Pengembangan usaha masyarakat pesisir pantai dalam upaya meningkatkan perekonomian nasional

Annur Fitri Hayati, Yolandafitri Zulvia, Mega Asri Zona

Abstract


Abstrak

Kelompok Pengolah dan Pemasar (POKLAHSAR) Bali Ulak Karang dan Pantai Gurun yang berada di Kota Padang masih termasuk dalam skala kecil dan menengah. POKLAHSAR ini menggunakan tenaga kerja lepas yang terdiri dari ibu-ibu rumah tangga. Kelompok ini memasok ikan segar sekitar 20 kilogram dan mengolah sekitar 10 kilogram ikan setiap hari. Saat ini, kedua POKLAHSAR menghadapi beberapa permasalahan: (1) Hasil pengolahan produksi ikan yang kurang menarik, (2) Daerah pemasaran hasil produksi hanya untuk pasar lokal Kota Padang dan sekitarnya, dan (3) Mitra belum memiliki legalitas izin BPOM. Untuk mengatasi permasalahan ini, tim pengabdian melakukan beberapa kegiatan: (1) Memberikan pendampingan kepada mitra dalam membuat berbagai produk olahan ikan, (2) Membantu dalam desain merek, logo dan kemasan sehingga produk menjadi lebih menarik dan berkualitas, (3) Memberikan pelatihan dan pendampingan kepada mitra dalam pengurusan izin BPOM, (4) Memberikan pelatihan serta pendampingan pembuatan media promosi online untuk produk yang dihasilkan oleh kedua mitra.

 

Kata kunci: pemasaran; pengolahan ikan; BPOM.

 

Abstract

Bali Ulak Karang and Pantai Gurun Processing and Marketing Groups (POKLAHSAR) located in Padang City are small or medium scale. These POKLAHSARs use daily labor, most of whom are housewives. This group supply around 20 kilograms of fresh fish and process around 10 kilograms of fish every day. Currently, both POKLAHSARs are facing several problems: (1) Results of fish processing are less attractive, (2) Marketing for the production results is only for local market, and (3) Partners do not yet have BPOM permit. To overcome these problems, the team carried out several activities: (1) Providing assistance in making various products from processed fish, (2) Assisting in designing brands, logos, and packaging so that products become more attractive and of higher quality, (3) Providing training and assistance to partners in managing BPOM permits, (4) Providing training and assistance in making online promotional media for products produced by the two partners.

 

Keywords: marketing; food processing; BPOM.


Keywords


marketing; food processing; BPOM.

Full Text:

PDF

References


Ardiyansyah, J., Budiwati, H., & ... (2021). Strategi Pemasaran Produk Olahan Ikan Lele Di Kampung Lele Lumajang. Jobman: Journal of ….

Darajat, P. P., Choirina, P., Wahyudi, F., Cipta, B. S. I., Jannah, U. M., & Tasaufi, B. N. (2023). Pendampingan UMKM dalam Aspek Legalitas, Branding dan Pemasaran Sebagai Upaya Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Desa Pagak Kabupaten Malang. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(4). https://doi.org/10.33379/icom.v3i4.3465

Dewi, C. S., Fianty, M. I., & Saputri, F. R. (2024). Inovasi Manajemen Melalui Pelatihan Pendaftaran Label BPOM dan Halal bagi Produk UMKM Kuliner Desa Legok Kabupaten Tangerang. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 5(1). https://doi.org/10.33394/jpu.v5i1.9157

Dewi, N. S. D., Putri, D. A. P. A. G., Wardani, K. D. K. A., & Indrashwara, D. C. (2023). Pendampingan Umkm Desa Sulahan Dalam Eskalasi Kualitas Produk Jajan Upakara Untuk Mendapatkan Izin Edar BPOM. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3). https://doi.org/10.35914/tomaega.v6i3.1790

Diniarti, N., Cokrowati, N., Setyowati, D. N., & Mukhlis, A. (2020). EDUKASI NILAI GIZI IKAN MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN MAKANAN OLAHAN BERBAHAN BAKU IKAN TONGKOL. Abdi Insani, 7(1). https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v7i1.300

Dwivedi, Y. K., Ismagilova, E., Hughes, D. L., Carlson, J., Filieri, R., Jacobson, J., Jain, V., Karjaluoto, H., Kefi, H., Krishen, A. S., Kumar, V., Rahman, M. M., Raman, R., Rauschnabel, P. A., Rowley, J., Salo, J., Tran, G. A., & Wang, Y. (2020). Setting the future of digital and social media marketing research: Perspectives and research propositions. International Journal of Information Management. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020.102168

Felix, R., Rauschnabel, P. A., & Hinsch, C. (2017). Elements of strategic social media marketing: A holistic framework. Journal of Business Research, 70. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2016.05.001

Guttifera, G., Sari, S. R., Rizki, R. R., & Yovandre, E. (2023). PELATIHAN SERTIFIKASI BALAI BESAR POM DAN HALAL BAGI POKLAHSAR RUMAH LELE ATHALLAH SERTA SIVITAS AKADEMIK UNIVERSITAS SUMATERA SELATAN. Jurnal Abdi Insani, 10(1). https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i1.876

Hermawan, H., & Eviningrum, S. (2019). Pendampingan Pengurusan Perijinan Spp-Irt Pada Ukm Candi Mas Desa Bancong, Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun. JURNAL DAYA-MAS, 3(2). https://doi.org/10.33319/dymas.v3i2.14

Khairani, S., & Pratiwi, R. (2018). Peningkatan Omset Penjualan Melalui Diversifikasi Produk dan Strategi Promosi Pada UMKM Kerajinan Souvenir Khas Palembang. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.31960/caradde.v1i1.18

Kusumawardani, B., Maharani, A. K., Altariq, M. I., Islami, I. R., Wasyim, A. H. P., Kemalasari, W. S., Ghasani, T. A., Nur, L. L., Saputri, E. D., Faroh, V., & Ningrum, Y. P. (2023). Diversifikasi Olahan Pangan Ikan Lele untuk Pemenuhan Gizi dan Ekonomi Keluarga di Dusun Gayasan-Jenggawah, Jember. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 14(4). https://doi.org/10.26877/e-dimas.v14i4.14488

Lestary, T. T., Laily, A., Permatasari, A. E., Kebidanan, J., Kesehatan, I., & Tarakan, B. (2022). Pelatihan Pembuatan Makanan Tambahan dari Olahan Ikan dalam Upaya Pencegahan Stunting di Desa Sesua Kabupaten Malinau. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 2(1).

Mamuki, E., Rahim, S. D. N., & Paputungan, N. A. (2024). PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PESISIR MELALUI PENGEMBANGAN DESTINASI EKOWISATA PANTAI DI DESA BOTUTONUO KECAMATAN KABILA BONE KABUPATEN BONE BOLANGO. Jurnal Perikanan Unram, 13(3). https://doi.org/10.29303/jp.v13i3.639

Ningrum, R. A., Kinasih, K. N., Asrin, D. I., Ayu, A. A., Sari, E. D. Y., Kusuma, N. M., Quamilla, J. V., & Yuliani, M. G. A. (2021). IMPLEMENTASI PROGRAM SOSIALISASI PENGOLAHAN DAN PEMASARAN PRODUK OLAHAN IKAN AIR TAWAR DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT TERHADAP PEREKONOMIAN DI DESA TAPEN KECAMATAN TAPEN KABUPATEN BONDOWOSO. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 5(1). https://doi.org/10.20473/jlm.v5i1.2021.158-166

Putri, S. A. (2019). Desain Kemasan untuk Mendukung Pemasaran Produk Olahan Pangan Kelompok Wanita Tani Kreatif Permata. Charity, 2(1). https://doi.org/10.25124/charity.v2i1.2143

Rachmawati, E., Suliyanto, S., & Suroso, A. (2020). A moderating role of halal brand awareness to purchase decision making. Journal of Islamic Marketing. https://doi.org/10.1108/JIMA-05-2020-0145

Riniwati, H., Wati, L. A., Waluyo, E., Wardani, M. P., & Sofiati, D. (2020). Model Optimasi Distribusi Pemasaran Produk Olahan Ikan Lele. Journal of Economic and Social of Fisheries and Marine, 8(1).

Sari, F., & Kemalasari, P. (2023). URGENSI PENDAFTARAN IZIN PRODUK BPOM OLEH PELAKU USAHA (STUDI KASUS UMKM OLAHAN IKAN ASIN KELOMPOK PEREMPUAN SEPAKAT DI KABUPATEN ACEH BARAT DAYA). JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, 5(1). https://doi.org/10.46930/jurnalrectum.v5i1.3155

Sholeh, Q. N., Syarief, R., Suwandi, R., & Hidayat, T. (2022). Strategi Pengembangan Bisnis Olahan Ikan Beku di PT XYZ. Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia, 25(2). https://doi.org/10.17844/jphpi.v25i2.38833

Sofia, L. A., & Yunita, R. (2021). Perluasan pasar produk olahan ikan patin melalui perbaikan kemasan dan promosi daring. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 5(1). https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i1.11860

Sulestiani, A., & Astral, M. (2017). PENGELOLAAN POTENSI PERIKANAN DI PANTAI PESISIR PANTAI TIMUR SURABAYA (STUDI KASUS DI KECAMATAN SUKOLILO, MULYOREJO, KENJERAN, DAN BULAK). Agritrop : Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian (Journal of Agricultural Science), 14(1). https://doi.org/10.32528/agr.v14i1.415

Ulfa, A. N., Barokah, U., Darsono, D., Fajarningsih, R. U., Sutrisno, J., & Supardi, S. (2020). Peningkatan Kapasitas Usaha Mina Mandiri Melalui Pelatihan Pemasaran Produk Olahan Ikan. PRIMA: Journal of Community Empowering and Services, 4(1). https://doi.org/10.20961/prima.v4i1.37839

Wahyudi, T., Refi Pratiwi, Intan Puspanita, Asih Machfuzhoh, Muhamad Fakhrudin, Muhammad Abduh, & Galih Ginanjar Saputra. (2023). Dissemination of Halal Certification, BPOM and Tax Reporting to Malingping Fish Meatball UMKM. Kreativasi : Journal of Community Empowerment, 1(4). https://doi.org/10.33369/kreativasi.v1i4.26227

Yusuf, M., & Wisnujati, A. (2022). PENGOLAHAN HASIL PERIKANAN LELE MENJADI PRODUK FROZEN FOOD BERNILAI EKONOMI DUSUN PANDES BANTUL YOGYAKARTA. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.18196/ppm.44.891




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i4.26740

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: