Pendampingan pengembangan produk dan pemasaran potensi pariwisata desa Kuanheun
Abstract
Abstrak
Tujuan dari kegiatan pengabdian masyrakat adalah melakukan pelatihan dan bimbingan teknis kepada desa Kuanheun sebagai salah satu desa yang memiliki potensi desa wisata yang berada di Kabupaten Kupang. Memiliki banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan dari daerahnya untuk dijadikan harta karun pengembangan pariwisata agar dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. Saat wisata ditingkatkan akan mendorong UMKM makanan dan lainnya pun bergerak. Desa Kuanheun dikunjungi sedikit wisatawan dan tidak dijadikan sebagai ladang uang bagi Desa tersebut Ketika ada wisatawan yang berkunjung. Metode dalam kegiatan pengabdian ini adalah persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Pendampingan, pelatihan dan bimbingan teknis perlu diterapkan agar mampu mengembangkan wisata alam di Desa Kuanheun. Dengan dokumen STP pelaku UMKM, pengurus BUMDes dan ibu-ibu PKK tahu tentang target pasar yang jelas dan promosi yang tepat bisa diterapkan. Kegiatan pengabdian berjalan dengan baik dan lancar. Peserta berharap kedepan bisa memberikan pelatihan lanjutan.
Kata kunci: desa wisata; segmenting; targeting; positioning; social media marketing
Abstract
The aim of the community service activities is to provide training and technical guidance to Kuanheun village as one of the villages with tourism village potential in Kupang Regency. It has a lot of tourism potential that can be developed in the region to become a treasure trove of tourism development in order to increase people's income. When tourism is increased, it will encourage food and other MSMEs to move. Kuanheun Village is visited by few tourists and is not used as a source of money for the village when tourists visit. The methods in this service activity are preparation, implementation and evaluation. Assistance, training and technical guidance need to be implemented to be able to develop natural tourism in Kuanheun Village. With the STP document, MSME actors, BUMDes administrators and PKK women know about a clear target market and appropriate promotions can be implemented. Service activities run well and smoothly. Participants hope that in the future they can provide further training
Keywords: tourist village; segmenting; targeting; positioning; social media marketing
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fadjri, M., Pebrianti, B. F., & Putri, D. S. (2020). Optimalisasi Potensi Wisata Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Pesanggarahan Kecamatan Montong Gading. Jurnal Warta Desa (JWD), 2(1), 101–109. https://doi.org/10.29303/jwd.v2i1.96
Haba, T. S., Paridy, A., & Amaral, M. A. L. (2022). Pengaruh Promosi Dan Segmentasi Pasar Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Pada PT . Dinamika Sejahtera Motor Kupang. Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan Pasca Pandemi Covid-19: Membaca Peluang Dan Tantangan, September, 391–405.
Manggu, B., & Beni, S. (2021). Analisis Penerapan Segmentasi, Targeting, Positioning (Stp) Dan Promosi Pemasaran Sebagai Solusi Meningkatkan Perkembangan Umkm Kota Bengkayang. Sebatik, 25(1), 27–34. https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i1.1146
Melia, Y., Rafika, M., Arjuna, S., Siregar, M. R., & Limbong, C. H. (2013). Digital Marketing Training on MSMEs Built by BPODT ( Lake Toba Authority Implementing Agency ). 188, 178–181.
Nani, P. A., Amaral, M. A. L., Boelan, E. G., Baunsele, A., & ... (2023). Pelatihan Digital Marketing Dalam Memasarkan Produk Badan Usaha Milik Desa. Bakti …, 06, 77–84.
Nurul Islami, N., Wahyuni, S., & Tiara, T. (2020). The Effect of Digital Marketing on Organizational Performance Through Intellectual Capital and Perceived Quality in Micro, Small and Medium Enterprises. Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 16(1), 60–72. https://doi.org/10.33830/jom.v16i1.718.2020
Putri, P. M., & R.A.Marlien. (2022). Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Online. 5(1), 25–36.
Qomariyah, N., & Herawati, N. (2019). Pelatihan Pembukuan Simpan Pinjam Dengan Metode Microsoft Excel Pada Ibu-ibu Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Kelurahan Sondakan, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta. Wasana Nyata: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 120–129.
Romaniuk, J., & Sharp, B. (2003). Measuring brand perceptions: Testing quantity and quality. Journal of Targeting, Measurement and Analysis for Marketing, 11(3), 218–229. https://doi.org/10.1057/palgrave.jt.5740079
Sinlae, A. A. J., Nani, P. A., Amaral, M. A. L., Ketmoen, A., Tukan, G. D., & ... (2023). Pelatihan Digital Marketing Untuk Penguatan Kapasitas Bumdes Kecamatan Kupang Barat. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 4(1), 263–270. https://doi.org/10.46306/jabb.v4i1.363
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i3.25389
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: