Optimalisasi labeling, packaging, dan branding potensi produk desa Alai untuk peningkatan nilai jual
Abstract
Abstrak
Desa Alai yang terletak di Kecamatan Lembak Kabupaten Muara Enim merupakan salah satu desa yang berada di Provinsi Sumatera Selatan dengan potensi UMKM produk tahu dan singkong. Namun, UMKM di Desa Alai belum berkembang dan UMKM yang ada masih terbatas dengan kemasan yang kurang memberikan identitas produk. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan nilai jual produk potensial Desa Alai, Sumatera Selatan melalui labeling, packaging, dan branding. Metode pelaksanaan kegiatan yang digunakan adalah metode ceramah yang terdiri dari tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan selama dua hari dengan jumlah peserta 32 orang yang merupakan pelaku UMKM tahu dan petani singkong di Desa Alai. Hasil pelaksanaan Kegiatan menunjukkan 85% peserta merasa pelatihan sangat bermanfaat, mudah dipahami, dan memberikan wawasan baru. Kegiatan ini meningkatkan kesadaran bagi peserta tentang pentingnya pemasaran visual dalam persaingan pasar. pemberdayaan pelaku UMKM tahu dan petani singkong di Desa Alai juga dapat mengoptimalkan pemasaran produk mereka agar dapat bersaing di pasar yang lebih luas.
Kata kunci: label; kemasan; merek; nilai jual.
Abstract
Alai Village, located in Lembak District, Muara Enim Regency, is one of the villages in South Sumatra Alai Village, located in Lembak District, Muara Enim Regency, is one of the villages in South Sumatra Province with the potential for tofu and cassava product MSMEs. However, MSMEs in Alai Village have not developed and existing MSMEs are still limited with packaging that does not provide product identity. This socialization activity aims to increase the selling value of potential products in Alai Village, South Sumatra through labeling, packaging, and branding. The method of activity implementation used is the lecture method which consists of three stages, namely preparation, implementation, and evaluation. This socialization activity was carried out for two days with 32 participants who were tofu MSME players and cassava farmers in Alai Village. The results of the activity showed that 85% of participants felt that the training was very useful, easy to understand, and provided new insights. This activity increases awareness about the importance of visual marketing in market competition. empowerment of tofu MSME players and cassava farmers in Alai Village can also optimize the marketing of their products in order to compete in a wider market.
Keywords: labeling; packaging; branding; selling value.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, M., Kambau, R., Rahman, S., Sudirman, M., Jamilah, J., Nurhira, K., Junaid, S., Nur, S., Parmitasari, R., Nurdiyanah, N., Jarot, W., & Wahid, M. (20022). Metodologi Pengabdian Masyarakat (S. Suwendi, A. Abd, B. Basir, & J. Wahyudi (eds.); I). Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI.
Ardhanari, M., & Nugrohadi, G. E. (2022). Pendampingan Packaging Dan Branding Pada Umkm Produk Khas Olahan Hasil Laut Di Kelurahan Sukolilo Baru – Kenjeran, Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Applied, 1(1), 18–24. https://doi.org/10.19184/jpma.v1i1.31415
Devi, A. W., & Firmansyah, F. (2024). Strategi Green Marketing , Harga , Dan Brand equity : Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Homecare. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 10(01), 86–99.
Dwirati, L., Melati, R., Sulistia, A. W., Ridho Amirsyah Putra, M., Veronica, M., Bahrul Ulum, M., & Hendarmin, R. (2023). Pengenalan Branding dan Packaging dalam Meningkatkan Penjualan pada UMKM Kemplang Ubu di Desa Talang Nangka, Kecamatan Lembak. Journal of Human And Education, 3(3), 83–87.
Emilda, E., Lazuarni, S., Kholis, K. M. N., Roswaty, R., Syafitri, L., & Handayani, S. (2024). Pembuatan Tepung Mocaf (Modified Cassava Flour) sebagai Upaya Optimalisasi Komoditas Lokal. 8(2), 3–4.
Emilda, E., Wulandari, T., & Lazuarni, S. (2022). Pendampingan UMKM Penjual Jamu dalam Meningkatkan Penjualan melalui Kemasan, Merek, dan Label. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 5(1), 53–60.
Feby, A., Prawesti, W., Christyanti, A., Sari, A. N., Cahyani, S. A., & Achmad, Z. A. (2023). Implementasi Pendampingan Digital Branding dan Packaging pada UMKM Omah Dayang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 5(2), 85–96. https://doi.org/https://doi.org/10.57214/pengabmas.v5i2.303
Fiorentina, Y., Nurkholis, K. M., Emilda, E., & Lazuarni, S. (2023). Pemberdayaan wanita tani melalui pelatihan pengolahan singkong untuk meningkatkan potensi wirausaha. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(5), 4939–4946.
Irawan, D., & Affan, M. W. (2020). Pendampingan Branding Dan Packaging Umkm Ikatan Pengusaha Aisyiyah Di Kota Malang. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat (Janayu), 1(1), 32–36. https://doi.org/10.22219/janayu.v1i1.11188
Iskandar, J., Sari, Y. K., & Fathurrohim, A. (2023). Pelatihan Desain Mockup dan Logo Sebagai Branding Produk Untuk Meningkatkan Nilai Jual Bagi UMKM di Desa Rejotangan Kabupaten Tulungagung. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(8), 1417–1424. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i8.373
Kadi Ari, C. D., Fauzi Ananta, U. R., Damayanti, Y. R., & Yani Mustika, E. K. (2023). Labeling, Packaging, Dan Branding Sebagai Peningkatan Minat Beli Konsumen Pada Umkm Selai Srikaya Jumbo Desa Pupus Lembeyan Magetan. Citakarya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–12.
Khusna, S. W., Alifiyah, F., Fisabilillah, N., Iskandar, M., & Falakh, I. (2023). Peningkatan Nilai Jual Produk Melalui Labeling Kemasan Pada Produk Umkm Desa Lenggerong. Prosiding Kampelnas, 2(1), 293–303.
Kusumadewi, R. N., & Dkk. (2023). Pendampingan Labeling dan Packaging Dalam Upaya Membangun Branding UKM Jamur Tiram Desa Ujungberung Kabupaten Majalengka. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 4(No. 2), Hal. 1399.
Lazuarni, S., Roswaty, R., Syafitri, L., Ramadhanty, D. N., & Barika, Z. (2024). Pelatihan Desain Packaging Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Tarik Dan Branding Umkm Lokal. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 375–382. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v5i1.4125
Maulia, R. I., Saputra, P. A., Khoiriyah, L. B., & ... (2024). Pelatihan Branding Produk dan Digital Marketing Bagi UMKM Desa Podoroto. BERNAS: Jurnal …, 5(2), 1351–1357.
Noviyani, A., Panjaitan, R., & Saputro, E. A. (2023). Peningkatan Nilai Jual Susu Kefir Melalui Inovasi Kemasan Di Desa Giripurno. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 267–271. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v7i2.1737
Sulaeman, Alqifari, M., Junarta, H., & Wijaya Kusuma, K. I. (2024). BRANDING PENGEMBANGAN UMKM KOPI SAJANG KABUPATEN LOMBOK TIMUR MELALUI EDUKASI LABELING , PACKEGING SERTA DIGITAL MARKETING. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT LICHEN INSITUT, 1(1), 1–8.
Susanti, E., Wijaya, A. H., & Yonita, R. (2022). Tata Kelola E-Marketing Produk Umkm Nagari Duo Koto, Tanjung Raya, Kabupaten Agam. MONSU’ANI TANO Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 29. https://doi.org/10.32529/tano.v5i1.1367
Wayan Ayu Diana Lestari, Jurana Jurana, & Nur Riski Islianty. (2023). Peranan Merek (Labeling) Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Olahan Instan Jahe UMKM Desa Enu Kecamatan Sindue Kabupaten Donggala. Jurnal Manajemen Kreatif Dan Inovasi, 1(2), 53–58. https://doi.org/10.59581/jmki-widyakarya.v1i2.63
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i3.25986
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: