Pelatihan digitalisasi sumber belajar, asesmen, dan evaluasi pembelajaran berbasis ChatGPT bagi guru SMPN 9 Payakumbuh

Indra Saputra, Hayatunnufus Hayatunnufus, Siska Miga Dewi, Reflianto Reflianto, Elviza Yeni Putri, Melda Mahniza

Abstract


Abstrak

Latar belakang kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) berkaitan dengan kondisi sumber belajar tekstual yang ada belum mampu memenuhi kebutuhan kelas digital yang dinamis. Selain itu, asesmen dan evaluasi pembelajaran yang belum melibatkan teknologi digital secara optimal berdampak pada kurangnya akurasi dalam mengukur perkembangan kompetensi siswa. Tujuan dari kegiatan PKM yang diwujudkan dalam bentuk pelatihan adalah meningkatkan kompetensi guru dalam konteks digitalisasi sumber belajar, asesmen, dan evaluasi dengan menggunakan ChatGPT. Metode pelatihan yang digunakan adalah ceramah, diskusi, demonstrasi dan praktik. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus 2024. Peserta pelatihan adalah guru SMPN 9 Payakumbuh yang berjumlah 31 orang. Latar belakang keahlian peserta mencakup semua mata pelajaran seperti Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Bahasa Inggris, PPKn, Seni Budaya, dan Informatika. Kegiatan pelatihan ini diawali dengan tahap perencanaan yang mencakup koordinasi terkait kebutuhan pelatihan dan sasaran pelatihan. Tahap pelaksanaan diawali dengan proses penyampaian materi dan diskusi serta dilanjutkan proses demonstrasi dan praktik dalam konteks digitalisasi sumber belajar, asesmen dan evaluasi berbasis ChatGPT. Tahapan terakhir pelatihan adalah evaluasi yang mengukur capaian kegiatan pelatihan. Hasil pelatihan mendeskripsikan bahwa peserta dapat mengikuti kegiatan dengan penuh antusias. Selanjutnya, peserta juga dapat memenuhi beberapa indicator ketercapaian kegiatan pelatihan antara lain mampu melakukan proses digitalisasi sumber belajar dalam bentuk modul dan dan buku elektronik. Selanjutnya, peserta juga mampu Menyusun instrument asesmen dan evaluasi dengan menggunakan Chat GPT. Beberapa indicator tersebut mengindikasikan bahwa tujuan pelaksanaan pelatihan dapat tercapai dengan baik. Rekomendasi untuk kegiatan ini adlaah agar pelatihan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan agar hasil pelatihan dapat diimplementasikan dengan maksimal.

 

Kata kunci: asesmen; evaluasi; ChatGPT; sumber belajar

 

Abstract

The Community Partnership Program (PKM) addresses the limitations of existing textual learning resources in meeting the needs of dynamic digital classrooms. Additionally, assessment and evaluation have not yet fully integrated digital technology, resulting in less accurate measurements of students' competencies. The PKM program aims to improve teachers' skills in digitalizing learning resources, assessment, and evaluation using ChatGPT. Training methods included lectures, discussions, demonstrations, and hands-on practice. This training activity was conducted on August 24, 2024. The participants, 31 teachers from SMPN 9 Payakumbuh, covered various subjects like Religious Education, Mathematics, Science, Social Studies, and Informatics. The training began with planning, followed by material delivery, discussions, and practical sessions focused on digitalizing learning resources and using ChatGPT for assessments. The final evaluation measured the program's success. Participants were enthusiastic, meeting key objectives such as converting learning materials into e-books and developing assessment tools with ChatGPT. These outcomes indicate the training's success. The recommendation is to conduct ongoing training to ensure the effective implementation of the skills learned.

 

Keywords: assessment; evaluation; ChatGPT; learning resources


Keywords


assessment; evaluation; ChatGPT; learning resources

Full Text:

PDF

References


Aguss, Rachmi Marsheilla, Dina Amelia, and Permata Permata. (2021). “Pelatihan Pembuatan Perangkat Ajar Silabus Dan RPP SMK PGRI 1 Limau.” Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS) 2(2):48–53. doi: 10.33365/jsstcs.v2i2.1315.

Amalia, Ana, and Tri Murwaningsih. (2024). “Penggunaan Chatgpt Pada Pembelajaran Teknologi Perkantoran Kelas X MPLB 3 SMK Negeri 1 Surakarta.” Cendikia: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran 2(11):310–23.

Anita, Yesi, Ary Kiswanto Kenedi, Hamimah Hamimah, Zahratul Azizah, Arwin Arwin, Sanseni Safitri, and Rizka Khairani. 2023. “Pelatihan Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Teknologi Untuk Guru Sekolah Dasar.” MONSU’ANI TANO Jurnal Pengabdian Masyarakat 6(2):367–80. doi: 10.32529/tano.v6i2.2652.

Azzahra, Elvyn Kemala, Afridha Laily Alindra, Anis Khoirunnisa, Giar Anugrah Pratama, Khaila Syanin, Kharisma Nurul Khusnah, and Novita Cahya Ningrum. (2023). “Kelas Digital Dengan Penguatan Pendidikan Keterampilan Kompetensi Abad 21 Sebagai Inovasi Pendidikan Di SDN 1 Nagrikidul Purwakarta.” Jurnal Ilmu Multidisplin 2(3):366–76. doi: 10.38035/jim.v2i3.431.

Chaudhry, Muhammad Ali, and Emre Kazim. (2022). “Artificial Intelligence in Education (AIEd): A High-Level Academic and Industry Note 2021.” AI and Ethics 2(1):157–65. doi: 10.1007/s43681-021-00074-z.

Chen, Lijia, Pingping Chen, and Zhijian Lin. (2020). “Artificial Intelligence in Education: A Review.” Ieee Access 8:75264–78. doi: 10.1109/ACCESS.2020.2988510.

Dewi, Citra Ayu, Nurdianti Awaliyah, Nurin Fitriana, Satya Darmayani, Jan Setiawan, and Irwanto Irwanto. (2022). “Using Android-Based E-Module to Improve Students’ Digital Literacy on Chemical Bonding.” International Journal of Interactive Mobile Technologies 16(22):191–208. doi: 10.3991/ijim.v16i22.34151.

Dimitriadou, Eleni, and Andreas Lanitis. (2023). “A Critical Evaluation, Challenges, and Future Perspectives of Using Artificial Intelligence and Emerging Technologies in Smart Classrooms.” Smart Learning Environments 10(1):12. doi: 10.1186/s40561-023-00231-3.

Farhan, Muhamad, M. Tohimin Apriyanto, Napis Napis, and Arif Rahman Hakim. (2021). “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Pelatihan Analisis Instrumental Tes Bantuan Software Anbuso.” Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat 4(4). doi: 10.29303/jppm.v4i4.2861.

Fuchs, Kevin. (2023). “Exploring the Opportunities and Challenges of NLP Models in Higher Education: Is Chat GPT a Blessing or a Curse?” P. 1166682 in Frontiers in Education. Vol. 8. Frontiers Media SA.

Javaid, Mohd, Abid Haleem, Ravi Pratap Singh, Shahbaz Khan, and Ibrahim Haleem Khan. (2023). “Unlocking the Opportunities through ChatGPT Tool towards Ameliorating the Education System.” BenchCouncil Transactions on Benchmarks, Standards and Evaluations 3(2):100115. doi: 10.1016/j.tbench.2023.100115.

Kolade, Oluwaseun, Adebowale Owoseni, and Abiodun Egbetokun. (2023). “Assessment on Trial? ChatGPT and the New Frontiers of Learning and Assessment in Higher Education.” Leicester Castle Business School.

Liskinasih, Ayu, Teguh Sulistyo, and Maria Purnawati. (2023). “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Game Interaktif Berbantuan Canva Bagi Guru Sekolah Dasar.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3(2):89–95. doi: 10.56393/jpkm.v3i2.1810.

Mahsup, Mahsup, Abdillah Abdillah, Zaenudin Zaenudin, Swahip Swahip, Ibrahim Ibrahim, Syafril Syafril, and Eka Fitriani. (2024). “Pelatihan Aplikasi Chatgpt Sebagai Alat Pendukung Pembelajaran.” SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 8(3):2690–95. doi: 10.31764/jpmb.v8i3.26150.

Mubarak, Roy, and Karno Diantoro. (2024). “Mempersiapkan Siswa SMK PGRI 4 Jakarta Menuju Revolusi Industri 5.0 Dengan Literasi Baca Tulis Menggunakan Chat GPT.” Jurnal Abdimas Indonesia 4(1):1–9. doi: 10.53769/jai.v4i1.590.

Munthe, Eika Abigail, Saronom Silaban, and Zainuddin Muchtar. (2019). “Discovery Learning Based E-Module on Protein Material Development.” Pp. 710–13 in 4th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL 2019). Atlantis Press.

Mustika, Dea, and Siti Quratul Ain. (2021). “Pelatihan Penyusunan Artikel Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru.” Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(1):42–47. doi: 10.29303/rengganis.v1i1.16.

Nashoih, Afif Kholisun, Khotim Fadhli, Akhmad Taqiyuddin, Abdul Khorib, Ima Niâ, and Chumairoh Putriningtyas. (2022). “Penguatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Kartu BiZi Bagi Guru Bahasa Arab Di Jombang.” Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3(1):18–25. doi: 10.32764/abdimaspen.v3i1.2285.

Nurcahyo, Adi, Naufal Ishartono, Mohamad Waluyo, and Nugroho Arif Sudibyo. (2020). “Pelatihan Penggunaan Software Geogebra Untuk Guru-Guru Sma Muhammadiyah Se-Sukoharjo Pada Materi Transformasi Geometri.” Pengabdi. Kpd. Masy 1(3):6674.

Parker, Luke, Chris Carter, Alice Karakas, A. Jane Loper, and Ahmad Sokkar. (2024). “Graduate Instructors Navigating the AI Frontier: The Role of ChatGPT in Higher Education.” Computers and Education Open 6:100166. doi: 10.1016/j.caeo.2024.100166.

Prakoso, Albrian Fiky, Waspodo Tjipto Subroto, Muhammad Abdul Ghofur, Retno Mustika Dewi, Riza Yonisa Kurniawan, Zain Fuadi Muhammad RoziqiFath, and Ardhita Eko Ginanjar. (2024). “Penelusuran Benang Merah: Kemampuan Guru Dalam Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Website.” SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 8(3):2639–51. doi: 10.31764/jpmb.v8i3.25894.

Saputra, Indra, Murni Astuti, Muhammad Sayuti, and Dyah Kusumastuti. (2023). “Integration of Artificial Intelligence in Education: Opportunities, Challenges, Threats and Obstacles. A Literature Review.” The Indonesian Journal of Computer Science 12(4):1590–1600. doi: 10.33022/ijcs.v12i4.3266.

Saputra, Indra, Hayatunnufus Hayatunnufus, Siska Miga Dewi, Nurul Inayah Hutasuhut, Melda Mahniza, and Elviza Yeni Putri. (2023). “Pelatihan Implementasi Model Pembelajaran Project-Based Learning Yang Terintegrasi Platform Youtube Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Pedadogik Bagi Guru SMPN 9 Payakumbuh.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7(3):26417–22. doi: 10.31004/jptam.v7i3.10864.

Saputra, Indra, Muchlas Muchlas, and Bambang Nor Achsan. (2020). “Development of Learning Model of Youtube-Based Learning in Light Vehicle Electricity Maintenance Subject.” Journal of Vocational Education Studies 3(2):212–25. doi: 10.12928/joves.v3i2. 2652.

Susanti, Asih. (2020). “Pelatihan Manajemen Kelas Bagi Guru Untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran.” Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR) 3:705–11. doi: 10.37695/pkmcsr.v3i0.773.

Sutrisno, Sutrisno, and Muhammad Saifuddin Zuhri. (2019). “PKM Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas.” Journal of Dedicators Community 3(1):53–61.

Utami, Linda Sekar, M. Firman Ramadhan, Islahudin Islahudin, M. Abdul Majid, and Basilius Rinaldi. (2024). “Pelatihan Chat GPT Sebagai Alat Bantu Membuat Instrumen Tes Berbasis Taksonomi Bloom Di MTs Nurul Islah.” SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 8(3):2957–60. doi: 10.31764/jpmb.v8i3.26221.

Wang, Yuntao, Yanghe Pan, Miao Yan, Zhou Su, and Tom H. Luan. (2023). “A Survey on ChatGPT: AI-Generated Contents, Challenges, and Solutions.” IEEE Open Journal of the Computer Society 4(3):280–302. doi: 10.1109/OJCS.2023.3300321.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i4.26825

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: