Pemberdayaan UMKM Sinar Berkah melalui penguatan produk unggulan pendukung Desa Wisata Cerdas Desa Munding

M. Burhan Rubai Wijaya, Astrilia Damayanti, Widi Widayat, Adhetya Kurniawan, Moh. Rizal Ar Rasyid, Taufan Satya Wiguna, Fadlurrohman Fadlurrohman

Abstract


Abstrak

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk menguatkan produk unggulan UMKM” Sinar Berkah” Pendukung Desa Wisata Cerdas Desa Munding melalui pemberdayaan potensi produk UMKM di Desa Wisata wisata cerdas Munding sebagai daya Tarik objek wisata alam Curug Tirto Wening di Kawasan Desa Munding Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang. Dalam pelaksanaan pengabdian ini, Tim pelaksana menggunakan tiga metode yaitu metode wawancara, observasi dan analisis SWOT. Perkembangan wisata alam tirto wening yang cepat perlu didukung produk-produk unggulan UMKM sebagai daya tarik pengunjung wisata, dimana masyarakat Desa Munding  menyajikan produk unggulan UMKM “Sinar Berkah”, seperti sayur-sayuran, daun bawang (onclang) dan berbagai produk unggulan makanan khas Desa yaitu  Kripik  OncLang,  Jamu Gendong Kopi  KopLak, Lonto  DimcLang,  Aneka  Jajan  Pasar, Aneka kerajinan Rotan, Kran bunga papan dan yang masih daLam pengembangan untuk menuju Desa Wisata Cerdas.

 

Kata kunci: UMKM; produk unggulan; desa wisata cerdas; Curug Tirtowening.

 

Abstract

This Community Service Activity (PKM) aims to strengthen the superior MSME product "Sinar Berkah" Supporting the Munding Village Smart Tourism Village by empowering the potential of MSME products in the Munding Smart Tourism Village as an attraction for the natural tourist attraction Tirto Wening Waterfall in the Munding Village Area, Bergas District Semarang Regency. In carrying out this service, the implementing team used three methods, namely interview methods, observation and SWOT analysis. The rapid development of Tirto Wening natural tourism needs to be supported by superior MSME products as an attraction for tourist visitors, where the people of Munding Village present superior MSME products "Sinar Berkah", such as vegetables, spring onions (onclang) and various superior products of typical village food. namely OncLang Chips, KopLak Coffee Carrying Herbal Medicine, Lonto DimcLang, Various Market Snacks, Various Rattan crafts, Kran flower boards and those which are still under development to become Smart Tourism Village.

 

Keywords: MSME; superior product; smart tourism village; Tirto Wening Waterfall


Keywords


MSME; superior product; smart tourism village; Tirto Wening Waterfall

Full Text:

PDF

References


Andriyani, A. A. I., E. Martono, and Muhammad. n.d. “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Desa Wisata Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Sosial Budaya Wilayah (Studi Di Desa Wisata Penglipuran Bali).” Jurnal Ketahanan Nasional 23(1):1–16.

Devy, H. A., and R. B. Soemanto. 2017. “Pengembangan Objek Dan Daya Tarik Wisata Alam Sebagai Daerah Tujuan Wisata Di Kabupaten Karanganyar.” Jurnal Sosiologi Dilema 32(1).

Dewi, M. H. U., C. Fandeli, and M. Baiquni. n.d. “Pengembangan Desa Wisata Berbasis Partisipasi Masyarakat Lokal Di Desa Wisata Jatiluwih Tabanan Bali.” Kawistara 3(2):117–226.

Fitrah, N., A. Mustanir, M. S. Akbari, R. Ramdana, J. Jisam, N. A. Nisa, N. Qalbi, A. F. Febriani, I. Irmawati, S. Resky, Muh. A., and I. Ilham. 2021. “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pemetaan Swadaya Dengan Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Tata Kelola Potensi Desa.” SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 5(1):337. doi: 10.31764/jpmb.v5i1.6208.

Hadiwijoyo, S. S. 2012. Perencanaan Pariwisata Perdesaan Berbasis Masyarakat. Graha Ilmu.

Harja, O., R. Fajriasanti, R. Widjaja, A. Agung Putu Gede Puja Anggara, S. Kuliner, and P. Pariwisata Lombok. 2023. “Penguatan Kapasitas Masyarakat Dalam Identifikasi Potensi Kuliner Lokal Di Desa Wisata Batu Kumbung, Kabupaten Lombok Barat.” Jurnal Abdi Anjani 1(1). doi: https://jurnal.fe.unram.ac.id/index.php/anjani/article/view/727/359.

Maharani, P., R. Lenggahing, S. Program, S. Bahasa, A. Terapan, and S. Vokasi. 2024. Pendampingan Pembuatan Media Promosi Desa Wisata Munding.

Oktavianingrum Ayu, D. N. H. E. R. N. 2023. “STRATEGI BRANDING MEMBANGUN BRAND IDENTITYY PADA UMKM.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN) 4(3):1–8. doi: http://doi.org/10.55338/jpkmn.v4i3.1213.

Syahputra, Rizki Adam, C. O. M. N., and L. R. 2023. “Peningkatan Kemampuan Branding UMKM Melalui Proses Digitalisasi Bisnis.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN) 4(1):521–27. doi: https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/871/672.

Ulumuddin, A., and R. J. S. H. Harja. 2023. “Pengembangan Wisata Desa Munding Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang Menuju Desa Mandiri.” PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNHP) 4.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v%25vi%25i.26731

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: