Pelatihan penulisan artikel ilmiah internasional bereputasi pada dosen Universitas Amikom Purwokerto

Taqwa Hariguna, Retno Waluyo, Dwi Puji Lestari, Nurul Hani

Abstract


Abstrak

Penulisan artikel ilmiah merupakan suatu elemen yang memegang peranan sentral dan vital dalam ekosistem penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan. Seorang dosen ataupun pihak yang mempublikasikan suatu penelitian dapat dikatakan memiliki kapasitas atau kualitas yang tinggi apabila mampu mempublikasikan penelitian dalam jurnal nasional dan jurnal internasional yang bereputasi. Pengindeks Scopus dipandang sebagai tolok ukur yang signifikan bagi jurnal ilmiah, dan kuantitas serta kualitas jurnal yang terindeks di Scopus dapat berdampak pada penulis, perguruan tinggi dan negara. Oleh karena itu, keterampilan menulis artikel ilmiah yang baik dan pemahaman mendalam tentang persyaratan SCOPUS menjadi sangat penting bagi dosen. Banyak akademisi maupun peneliti mungkin merasa terhambat dalam proses menulis artikel ilmiah yang memenuhi kriteria Scopus. Hal ini seringkali melibatkan tantangan dalam memahami prosedur, teknik penulisan yang efektif, dan kriteria yang diperlukan untuk diterbitkan di jurnal Scopus. Agar artikel ilmiah di jurnal internasional bereputasi yang terindeks Scopus, harus melewati berbagai persyaratan. Teknik, sistem dan metodenya harus benar-benar diikuti. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu dilakukan suatu kegiatan pengabdian kepada masyarakat pelatihan penulisan artikel ilmiah international bereputasi. Tujuannya meningkatkan kemampuan dosen dalam membuat artikel ilmiah internasional bereputasi. Hasil dari kegiatan pengabdian telah meningkatkan pengetahuan dosen mengenai cara penulisan artikel ilmiah yang memenuhi standar internasional bereputasi.

 

Kata kunci: pelatihan; artikel ilmiah; internasional

 

Abstract

Writing scientific articles is an element that plays a central and vital role in the scientific research and development ecosystem. A lecturer or party who publishes research can be said to have high capacity or quality if they are able to publish research in reputable national and international journals. The Scopus indexer is seen as a significant benchmark for scientific journals, and the quantity and quality of journals indexed in Scopus can have an impact on authors, universities and the country. Therefore, good scientific article writing skills and an in-depth understanding of SCOPUS requirements are very important for lecturers. Many academics and researchers may feel hampered in the process of writing scientific articles that meet Scopus criteria. This often involves challenges in understanding procedures, effective writing techniques, and the criteria required to publish in a Scopus journal. In order for scientific articles in reputable international journals to be indexed by Scopus, they must pass various requirements. The techniques, systems and methods must be strictly followed. To overcome this, it is necessary to carry out community service activities, training in writing reputable international scientific articles. The aim is to improve lecturers' abilities in creating reputable international scientific articles. The results of service activities have increased lecturers' knowledge regarding how to write scientific articles that meet reputable international standards.

 

Keywords: training; scientific articles; international


Keywords


training; scientific articles; international

Full Text:

PDF

References


Abd. Rahim, Malik, A., Hastuti, diah retno dwi, Syam, U., & Sabar, W. (2020). Pelatihan Teknik Penulisan Artikel Ilmiah Internasional Bereputasi dan Nasional Terakreditasi Mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat "Peluang Dan Tantangan Pengabdian Kepada Masyarakat Yang Inovatif Di Era Kebiasaan Baru”, (April 2022), 9–15.

Armen, Y. G., & Kitas, G. D. (2021). Editorial Strategy to Get a Scholarly Journal Indexed by Schopus. Mediterranean Journal of Rheumatology, 32(1).

Astuti, E., Yunita, P., Tambunan, F., Wahyuni, F. S., & Setiyawati, R. I. (2023). Pelatihan Pengenalan dan Penerapan Aplikasi Komputer Microsoft Excel pada SMU Swasta Dharmawangsa Medan. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 2(1), 50–57. https://doi.org/10.55123/abdikan.v2i1.1660

Baas, J., Schotten, M., Plume, A., Côté, G., & Karimi, R. (2020). Scopus as a curated, high-quality bibliometric data source for academic research in quantitative science studies. Quantitative Science Studies, 1(1), 377–386. https://doi.org/10.1162/qss_a_00019

Cortegiani, A., Manca, A., Lalu, M., & Moher, D. (2020). Inclusion of predatory journals in Scopus is inflating scholars’ metrics and advancing careers. International Journal of Public Health, 65(1). https://doi.org/10.1007/s00038-019-01318-w

Daud, A., Aulia, A. F., Rimayanti, N., & Hardian, M. (2020). A Structured Workshop: an Endeavor To Improve Teachers Competence in Writing Scientific Journal Articles. International Journal of Educational Best Practices (IJEBP), 4(2), 88–98. https://doi.org/10.31258/ijebp.v4n2.p88-99

Firmansyah, A., Qadri, R. A., & Arham, A. (2020). Pelatihan melalui Web Seminar terkait Publikasi Artikel untuk Menembus Jurnal Sinta 2 dan Scopus. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 5(2), 131–138.

Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Jiwandono, I. S. (2021). Peningkatan Kemampuan Penulisan Karya Ilmiah Internasional Bereputasi dengan Faktor Dampak yang Tinggi. Unram Journal of Community Service, 1(1), 6–11. https://doi.org/10.29303/ujcs.v1i1.5

Halim, A., Noor, L. S., Hita, I. P. A. D., Cahyo, A. D., Risdwiyanto, A., & Utomo, J. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bidang Pendidikan Jasmani. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1601–1606.

Jasiyah, R., Saifullah, saifullah, Hasnah, S., Waangsir, F. W. F., Dewi, R. A. P. K., & Marpaung, M. P. (2023). Pelatihan penulis artikel ilmiah terindeks scopus. Communnity Development Journal, 4(4), 7687–7692.

Karomah, B., & Rukmana, R. M. (2022). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Untuk Meningkatkan Profesionalisme Mahasiswa Dalam Menyusun Artikel Ilmiah Dan Publikasi Di Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta. Journal of Social Outreach, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.15548/jso.v1i2.3914

Nasution, A. K. P., Daulay, L. A., Alianur, M., Aini, N., & Munandar, I. (2023). Workshop Roadmap Ke Jurnal Terindeks Scopus: Panduan Praktis Menulis Artikel. JPMA - Jurnal Pengabdian Masyarakat As-Salam, 3(2), 47–56. https://doi.org/10.37249/jpma.v3i2.691

Ninasari, A., Hikmah, N., Jenita, J., Zurman, Z., Basir, B., & Febrian, W. D. (2024). Penerapan Aplikasi Spss Dalam Menyusun Artikel Ilmiah Terindeks Scopus. Communnity Development Journal, 5(2), 3794–3799.

Rohmah, N., & Huda, M. A. (2016). Strategi Penigkatan Kemampuan Dosen dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah.(Kabupaten Lamongan). Jurnal Pendidikan, 1(7), 1312–1322.

Thelwall, M., & Sud, P. (2022). Scopus 1900–2020: Growth in articles, abstracts, countries, fields, and journals. Quantitative Science Studies, 3(1), 37–50. https://doi.org/10.1162/qss_a_00177




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i3.25850

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: