Sosialisasi manajemen berbasis sekolah dan supervisi pendidikan pondok pesantren Assohwah Al-Islamiyah Gerung Lombok Barat
Abstract
Abstrak
Sosialisasi Manajemen Berbasis Sekolah dan Supervisi Pendidikan dilaksanakan bertujuan untuk membantu pimpinan yayasan, kepala sekolah, guru, dan mahasiswa pendidikan sejarah dalam mengembangkan pengelolaan sekolah dan Pondok Pesantren. Mempersiapkan dan pelaksanaan kegiatan untuk mewujudkan solusi yang ditawarkan dilaksanakan secara bersama anggota tim pengusul dengan mitra. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan di Sekolah MTs- IT Pondok Pesantren Assohwah Al-Islamiyah Gerung Lombok Barat. Pelaksanaan kegiatan diadakan pada tanggal 09 Juli 2024, selama 1 hari yang dihadiri oleh 25 orang yang dihadiri oleh pimpinan yayasan, kepala sekolah, guru dan mahasiswa pendidikan sejarah. Pembahasan materi yang disampaikan bermanfaat untuk mengingkatkan kembali menajemen berbasis sekolah dan pengelolaan sekolah yang lebih baik. Kegiatan dapat peningkatan mutu pelayanan pendidikan di sekolah dan pimpinan yayasan dan kepala sekolah perlu memperhatikan unsur pengelola pendidikan untuk menentukan kemajuan sekolah.
Kata Kunci: sosialisasi manajemen; supervisi pendidikan; Assohwah Al-Islamiyah
Abstract
The Socialization of School-Based Management and Educational Supervision was a resounding success. It helped foundation leaders, principals, teachers, and history education students develop school management and Islamic boarding schools.The proposing team and partners collaboratively prepared and implemented activities to realize the offered solutions. These activities were implemented at the MTs-IT School of Assohwah Al-Islamiyah Islamic Boarding School in Gerung, West Lombok. The event took place on July 9, 2024, spanning a single day, and was attended by 25 individuals, including foundation leaders, principals, teachers, and history education students.The discussion of the material presented proved to be invaluable in enhancing school-based management and improving the quality of education services in schools. It is imperative for foundation leaders and school principals to prioritize the elements of education management to effectively assess school progress.
Keywords: management socialization; education supervision; Assohwah Al-Islamiyah
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Sobari. (2020). Implementasi Kebijakan Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia Aparatur Di Kabupaten Tangerang Provinsi Banten. VISIONER : Jurnal Pemerintahan Daerah Di Indonesia, 11(1), 65–73. https://doi.org/10.54783/jv.v11i1.184
Bangun, E. (2023). Praktik Baik Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kinerja Profesional Guru SMA Negeri 1 Kabanjahe. 4(3), 351–359.
Bloom, N., & Reenen, J. Van. (2013). Tujuan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). NBER Working Papers, 89.
Churdaini, M. (2020). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Smp Negeri 17 Purworejo. Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 4(1), 21–33. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v4i1.208
Di, P., & Rejang, M. I. N. (2023). Jurnal Literasiologi Volume 9 Nomor 3 DOI : 9, 65–77.
Faizah, H., & Kamal, R. (2024). Supervisi Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Kompetensi Guru. Jurnal Basicedu, 8(1), 466–467.
Jumari. (2017). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (Mbs) Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sma Negeri 1 Raman Utara Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM METRO, 2(2), 164–178.
Mbuik, H. B., Fallo, D., & Nitte, Y. (2021). PENDIDIKAN. 1(1), 44–49.
Mulyasa. (2014). Konsep-Konsep Dasar Manajemen Berbasis Sekolah. Kekinian, 1–40.
Pembelajaran, M. M. (2024). 1,2,3,4. 09(September).
Putri Ramasari, & Syajida Syajida. (2023). Supervisi Dan Pengawasan Dalam Pendidikan. Journal Innovation In Education, 1(4), 22–29. https://doi.org/10.59841/inoved.v1i4.573
Rahmansyah, M. F. (2021). Merdeka Belajar: Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran di Sekolah/Madrasah. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 47–52. https://doi.org/10.18860/rosikhun.v1i1.13905
Sukmanasa, E. (2016). Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar Negeri Kencana 3 Bukit Cimanggu Bogor. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 348–356. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v8i1.4912
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i4.26029
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: