Penerapan Sistem Informasi UMKM (SI-UM) berbasis web untuk meningkatkan pemasaran dan pengelolaan keuangan sahabat UMKM NTB
Abstract
Abstrak
Sahabat UMKM NTB merupakan salah satu komunitas UMKM yang ada di provinsi Nusa Tenggara Barat. Sahabat UMKM NTB sebagai mitra dalam kegiatan pengabdian ini memiliki anggota lebih dari 50 yang terlibat pada kegiatan tersebut. Permasalahan yang diahadapi oleh mitra adalah permasalahan dalam bidang pemasaran dan pengelolaan keuangan. Solusi yang ditawarkan oleh tim pengabdi adalah penerapan sistem informasi UMKM yang dapat membantu dalam pemasaran dan pengelolaan keuangan. Sehingga tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah membantu mitra dalam menerapkan sistem informasi UMKM yang dapat membantu mitra dalam pemasaran produk UMKM dan juga pengelolaan keuangannya. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini terdiri dari 6 tahapan yaitu sosialisasi, pengembangan sistem infromasi, pelatihan pendapingan, evaluasi dan keberlanjutan program. Hasil dari kegiatan ini adalah berupa penerapan sistem informasi UMKM yang dapat digunakan oleh mitra dalam memabntu mengatasi permasalahan di bidang pemasaran dan pengelolaan keuangan.
Kata kunci: sahabat UMKM; pengabdian; sistem informasi umkm; pemasaran; pengelolaan keuangan
Abstract
Sahabat UMKM NTB is one of the MSME communities in West Nusa Tenggara province. Sahabat UMKM NTB as a partner in this service activity has more than 50 members involved in the activity. The problems faced by partners are problems in marketing and financial management. The solution offered by the service team is the implementation of an MSME information system that can assist in marketing and financial management. So that the purpose of this service activity is to assist partners in implementing MSME information systems that can help partners in marketing MSME products and also managing their finances. The method carried out in this activity consists of six stages, namely socialization, information system development, mentoring training, evaluation and program sustainability. The result of this activity is the implementation of an MSME information system that can be used by partners in overcoming problems in marketing and financial management.
Keywords: sahabat UMKM; devotion; MSME information system; marketing; financial management
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, R., Malik, E., Adan, L. H., & Dja’wa, A. (2021). PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN USAHA KECIL DAN MENENGAH DI DESA WAWOANGI KEC. SAMPOIAWA DITENGAH PANDEMIC COVID-19. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.31004/cdj.v2i1.1455
Agus Triyadi. (2021). Desain Kemasan Bolu Susu Lembang Sebagai Upaya Meningkatkan Promosi Kuliner Bandung. Wacadesain, 2(1).
Diana, Y., Rahayu, S., & Zannah, A. (2023). Pengaruh Pelatihan Kewirausahaan Dan Pemasaran Digital Terhadap Peningkatkan Ekonomi Masyarakat Di Desa Kelambir Lima. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 6(1). https://doi.org/10.30596/maneggio.v6i1.14534
Gadzali, S. S., Firdaus, D., Hidayat, W., & Karlina, L. (2023). DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN UMKM CIRENG ISI DESA SINDANGLAYA KECAMATAN TANJUNGSIANG. Jurnal Kolaborasi Pengabdian Masyarakat Fakultas Ilmu Administrasi. https://doi.org/10.37950/jkpemasfia.v1i1.1674
Hasan, G., Handoko, A., Salim, F. F., Rohaizat, P. S., & Hulu, Y. J. (2022). Implementasi Pemasaran Digital Sebagai Strategi Pemasaran dan Untuk Meningkatkan Penjualan (Studi Pada UKM Yosu Preloved Di Kota Batam). SEIKO : Journal of Management & Business, 5(1).
Hasanah, M., Jumriani, J., Juliana, N., & Kirani, K. P. (2021). Digital Marketing a Marketing Strategy for UMKM Products in The Digital Era. The Kalimantan Social Studies Journal, 3(1). https://doi.org/10.20527/kss.v3i1.4146
Hasanah, N., & Triandi, B. (2022). Rancang Bangun Sistem Informasi UMKM Di Tebing Tinggi Berbasis Web. Information Technology and Cyber Crime (ITCC), 1(1). https://doi.org/10.59840/itcc.v1i1.32
Lubis, I. S., & Lufriansyah, L. (2024). PENGARUH SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KINERJA UMKM DI MEDIASI KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DI KECAMATAN KISARAN BARAT KABUPATEN ASAHAN. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1). https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3866
Putri, N. A., Widyastuti, T., Maidani, M., & Nilasari, P. (2024). PENGARUH PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KINERJA UMKM DI KECAMATAN TAMBUN SELATAN. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(2). https://doi.org/10.55681/sentri.v3i2.2323
Rachmadita Dwi Pramesti, Anggarini, A., DK, M. T. M., Bangun, D. A. N., Susilawati, S., & Andriyanto, A. (2022). PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PROMOSI PRODUK UMKM UNTUK MENDUKUNG DAYA SAING DIGITAL MARKETING DI ERA GLOBAL PADA KOMUNITAS SAHABAT UMKM. Jurnal Abadimas Adi Buana, 5(02). https://doi.org/10.36456/abadimas.v5.i02.a4404
Ramida, R. M. (2022). Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM di Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar. Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies, 3(1).
Riyadli, H., Arliyana, A., & Saputra, F. E. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Keuangan Berbasis WEB. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 3(1). https://doi.org/10.33084/jsakti.v3i1.1770
Rohmawati, T., Selvia, E., Monica, E., Welizaro, R., & Saputra, H. (2021). Teknologi pemasaran digital untuk branding. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 5(3). https://doi.org/10.52362/jisamar.v5i3.479
Saputri, D. A. (2022). PENGARUH SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM). Journal of Accounting Taxing and Auditing (JATA), 3(2). https://doi.org/10.57084/jata.v3i2.895
Sari, D. P., Syahputra, H., & Arsyah, R. H. (2021). Implementasi Sistem Informasi Akuntansi Untuk Menunjang Kinerja Keuangan Pada Forum UMKM Pasaman Barat. Jurnal Ekobistek. https://doi.org/10.35134/ekobistek.v9i2.71
Warmana, G. O., Sholihah, D. D., & Trisnaningtyas, J. P. N. (2023). Optimalisasi Bisnis Pengrajin Udeng Pacul Gowang Sidoarjo melalui Pembukuan Keuangan Digital dan Social Media Marketing. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 7(3). https://doi.org/10.29407/ja.v7i3.21045
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i4.26783
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: