PENINGKATAN KETRAMPILAN PEMASARAN DIGITAL MELALUI INOVASI VILLEX (VIRTUAL VILLAGE EXPLORATION) DI KAMPUNG KEPOH

Tatas Transinata, Shinta Pratiwi, Ahmad BH Kuncoro

Abstract


ABSTRAK

Teknologi memiliki potensi dan fungsi untuk membantu sekaligus memajukan sebuah peradaban dan masyarakat. Inovasi dari teknologi tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan dan mengeksplorasi Kampung yang memiliki kekayaan dan potensi di dalamnya. Salah satunya adalah Kelompok Kampung Wisata Kepoh Nongkosawit yang didalamnya memiliki keunikan berupa 90% masyarakatnya adalah pelaku usaha ekonomi mandiri. Pada tiap rumah mereka memiliki usaha masing – masing antara lain kuliner, snack, souvenir, handicraft, kelontongan, edukasi, dan olahan hasil bumi. Tujuan dari Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah memberikan pelatihan tentang Inovasi Aplikasi VILLEX (Virtual Village Exploration) untuk meningkatkan ketrampilan pemasaran dan eksplorasi potensi wilayah Kampung wisata Kepoh Nongkosawit. Inovasi ini memberikan data yang sangat detail dan jelas kepada pengguna dan konsumennya, di dalamnya terdapat menu Virtual Village, Scan Barcode untuk ekspo Wisata, profile, akses lokasi, media sosial, dan menu produk. Metode kegiatan pengabdian ini berupa pelatihan, sosialisasi, dan pendampingan pemanfaatan inovasi VILLEX. Peserta pada pengabdian ini berjumlah 15 Badan Usaha yang berada satu wilayah Kampung Kepoh. Metode pengabdian menggunakan sosilisasi, pelatihan dan evaluasi berkelanjutan. Pengabdian ini memberikan peningkatan ketrampilan dan pengetahuan mengenai pemasaran dan eksplorasi wilayah. Dengan adanya VILLEX pelaku usaha menjadi lebih terampil, mandiri, berdaya, dan produknya lebih banyak dikenal.

 

Kata kunci: VILLEX; virtual village; kepoh; nongkosawit

 

ABSTRACT

Technology has the potential and function to help and advance civilization and society. Innovations from this technology can be used to optimize and explore villages that have wealth and potential within them. One of them is the Kepoh Nongkosawit Tourism Village Group, which is unique in that 90% of its people are independent economic entrepreneurs. In each house they have their own businesses, including culinary, snacks, souvenirs, handicrafts, grocery, education and processed agricultural products. The aim of this Community Service is to provide training on the VILLEX (Virtual Village Exploration) Application Innovation to improve marketing skills and explore the potential of the Kepoh Nongkosawit tourist village area. This innovation provides very detailed and clear data to users and consumers, in which there is a Virtual Village menu, Scan Barcodes for tourism expos, profiles, location access, social media and product menus. The method of this service activity is in the form of training, socialization and assistance in the use of VILLEX innovation. Participants in this service numbered 15 Business Entities located in the Kampung Kepoh area. The service method uses outreach, training and continuous evaluation. This service provides increased skills and knowledge regarding regional marketing and exploration. With VILLEX, business actors become more skilled, independent, empowered, and their products are more widely known.

 

 

Keywords: VILLEX; virtual village; kepoh; nongkosawit


Keywords


VILLEX; virtual village; kepoh; nongkosawit

Full Text:

PDF

References


Djuwendah, E., Rasmikayati, E., Saefudin, B. R., & Hasbiansyah, O. (2024). Tata kelola agroeduwisata di kampung Pasir Angling dan taman Bincarung , desa Suntenjaya. 8, 1742–1752.

Ismailia, T., Miqawati, A. H., Wijayanti, F., Sasmita, S. H. P., & Denadia, U. (2021). Pengembangan Media Promosi Booklet Sebagai Sarana Promosi Kedai Nyosoe Cak Nanang Di Desa Kemuning Lor Kabupaten Jember. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 891. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6324

Jamilah, W. N., Somantri, Q. A., Firnanda, I., Shopyani, W., Syachdilla, D., Mustika, H., Nurintan, S. S., Kirana, A., Octavia, R., Dayant, I., & Suparman, A. (2023). Peran Media Sosial Dalam Pengembangan Desa Wisata Religi Nangka Beurit. Community Develop,Ent Journal, 4(4), 9018–9024.

Laila, V., & Rochmaniah, A. (2024). Pendampingan digital marketing melalui penjualan online pada UMKM “ Pawon Menthik .” 8, 988–995.

Publik, J. R. (2023). PERUBAHAN SOSIAL PASCA PEMBANGUNAN KAMPUNG HERITAGE PROVINSI JAWA TIMUR Jurusan Administrasi Publik , Fakultas Ilmu Administrasi , Universitas Islam Malang Jl . MT Haryono 193 Malang , 65144 , Indonesia Email : [email protected]. 17(13), 70–80.

Qadiri, F. S., & Wicaksono, I. (2023). Inovasi Digital Berbasis Aplikasi Mall Desa dalam Sektor Pengembangan Desa Wisata Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Pubmedia Social Sciences and Humanities, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.47134/pssh.v1i2.115

Rachmat, S. N., Haes, P. E., Puspitadewi, M. A. A., Wirasanti, G. A. P., & Abubakrin, K. P. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Perancangan Video Branding Desa Wisata Cau Belayu Kabupaten Tabanan. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 235. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7703

Rahmawati, M. N. (2024). … Platform Pengembangan Pariwisata Asterdewi (Asistensi Tour Guide Desa Wisata) Dalam Menunjang Digitalisasi Desa Wisata. Prosiding Seminar Nasional Kemahasiswaan, 1, 123–130. https://journal.untidar.ac.id/index.php/pemberdayaandesa/article/view/1745%0Ahttps://journal.untidar.ac.id/index.php/pemberdayaandesa/article/download/1745/680

Rifai, T. (2017). Tourism and the Sustainable Development Goals – Journey to 2030. In Tourism and the Sustainable Development Goals – Journey to 2030. https://doi.org/10.18111/9789284419401

Sihite, H. Y. (2023). Pengembangan Desa Wisata Dengan Pendekatan Digital Tourism Pada Desa Wisata Kampung Terih Kec. Nongsa Batam. Jurnal Bisnis & Teknologi Politeknik NSC Surabaya, 10(1), 17–22.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i4.26580

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: