Penguatan kewirausahan melalui bahasa iklan dan branding produk olahan puding labu kuning sebagai upaya persuasi mencegah angka stunting pada masyarakat Batang Hilir

Ratna Restapaty, Ema Khairunnisa Artha, Lisa Setia, Dicky Septiannoor Khaira

Abstract


Abstrak

Pengabdian Masyarakat Kewirausahaan merupakan bentuk wirausaha yakni produk yang memiliki nilai bisnis yang sangat menarik apabila dikembangkan untuk kesejahteraan masyarakat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang melibatkan ibu rumah tangga, ibu-ibu posyandu, mahasiswa dan dosen yang berfokus pada tema kewirausahaan. Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Kecamatan Batang Ilir, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Tujuan dilaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dapat membantu dalam berinovasi wirausahaan dengan penggunaan bahasa iklan untuk branding produk yang memanfaatkan bahan pangan labu kuning. Sumber pertanian wilayah Martapura Barat sebagian besar ialah labu kuning. Pengabdian masyarakat yang dilaksanakan juga bertujuan untuk  menekan angka stunting dengan kewirausahaan. Berdasarkan data hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) Kabupaten Banjar menempati urutan pertama dengan angka stunting tertinggi di Kalimantan Selatan, mencapai 40,2 Persen pada tahun 2021. Pemanfaatan sumber daya alam ini sebagai wadah inkubasi bisnis melalui branding labu kuning. Kegiatan yang dihadiri sebanyak 40 masyarakat dan Kader Posyandu, tim dosen dan tim mahasiswa dapat menarik minat peserta dalam melakukan Industri kecil rumahan yang dipasarkan secara langsung atau online terbukti sebagai bentuk luaran yang diharapkan bahawa adanya kegiatan berkelanjutan yaitu akan dilakukannya pendampingan. Pelaksanaan kegiatan ini meggunakan metode penyuluhan dan pelatihan dengan pemberian informasi dan cara pembuatan produk pangan labu kuning menjadi puding dan donat lalu diberikan kemasan desain yang menarik. Kegiatan pendampingan penguatan kewirausahaan melalui branding produk pangan labu kuning. untuk menciptakan UMKM baru yang berupa Industri Rumah Tangga (IRT)

 

Kata kunci: kewirausahaan; ad language; stunting

 

Abstract

Community Service Entrepreneurship is a form of entrepreneurship, namely products that have very attractive business value if developed for the welfare of society. Community service activities involving housewives, posyandu mothers, students and lecturers who focus on the theme of entrepreneurship. Community Service Activities in Batang Ilir District, Banjar Regency, South Kalimantan. The aim of carrying out community service activities is to help in entrepreneurial innovation by using advertising language for branding products that use pumpkin as a food ingredient. The agricultural source for the West Martapura region is mostly yellow pumpkin. The community service carried out also aims to reduce stunting rates with entrepreneurship, this is a structural change in the economic sector, innovation carried out to create changes to create a business (Based on data from the Indonesian Nutrition Status Survey (SSGI) Banjar Regency ranks first in terms of numbers The highest stunting is in South Kalimantan, reaching 40.2 percent in 2021. The use of natural resources is assisted as a forum for business incubation through yellow pumpkin branding. The activity, which was attended by as many as 40 people and Posyandu Cadres, lecturers and student teams, was able to attract participants in carrying out small home industries that were marketed directly or online, which was proven as an expected form of output that sustainable activities would be carried out, namely mentoring. The implementation of this activity uses counseling and training methods by providing information and how to make yellow pumpkin food products into puddings and donuts and then given attractive design packaging. Assistance activities to strengthen entrepreneurship through branding yellow pumpkin food products. to create new MSMEs in the form of Household Industries (IRT)

 

Keywords: entrepreneurship; ad language; stunting


Keywords


entrepreneurship; ad language; stunting

Full Text:

PDF

References


Firmansyah, Kholis, Khotim Fadhli, and Aulia Rosyidah. 2020. “Membangun Jiwa Entrepreneur Pada Santri Melalui Kelas Kewirausahaan.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Ekonomi 1(1):28–35.

Lazfihma. 2014. Analisis gaya bahasa dalam slogan iklan minuman di televisi. Skripsi. Program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.

Lukman, Iing, Vero Deswanto, Dany Amrul Ichdan, Muhammad Luthfi, Apip Alansori, Program Studi, Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Malahayati, Bandar Lampung, Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Malahayati, and Bandar Lampung. 2023. “Pelatihan Kewirausahaan : Pengolahan Daun Kelor Untuk Meningkatkan Pendapatan Dan Perekonomian.” 3(1):157–64.

Mavianti, Hasrian RS, Rizka Harfiani. 2020. “Maslahah Jurnal Pengabdian Masyarakat Pelatihan Kewirausahaan Sebagai Upaya Meningkatkan Ekonomi Keluarga Kader ’Aisyiyah Pimpinan Ranting Tanjung Selamat.” 1(2):77–84.

Ningrum, Indah Septi Eka, Ludviana Eka Purnami, and Asprilia Tika Lestari. 2021. “Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Unggahan Pamflet Media Sosial Instagram.” Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 10(1):99. doi: 10.31000/lgrm.v10i1.4095.

Putra, Yudha, Prasetya Yoga Santoso, and R. Rama Adhypoetro. 2021. “Branding Produk Dalam Menjaga Loyalitas Konsumen Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Cyber PR 1(1):11–21. doi: 10.32509/cyberpr.v1i1.1415.

Saguni, Dewi Sulfa, Muhammad Hidayat Djabbari, Raodatul Jannah, Widyawati, and Sapriyadi. 2023. “Pelatihan Pemasaran Online Dalam Meningkatkan Kompetensi Kewirausahaan Bagi Masyarakat Desa Tirawuta Kecamatan Tirawuta Kabupaten Kolaka Timur.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN) 4(1):321–26.

Tresnasari, Ningrum. 2019. “Dajare Dalam Nama Produk Iklan Makanan Dan Minuman Jepang.” Izumi 8(1):1. doi: 10.14710/izumi.8.1.1-8.

Yuniarti, Andi, Andi Nurwana, and Andi Jamaluddin. 2023. “Pelatihan Kewirausahaan Bagi Pelaku Umkm Di Kelurahan Pammana Kabupaten Wajo.” Arunika: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2(1):34–40. doi: 10.53654/ar.v2i1.386.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i3.25373

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: