Pendampingan mendesain media pembelajaran berbasis etnomatika pada guru sekolah dasar
Abstract
Abstrak
Artikel ini sebagai laporan kegiatan kolaborasi dosen, mahasiswa, dan guru di kota Makassar sebagai upaya meningkatkan kreativitas guru menggunakan media pembelajaran yang menarik dengan mengaitkan budaya lokal Sulawesi Selatan. Tujuan dilaksanakan pengabdian ini untuk melakukan pendampingan mendesain media pembelajaran berbasis etnomatika pada guru sekolah dasar. Pelaksanaan kegiatan ini di salah satu sekolah di kota Makassar, yakni UPT SPF SD Inpres Manggala. Kegiatan diawali dengan sosialisasi media pembelajaran berbasis etnomatematika dilakukan dengan metode ceramah disertai pemberian contoh sederhana yang bisa guru pahami, kemudian mengenalkan jenis-jenis aplikasi yang bisa digunakan membuat dan mengembangkan media pembelajaran dan contoh menggunakan aplikasi membuat media pembelajaran etnomatika. Guru diberikan tantangan untuk merancang dan mengembangkan media pembelajaran berbasis etnomatika sesuai contoh-contoh media pembelajaran yang diberikan, untuk selanjutnya berkolaborasi merancang desain yang baru. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa guru dapat menggunakan beberapa budaya dan kearifan lokal Sulawesi Selatan dalam mengembangkan media pembelajaran etnomatika. Selain itu guru juga mampu memeragakan penggunaan media pembelajaran berbasis etnomatematika dengan baik.
Kata kunci: pendampingan; media pembelajaran; etnomatika.
Abstract
This article is a report on collaborative activities of lecturers, students and teachers in the city of Makassar as an effort to increase teacher creativity using interesting learning media that links the local culture of South Sulawesi. The aim of this service is to provide assistance in designing ethnomatics-based learning media for elementary school teachers. This activity was carried out in one of the schools in Makassar city, namely UPT SPF SD Inpres Manggala. The activity begins with the socialization of ethnomathematics-based learning media using the lecture method accompanied by simple examples that teachers can understand, then introduces the types of applications that can be used to create and develop learning media and examples of using applications to create ethnomatics learning media. Teachers are given the challenge to design and develop ethnomatics-based learning media according to the examples of learning media provided, then collaborate to design new designs. The results of the service show that teachers can use some of the local culture and wisdom of South Sulawesi in developing ethnomatics learning media. Apart from that, teachers are also able to demonstrate the use of ethnomathematics-based learning media well.
Keywords: mentoring; instructional media; ethnomatics.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Angraini F, Erita S, Oktafia M, Yanty E, Nasution P, Matematika T, et al. Pengembangan Media Pembelajaran Flipchart Berbasis Etnomatematika. Prox J Penelit Mat dan Pendidik Mat. 2023;6(2):196–207.
Cesaria A, Fitri DY, Rahmat W. Ethnomathematic Exploration Based on Realistic Mathematics Education (RME) in the Traditional Game “Lore.” AKSIOMA J Progr Stud Pendidik Mat. 2022;11(2):1630–9.
Efendi Y, Nasution T, Yanti R, Riau SA. Meningkatkan kemampuan Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Etnomatika. CommunityEducation Engagem J. 2023;5(1):1–13.
Gemilang D. Teaching Media in the Teaching of Arabic Language / Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Bahasa Arab. ATHLA J Arab Teaching, Linguist Lit. 2020;(1):49–64.
Harsiwi UB, Dewi Arini LD. Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. J BASICEDU. 2020;4(4):1104–13.
Indriyani L. Pemanfaatan media pembelajaran dalam proses belajar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kognitif siswa. In: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. 2019. p. 17–26.
Irawan A, Lestari M, Rahayu W. Konsep Etnomatematika Batik Tradisional Jawa Sebagai Pengembangan Media Pembelajaran Matematika. Sch J Pendidik dan Kebud. 2022;12(1):39–45.
Jauhari MI. Peran media pembelajaran dalam pendidikan islam. Piwulang J Pendidik Agama Islam. 2018;1(1):54–67.
Kumala FZ, Tsabitah AN. Ethnomathematics: Learning geometry from banyumas batik patterns. Int J Econ Educ Entrep. 2022;2(3):537–51.
Mawardi M. Merancang Model dan Media Pembelajaran. Sch J Pendidik Dan Kebud. 2018;8(1):26–40.
Muhammad I. Penelitian Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika (1995-2023). EDUKASIA J Pendidik dan Pembelajaran. 2023;4(1):427–38.
Mukarromah A, Andriana M. Peranan Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran. J Sci Educ Res. 2022;1(1).
Nomleni FT, Manu TSN. Pengembangan media audio visual dan alat peraga dalam meningkatkan pemahaman konsep dan pemecahan masalah. Sch J Pendidik Dan Kebud. 2018;8(3):219–30.
Nugraha NW, Novaliyosi N. Media Pembelajaran Berbasis Etnomatematika: Systematic Literature Review. J Lebesgue J Ilm Pendidik Mat Mat dan Stat. 2023;4(1):477–90.
Rahman SA, Kosasih U, ... Perancangan Media Pembelajaran Etnomatematika untuk Guru Sekolah Dasar di Kota Bandung. VIVABIO J … [Internet]. 2022;4:92–7. Available from: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/vivabio/article/view/42988
Rejeki, Adnan MF, Siregar PS. Pemanfaatan Media Pembelajaran Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. J BASICEDU. 2020;4(2):337–43.
Surya S, Napfiah S. Studi Etnomatematika: Bangun Datar Pada Motif Seni Rumah Budaya Sumba. J Ilm Mat Realis. 2023;4(1):102–11.
Wulandari AP, Salsabila AA, Cahyani K, Nurazizah TS, Ulfiah Z. Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. J Educ. 2023;5(2):3928–36.
Zahwa FA, Syafi’i I. Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilib J Penelit Pendidik dan Ekon. 2022;19(01):61–78
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i3.26543
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: