still have limited knowledge and abilities regarding the implementation of digital marketing. Based on this, the Community Service Team carried out digital marketing assistance and development activities for the MSME Es Kesambi Salatiga with the aim of optimizing the digital platform to increase MSME sales. Community service activities include digital marketing assistance and training for the MSME Es Kesambi Salatiga. The methods used include interviews, field research, creation of marketing content and publications, mentoring MSME partners, evaluation, and creation of activity reports. The results of this community service activity are in the form of a content calendar, social media content, and the website of MSME Es Kesambi Salatiga. The results of the activity show that the implementation of digital marketing strategies through Instagram social media and websites has proven effective in increasing brand awareness and sales of Es Kesambi. The mentoring and training carried out can also help business owners understand and utilize digital marketing more optimally.
Keywords: MSMEs; digital marketing; mentoring; social media.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmas, A. A. N., Sutrisno, T., & Ratnasari, I. (2022). UPAYA PENINGKATAN STRATEGI BERSAING USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH MELALUI INOVASI DESAIN KEMASAN DAN PEMASARAN PRODUK DI KABUPATEN KARAWANG. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 124. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7625
Digdowiseiso, K. (2020). THE DEVELOPMENT OF HIGHER EDUCATION IN INDONESIA. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(2), 1381–1385.
Fadhlurrahman, A. (2024). ANALISIS PEMASARAN MELALUI OPTIMALISASI WEBSITE FROZENJAKARTA. COM DI PT. NIAGA DIGITAL PERSADA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN TAHUN 2023: Jurnal Pijar, 2(1), 168–189.
Febrian, N., Megarityonisty, C., Diajeng Widya, T. R., Dethan, A., Marito Sihotang, H. A., & Susanto, A. (2024). PENGENALAN DIGITAL MARKETING MELALUI SOSIAL MEDIA DAN WEBSITE DALAM MENDORONG OPTIMALISASI PEMASARAN PADA UMKM HOUSE OF DUREN SALATIGA. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(1), 467–475.
Kamaruzzaman, M. I., & Indarwati, T. A. (2023). THE INFLUENCE OF DIGITAL MARKETING CAPABILITY AND PRODUCT INNOVATION IN MARKETING PERFORMANCE (STUDY ON FOOD AND BEVERAGE MSMES IN SURABAYA). Management, Business and Social Science (IJEMBIS) Peer-Reviewed-International Journal, 3(3), 68–77.
Kementrian Perindustrian Republik Indonesia. (2019). INDUSTRI MAKANAN DAN MINUMAN JADI SEKTOR KAMPIUN. Kementrian Perindustrian Republik Indonesia. https://kemenperin.go.id/artikel/20298
Kuncoro, W. I., & Vanel, Z. (2023). DIGITAL MARKETING SEBAGAI ALAT SOSIALISASI SAJEN BISTRO AND BAR UNTUK MEMBANGUN BRAND AWARENESS. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 7(1), 37–47. https://doi.org/10.23887/jppsh.v7i1.60725
Mahalizikri, I. F. (2019). MEMBANGUN DAN MENGEMBANGKAN SERTA MENINGKATKAN UMKM DI DESA TENGGAYUN. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2). https://ejournal.stiesyariahbengkalis.ac.id/index.php/iqtishaduna
Nugroho, A. O., Yunanto, A., Kristolife, N., Hadi, A., & Wijaya, H. (2023). PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL UNTUK MENDUKUNG KEGIATAN PEMASARAN PADA UMKM SALATIGA CHIFFON. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(4), 2954–2961.
Paranoan, N., Palalangan, C. A., & Sau, M. (2022). MENGUNGKAP STRATEGI PENERAPAN DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM PRODUK KULINER DI MAKASSAR. Accounting Profession Journal, 4(1), 61–77. https://doi.org/10.35593/apaji.v4i1.33
Pratama, A. Y., Pambudi, Z. A., Magrita, C., & Sakti, I. M. (2023). OPTIMALITASI DIGITAL MARKETING PADA UMKM AMADONATHI MELALUI SOSIAL MEDIA DAN WEBSITE. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(2), 243–250. https://doi.org/10.33061/awpm.v7i2.9342
Reyhan, L. K. S., Hendratono, A. K., Sigarlaki, J. J., & Sakti, I. M. (2024). PELATIHAN PEMASARAN DIGITAL PADA UMKM SORAMATA DALAM MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL DAN WEBSITE. GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 1–6.
Fadhlurrahman, A. (2024). ANALISIS PEMASARAN MELALUI OPTIMALISASI WEBSITE FROZENJAKARTA. COM DI PT. NIAGA DIGITAL PERSADA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN TAHUN 2023. Jurnal Pijar, 2(1), 168–189.
Kuncoro, W. I., & Vanel, Z. (2023). DIGITAL MARKETING SEBAGAI ALAT SOSIALISASI SAJEN BISTRO AND BAR UNTUK MEMBANGUN BRAND AWARENESS. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 7(1), 37–47. https://doi.org/10.23887/jppsh.v7i1.60725
Nur Ahmas, A. A., Sutrisno, T., & Ratnasari, I. (2022). UPAYA PENINGKATAN STRATEGI BERSAING USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH MELALUI INOVASI DESAIN KEMASAN DAN PEMASARAN PRODUK DI KABUPATEN KARAWANG. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 124. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7625
Paranoan, N., Palalangan, C. A., & Sau, M. (2022). MENGUNGKAP STRATEGI PENERAPAN DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM PRODUK KULINER DI MAKASSAR. Accounting Profession Journal, 4(1), 61–77. https://doi.org/10.35593/apaji.v4i1.33
Silajadja, M., Magdalena, P., & Nugrahanti, T. P. (2023). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL (DIGITAL MARKETING) UNTUK PEMASARAN PRODUK UMKM. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 2(2), 88–100.
Statistik E-Commerce 2022/2023. (2023). Badan Pusat Stastistika.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i3.25316
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: