Pelatihan pembuatan desain logo/merek/template design promosi dengan aplikasi Canva di kelurahan Kebayoran Lama Jakarta Selatan
Abstract
Abstrak
Perkembangan teknologi digital yang pesat memaksa pelaku UMKM harus mampu berkomunikasi secara visual dengan pelanggan maupun calon pelanggan. Logo merupakan salah satu bentuk representasi komunikasi visual, oleh karenanya pembuatan desain logo yang tepat menjadi penting karena dapat menjadi media promosi yang baik. Aplikasi Canva menjadi salah satu aplikasi teknologi yang memudahkan pelaku UMKM membuat desain logo yang tepat dan murah. Sebagai upaya untuk berkontribusi dalam meningatkan kemampuan pelaku UMKM, maka kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini dilakukan. Kegiatan PKM dilakukan di Kelurahan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Kegiatan ini dilakukan menggunakan metode ceramah, praktik desain logo dan evaluasi menggunakan pretest dan posttest. Mitra kegiatan PKM ini berjumlah 44 orang. Hasil evaluasi menunjukkan nilai rata-rata pengetahuan mitra sebelum dilakukan pelatihan sebesar 22,27% dan setelah dilakukan pelatihan nilai rata-rata pengetahuan mitra menjadi 95,45% sehingga terjadi peningkatan pengetahuan mitra tentang aplikasi Canva sebesar 73,18%.
Kata kunci: desain grafis; canva; UMKM.
Abstract
The development of digital technology forces MSMEs to be able to communicate visually with customers and potential customers. A logo is a form of visual communication representation; therefore, creating the right design is essential because it can be an excellent promotional medium. The Canva application is a technology application that makes it easier for MSMEs to develop appropriate and cheap logo designs. As an effort to contribute to improving the capabilities of MSME actors, this community service (PKM) activity was carried out. PKM activities were carried out in Kebayoran Lama Village, South Jakarta. This activity was carried out using the socialization method, logo design practice and evaluation using pretest and posttest. There are 44 partners for this PKM activity. The evaluation results show that the average partner knowledge value before the training was 22.27% and after the training0 the average partner knowledge value was 95.45%, increasing partner knowledge about Canva by 73.18%.
Keywords: graphic design; canva; MSMEs.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ainun, N., Wahida, A., & Maming, R. (2023). Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Branding Pada UMKM. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 6(1), 674–681. Https://Doi.Org/10.36778/Jesya.V6i1.967
Alia, P. A., Prayogo, J. S., Kriswibowo, R., Setyawan, A. B., & Febriana, R. Widha. (2024). Pengembangan Keterampilan Desain Interaktif Dan Serbaguna Dalam Era Society 5.0 Dengan Menggunakan Canva. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi Ipteks, 2(3), 977–983.
Ariescy, R. R., Mawardi, A. I., Sholihatin, E., & Aprilisanda, I. D. (2021). Inovasi Pemasaran Produk UMKM Dalam Meningkatkan Daya Saing. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 6(1), 418–432. Http:Jim.Unsyiah.Ac.Id/Ekm
Arifudin, D., Heryanti, L., & Pramesti, D. (2021). Pelatihan Desain Mockup Dan Logo Sebagai Branding Produk Untuk Meningkatkan Nilai Jual Bagi UMKM. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(5), 2640–2651. Https://Doi.Org/10.31764/Jmm.V5i5.5847
Endra, R. Y., Redaputri, A. P., Dunan, H., Aprinisa, Syahputra, M. B., & Handayani, A. (2024). Pelatihan Design Dengan Canva Untuk UMKM Sebagai Sarana Promosi Produk Di Desa Ganjar Asri Metro. Jurnal Pengabdian Umkm, 3(1), 32–38. Https://Jpu.Ubl.Ac.Id/Index.Php/Jpu
Jonathan, A. C., & Valentina, A. (2023). Peran Desain Grafis Pada Peningkatan Brand Awareness Konten Media Sosial Instagram Brand K. Jurnal Serina Sosial Humaniora, 1(3), 108–116. Https://Doi.Org/10.24912/Jssh.V1i3.28357
Nastain, M. (2017). Branding Dan Eksistensi Produk (Kajian Teoritik Konsep Branding Dan Tantangan Eksistensi Produk). Channel, 5(1), 14–26.
Noviandari, Ritan, D., & Nugroho, M. K. A. (2024). Pelatihan Membuat Logo Dan Kemasan Menggunakan Aplikasi Canva Pada UMKM Desa Gondang. 827–838.
Novitasari, D., Marlinda, N. L. P. M., Agetania, N. L. P., Thalib, E. F., & Ratnaningrum, L. P. R. A. (2022). Pelatihan Kolaborasi Membuat Logo Kemasan Produk Menggunakan Aplikasi Canva. Sinaptek, 5, 45–52.
Rosmegawati. (2022). Peran Aspek Pemasaran Digital Dalam Penjualan UMKM Pangan. Prosiding Seminar Nasional Universitas Borobudur .
Suwandi, A., Susanti, & Nisrina. (2023). Pengembangan Logo Pada Produk Sebagai Branding UMKM Di Desa Wisata Kertarahayu. Journal Of Tourism And Creativity, 7(2), 108–112. Https://Jurnal.Unej.Ac.Id/Index.Php/Tourismjournal/Index
Viano, M. R. O., Saefullah, Moch. A. S., Iskandar, R., Rusmana, O., & Purwanggono, I. (2023). Strategi Inovasi Branding Dan Marketing Dalam Pengembangan Produk Potensi Desa Dalam Upaya Peningkatan Kognitif Masyarakat Desa Neglasari Kecamatan Cisompet Kabupaten Garut. Masyarakat Pariwisata: Journal Of Community Services In Tourism, 4(1), 26–32. Https://Doi.Org/10.34013/Mp.V4i1.1360
Widyana, A. I., & Waluyanto, H. D. (2022). Pengembangan Kreativitas Desainer Melalui Aplikasi Grafis Dalam Perancangan Desain Komunikasi Visual.
Zettira, S. B. Z., Febrianti, N. A., Anggraini, Z. A., Prasetyo, M. A. W., & Tripustikasari, E. (2022). Pelatihan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Kreativitas Desain Promosi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 2(2), 99–105. Https://Doi.Org/10.37640/Japd.V2i2.1524
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i3.26220
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: