Pelatihan kewirausahaan e-commerce sebagai peluang usaha di era digital ini dirancang untuk memperkuat kapasitas pemuda-pemudi desa Kadumaneuh
Abstract
Abstrak
Pelatihan kewirausahaan E-Commerce sebagai Peluang Usaha di Era Digital ini dirancang untuk memperkuat kapasitas pemuda-pemudi desa kadumaneuh dalam menghadapi perubahan serta memanfaatkan peluang ekonomi yang berkembang di era digital. Kurangnya pemahaman pemuda pemudi mengakibatkan mereka kesulitan untuk memanfaatkan peluang bisnis yang ada di era digital, Tim PKM dari Universitas Yarsi menyelenggarakan pelatihan ini agar membekali pemuda pemudi dengan pengetahuan dan keterampilan yang relevan dalam e-commerce agar pemuda-pemudi desa lebih siap bersaing dan berinovasi. Masyarakat dan para pemuda pemudi, serta prangkat Desa yang berjumlah 20 orang berpartisipasi dalam pelatihan ini terlibat secara aktif melalui metode yang meliputi ceramah, diskusi, dan praktik. Hasil dari kegiatan PKM menunjukkan bahwa nilai Pre-Test mencapai 43%, sementara setelah pelatihan dilaksanakan, nilai Post-Test meningkat menjadi 98%. Hal ini menandakan adanya peningkatan pengetahuan yang signifikan di kalangan pemuda-pemudi desa, di mana hampir seluruh peserta telah memahami konsep kewirausahaan, bisnis digital, serta E-Commerce. Diharapkan, program ini tidak hanya meningkatkan kesejahteraan individu peserta, tetapi juga berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi lokal dengan memanfaatkan digitalisasi sebagai penggerak utama dalam pengembangan usaha di desa.
Kata kunci: kewirausahaan; sosial media; e-commerce.
Abstract
E-Commerce entrepreneurship training as a Business Opportunity in the Digital Era is designed to strengthen the capacity of kadumaneuh village youth in facing changes and utilizing economic opportunities that develop in the digital era. The lack of understanding of young people makes it difficult for them to take advantage of business opportunities that exist in the digital era, the PKM Team from Yarsi University organized this training to equip young people with relevant knowledge and skills in e-commerce so that village youth are better prepared to compete and innovate. The community and young people, as well as village officials totaling 20 people participated in this training were actively involved through methods including lectures, discussions, and practices. The results of the PKM activities showed that the Pre-Test score reached 43%, while after the training was carried out, the Post-Test score increased to 98%. This indicates a significant increase in knowledge among the village youth, where almost all participants have understood the concepts of entrepreneurship, digital business, and E-Commerce. It is hoped that this program will not only improve the welfare of individual participants, but also have a positive impact on local economic growth by utilizing digitalization as the main driver in business development in the village.
Keywords: entrepreneurship; social media; e-commerce
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bănescu, C. E., Țițan, E., & Manea, D. (2022). The Impact of E-Commerce on the Labor Market. Sustainability (Switzerland), 14(9). https://doi.org/10.3390/su14095086
Farhan, A., & Roroa, A. F. (2024). Strategi Maksimalisasi Teknologi E-Commerce Dalam Meningkatkan Kinerja Bisnis di Era Digital. Journal Of Social Science Research. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.9066
Fodhil, mohammad, Amaliah, siti, & Wardani, R. N. (2021). Membentuk Jiwa Entrepreneur Mandiri Kreatif Produktif Di Masa Pandemi. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat.
Indrayani, L., Permadi, W. B., Arini, D. U., & Amin, P. (2021). Menciptakan wirausaha milenial dalam pelatihan strategi perencanaan bisnis. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat , 95–104.
Krisdiawan, R. A., & Yulyanto, D. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Internet Dibidang E-Commerce Dalam Meningkatkan Jangkauan Pemasaran Produk Umkm Desa Pamulihan Kecamatan Subang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 130–134.
Kurniawan, K., Silaban, B., & Silaban, F. A. (2022). Penyuluhan Pemasaran E-Commerce Untuk Meningkatkan. NEAR: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.32877/nr.v2i1.574
Oktavianty, & Agit, A. (2023). Penerapan Penggunaan E-Payment Sebagai Upaya Peningkatan Adaptabilitas UMKM Terhadap Transformasi Digital. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 232–243. https://doi.org/https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i2.30103
Rehatalanit, Y. L. R. (2021). PERAN E-COMMERCE DALAM PENGEMBANGAN BISNIS. Jurnal Teknologi Industri. https://doi.org/https://doi.org/10.35968/jti.v5i0.764
Suhardi, Y., Pragiwani, M., Zulkarnaini, Z., Darmawan, A., & Sakti, S. H. (2023). Kewirausahaan Di Era Digital. BERDAYA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 229–236. https://doi.org/10.36407/berdaya.v5i3.1143
Waqfin, M. saat ibnu, Komari, M., Andriani, R., & Muhibuddin, A. (2021). Strategi Branding untuk Membangun Identitas Brand dalam Meningkatkan Pemasaran di Desa Bandarkedungmulyo Jombang. 2(1), 2774–6755.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i3.26228
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: