Program pengabdian kepada masyarakat nasional: pelatihan digital marketing dan digitalisasi akuntansi bagi UMKM di pulau Madura

Raya Sulistyowati, Dian Anita Nuswantara, Apriana H.J. Fanggidae, Paulina Yuritha Amtiran, Ronald P.C. Fanggidae, Aprilina Susandini, Miftahul Jannah, Ruben M. Nayve Jr, Marisa Intan Prawesti, Danis Maulia

Abstract


Abstrak

Dalam era digital, banyak UMKM yang kesulitan beradaptasi dengan teknologi digital, terutama dalam hal pemasaran dan pengelolaan keuangan. Penelitian ini membahas tentang upaya peningkatan keterampilan UMKM di Madura melalui Program Pengabdian Masyarakat Nasional yang fokus pada pelatihan digital marketing dan digitalisasi akuntansi. Pelatihan ini bertujuan untuk membekali UMKM dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk bersaing di era digital, termasuk strategi pemasaran digital dan penggunaan software akuntansi untuk meningkatkan efisiensi operasional. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah identifikasi masalah, persiapan dan koordinasi, serta pelaksanaan kegiatan. Program ini dilaksanakan melalui kolaborasi antara Universitas Nusa Cendana, Universitas Negeri Surabaya, dan Universitas Trunojoyo Madura. Hasilnya menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan digital para pelaku UMKM yang signifikan, sehingga diharapkan dapat memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan daya saing UMKM di Pulau Madura. Penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan dan peluang dalam implementasi program, memberikan rekomendasi strategis untuk meningkatkan dampaknya, dan berpotensi menjadi model bagi program serupa di daerah lain.

 

Kata kunci : pemasaran digital; digitalisasi akuntansi; pengabdian kepada masyarakat; UMKM

 

Abstract

This research discusses efforts to improve the skills of MSMEs in Madura through the National Community Service Program which focuses on digital marketing training and accounting digitalization. This training aims to equip MSMEs with the skills and knowledge needed to compete in the digital era, including digital marketing strategies and the use of accounting software to improve operational efficiency. This program is carried out through a collaboration between Universitas Nusa Cendana, Universitas Negeri Surabaya, and Universitas Trunojoyo Madura. The results show a significant increase in the understanding and digital skills of MSME actors, so it is expected to expand market reach and increase the competitiveness of MSMEs on Madura Island. The study also identifies challenges and opportunities in program implementation, provides strategic recommendations to increase their impact, and has the potential to serve as a model for similar programs in other regions.

 

Keywords: community service; digital marketing; digitalization of accounting; MSMEs


Keywords


community service; digital marketing; digitalization of accounting; MSMEs

Full Text:

PDF

References


Adrian, A. (2019). Empowerment Strategies Of Micro, Small, Medium Enterprises (Msmes) To Improve Indonesia Export Performance. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 2(04), 50–60. https://doi.org/10.29040/ijebar.v2i04.222

Aliyah, A. H. (2022). Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi, 3(1), 64–72. https://doi.org/10.37058/ wlfr.v3i1.4719

Anjarwati, S., Rosaria Zaena, R., Fitrianingsih, D., & Sulistiana, I. (2023). Pengaruh Digitalisasi Akuntansi terhadap Efisiensi dan Pengurangan Biaya pada Perusahaan Wirausaha UMKM di Kota Bandung. Jurnal Aktiva: Riset Akuntansi Dan Keuangan, 5(1), 57–72.

Anugerah, F. N., & Nuraini, I. (2021). Peran Umkm Dalam Menanggulangi Kemiskinan Di Provinsi Jawa Timur. Jurnal Ilmu Ekonomi JIE, 5(1), 27–41. https://doi.org/10.22219/jie.v5i1.13772

Giones, F., & Brem, A. (2017). Digital Technology Entrepreneurship: A Definition and Research Agenda. Technology Innovation Management Review, 7(5), 44–51. https://doi.org/10.22215/timreview1076

Hafsah, M. . J. (2004). Upaya pengembangan usaha, mikro, kecil, dan menengah UMKM. Jurnal Infoskop, 1(Upaya pengembangan umkm), 1. http://jurnal.unpad.ac.id/sosiohumaniora/article/view/ 12249/6227

Kemenkop UKM. (2023). Dorong UMKM Naik Kelas dan Go Export, Pemerintah Siapkan Ekosistem Pembiayaan yang Terintegrasin. Www.Ekon.Gp.Id, 1–5. https://www.ekon.go.id/publikasi /detail/5318/dorong-umkm-naik-kelas-dan-go-export-pemerintah-siapkan-ekosistem-pembiayaan-yang-terintegrasi

Lubis, Z., Mauladi, K. F., & Irawan, M. R. N. (2020). Penentuan Strategi Pemasaran Dalam Mempertahankan Eksistensi Dan Mengadapi Persaingan (Studi Kasus Pada Gemilang Art Glass Di Modo). Media Mahardhika, 19(1), 59–70. https://doi.org/10.29062/mahardika.v19i1.197

Machin, Muhammad Reza Aulia, Joni Hendra, Elvina Safitri, & Bawono, A. (2023). Keberlanjutan UMKM di Jawa Barat di Tinjau Dari New-era Business : Transformasi Digital, Dividen Digital, dan Kewirausahaan. Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 01–15. https://doi.org/10.52005/bisnisman.v5i1.130

Maulidah, F. L., & Oktafia, R. (2020). Strategi Pengembangan Usaha Kecil Dan Mikro Serta Dampaknya Bagi Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Kweden Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo (Menurut Pandangan Maqashid Syariah). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 571. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i3.1211

Prijanto, W., & Prasetyanto, P. (2020). Potensi Usaha Kecil Mikro (UKM) Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 5(1), 97–117. https://doi.org /10.31002/rep.v5i1.3177

Rizqi, M. A., & Himawan, F. I. (2022). Transformasi Digital dan Peningkatan Kapasitas UKM di Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan Muhammadiyah. Journal of Community Service, 4(1), 14–27.

Sholihin, U. (2024). Meningkatkan Daya Saing Pasar UMKM Melalui Transformasi Digital Ustadus Sholihin Program Doktor Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen Dan E-Commerce, 3(2), 100–114. https://doi.org/10.30640/digital.v3i2.2512

Wika Undari, Anggia Sari Lubis. (2021). Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 6(1), 32–38. https://doi.org/10.32696/jp2sh.v6i1.702




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i3.25935

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: