Pendampingan kegiatan praktikum biologi untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa Surau Islamic Homeschooling
Abstract
Abstrak
Kegiatan praktikum menjadi komponen penting dalam pembelajaran IPA termasuk biologi karena dapat melatih siswa untuk berpikir konsep-konsep ilmiah dalam melakukan prosedur yang kompleks. Tujuan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah melakukan pendampingan kegiatan praktikum biologi di laboratorium untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Kegiatan ini di laksanakan bulan Maret 2023 di laboratorium program studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Pakuan diikuti oleh 20 orang siswa Surau Islamic Homeschooling. Metode pelaksanaan meliputi observasi dan workshop pembuatan preparat. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi untuk mengukur keterampilan proses sains yang muncul selama kegiatan praktikum dan lembar kuesioner untuk menjaring persepsi siswa terkait pelaksanaan kegiatan pendampingan praktikum. Berdasarkan hasil yang diperoleh melalui kegiatan pendampingan praktikum biologi menunjukkan bahwa kegiatan tersebut mampu meningkatkan keterampilan proses sains siswa Surau Islamic Homeschooling dengan kategori sangat baik di semua aspek yaitu mengobservasi 94%, mengklasifikasi 92%, menggunakan alat laboratorium 100%, melakukan percobaan 100%, menafsirkan 82,5%, dan mengkomunikasikan hasil 94%. Kegiatan ini memberikan pengalaman dan keterampilan kepada siswa sekolah mitra dalam hal pembuatan preparat segar dan pengamatan menggunakan mikroskop.
Kata kunci: keterampilan proses sains; mikroskop; sikap ilmiah.
Abstract
Practical activities are an important component in learning science including biology because it can train students to think of scientific concepts in performing complex procedures. The purpose of this Community Service is to provide assistance in biology practical activities in the laboratory to improve students' science process skills. This activity was carried out in the laboratory of the biology education study program, FKIP, Pakuan University, attended by 20 students of Surau Islamic Homeschooling. Implementation methods include observation and specimen preparation. The instruments used were observation sheets to measure science process skills that emerged during practical activities and questionnaire sheets to capture students' perceptions regarding the implementation of practical mentoring activities. Based on the results obtained through mentoring biology practicum activities, it shows that these activities are able to improve the science process skills of Surau Islamic Homeschooling students with a very good category in all aspects, namely observing 94%, classifying 92%, using laboratory equipment 100%, conducting experiments 100%, interpreting 82.5%, and communicating results 94%. This activity provides experience and skills to students from partner schools in terms of making fresh preparations and observing using a microscope.
Keywords: microscope; scientific attitude; science process skills.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adawiah H, S. R., Ali, A., & Taiyeb, A. M. (2023). Analisis Pelaksanaan Praktikum Pembelajaran Biologi di SMA Negeri 11 Makassar. Oryza (Jurnal Pendidikan Biologi). 12(2), 92–97. https://doi.org/10.33627/oz.v2i2.1100.
Adrianto, H. A. (2020). Pembelajaran biologi sel dengan peraga sederhana. Jurnal Pengabdian Barelang, 2(01), 7–12. https://doi.org/10.33884/jpb.v2i01.1619
Agustian, H. Y. (2020). Students’ understanding of the nature of science in the context of an undergraduate chemistry laboratory. The Electronic Journal for Research in Science & Mathematics Education, 24(2), 56-85.
Balanay, C. A. S. (2013). Assessment on students’ science process skills: A student-centred approach. International Journal of Biology Education, 3(1a), 24–44. https://doi. org/http://dx. doi.org/ 10.17977/ jptpp.v3i10.11625.
Candra, R., & Hidayati, D. (2020). Penerapan praktikum dalam meningkatkan keterampilan proses dan kerja peserta didik di laboratorium IPA. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(1), 26–37. https://doi. org/10.32923/edugama.v6i1.1289.
Dewi, S. S., Auliandari, L., & Nawawi, S. (2020). Pelaksanaan Praktikum Pada Pembelajaran Biologi Di SMA Negeri Bingin Teluk Dengan Analisis Model Rasch Practicum Implementation on Biology Learning in Bingin Teluk State Senior High School Using Rasch Model Analysis. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 4(1), 45–50.
Haryati, Setiadi, D., & Ismawati. (2021). Hubungan Pelaksanaan Praktikum terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Fungi di SMA Swasta Persiapan Stabat. Jurnal Sintaksis: Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 65–71. http: //jurnal. stkipalmaksum.ac.id/ index.php/ Sintaksis/ article/view/183/183.
Ilma, S., Al-Muhdhar, M. H. I., Rohman, F., & Saptasari, M. (2020). The correlation between science process skills and biology cognitive learning outcome of senior high school students. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 6(1), 55-64.
Iyamuremye, A., Nsabayez, E., Ngendabanga, C., & Hagenimana, F. (2023). Effectiveness of Hands-on Practical Activities in Teaching and Learning Chemistry: An Exploration of Students’ Engagement, Experience, and Academic Performance. African Journal of Educational Studies in Mathematics and Sciences, 19(1), 97–107. https://doi.org/10.4314/ajesms.v19i1.7.
Jeronen, E., Palmberg, I., & Yli-Panula, E. (2017). Teaching methods in biology education and sustainability education including outdoor education for promoting sustainability—a literature review. Education Sciences, 7(1), 1–19. https://doi.org/10.3390/educsci7010001.
Lestari, T., Wijaya, A., Noviani, E. P. F., & Untung, G. B. (2024). Pelatihan praktikum usaha dan energi untuk melatihkan keterampilan proses sains di Sekolah Dasar. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(1), 214–221.
Maison, Darmaji, Kurniawan, D.A., Astalini, Dewi, U.P., & Kartina, L. (2019). Analysis of science process skills in physics education students. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 23 (2): 197-205.
Mayesti, F., Makin, P. R., Wiguna, G. A., & Welsiliana. (2023). Pelatihan Penerapan Teknologi Mikroskop Digital Untuk Pembelajaran Berbasis Praktikum di SMA Negeri Taekas berlokasi di Desa Taekas, Kecamatan Miomaffo Timur, Kabupaten Timor Tengah Utara. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 4(2), 117–125.
Mertha, I.G., Idrus, A.A., Bahri, S., Sedijani, P., & Rasmi, D.A.C. (2019). Pelatihan Pembuatan Preparat Squash Ujung Akar untuk Pengamatan Kromosom Pada Guru-Guru Biologi di Kota Mataram. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 2 (4), 454-459.
Munarti, M., & Sutjihati, S. (2018). Standar sarana prasarana laboratorium IPA sekolah menengah atas di Wilayah Bogor. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 1-7.
Nahdiyaturrahmah, Pujani, N. M., & Selamet, K. (2020). Pengelolaan laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SMP Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(2), 118–129.
Pamungkas, M. S. H., Mulyani, S., & Saputro, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Poe Dengan Metode Praktikum Untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Dan Prestasi Belajar Kimia Siswa. Paedagogia, 20(1), 46-60. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v20i1.16596.
Pertiwi, L. D., Yolida, B., & Marpaung, R. R. T. (2017). Analisis Praktikum dan Permasalahannya Materi Organisasi Kehidupan Kelas VII se-Kecamatan Sukarame. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 5(6), 1-14.
Prasetyo, E., Haruna, & Mapparenta, S. (2022). Implementasi Pembelajaran Praktikum Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di SMKN 2 Tanah Grogot. Jurnal Profesi Kependidikan, 3(1), 129–134. https://ojs.unm.ac.id/JPK/article/view/27649.
Rahmah, N., Iswadi, I., Asiah, A., Hasanuddin, H., & Syafrianti, D. (2021). Analisis Kendala Praktikum Biologi di Sekolah Menengah Atas. Biodik, 7(2), 169–178. https://doi.org/10.22437/bio.v7i2.12777.
Rahmayumita, R., Jannah, M., Novriandami, A., Kusumasari, A., Rahmad, M., & Linda, R. (2024). Science Laboratory: A Student's Perception of Practicum Implementation at Junior High School. Asian Journal of Science Education, 6(1), 1-10.
Robika, Anggraeni, & Irwanto, R. (2023). Pelatihan pembuatan preparat biologi sebagai sarana peningkatan media pembelajaran bagi guru-guru biologi di Kabupaten Bangka. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(11), 6805-6811.
Sapiruddin, S., Novianti, B. A., & Kertanah, K. (2021). Edukasi Dan Pendampingan Praktikum Fisika Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Suralaga Kecamatan Suralaga. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 738-742. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6286.
Sari, D.S., Auliandari L., & Nawawi, S. (2020). Pelaksanaan praktikum pada pembelajaran biologi di SMA negeri bingin teluk dengan analisis model rasch. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 4 (1), 45-50.
Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2022). Pelatihan Penguatan Literasi Sains, Keterampilan Proses Sains Dan Teknologi Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 87-91. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7175.
Sari, M. M., Yulinda, R., & Zubaidah, S. (2023). Analysis of Sciences Process Skills of Science Education Students in Microbiology Practice. Asian Journal of Science Education, 5(1), 83–89.
Shana, Z.J., & Abulibdeh, E.S. (2020). Science practical work and its impact on students’ science achievement. Journal of Technology and Science Education, 10(2), 199-215. https:// doi.org/ 10.3926/jotse.888.
Seumahu, C. A., Leimena, H. E. P., Sahertian, D. E., & Ukratalo, A. M. (2024). Pelatihan Pengamatan Sel Dengan Mikroskop Olympus Cx-21 dan Dokumentasi Sel Menggunakan Smartphone Bagi Siswa dan Guru Ma Al-Muluuk Persis Telaga Kodok, Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah. Innovation for Community Service Journal, 2(1), 56–61.
Siburian, F., Sinambela, M.,& Septie. (2017). Analisis Pelaksanaan Praktikum Pada Mata Pelajaran biologi di kelas X SMA Negeri 16 Medan. JURNAL PELITA PENDIDIKAN, 5(2), 21–31.
Siswati, B. H., Savira, N. I. I., & Kurniawan, A. (2022). Peningkatan keterampilan proses sains siswa dalam pembuatan preparat apusan darah pada praktikum biologi SMA di Jember. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(1), 1-5. https:// doi.org/10.30595/jppm.v6i1.12067.
Sukmawati, W., Rahmiati, R., Fatayan, A., Yatri, I., Zulherman, & Ninawati, M. (2023). Pendampingan Praktikum IPA Sederhana Di Sekolah Dasar. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6, 3016–3021. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/martabe/article/view/12258.
Syafi’ah, R., Laili, A. M., & Prisningtyas, N. V. (2022). Analisis Komponen Keterampilan Proses Sains Pada Buku Ajar IPA Kelas IX. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(2), 87–96. https://doi.org/10.24929/lensa.v12i2.230.
Ulum, F. bahrul, Sutoyo, & Arimurti, S. (2022). Practicum Mentoring for Studying of Microscope and Cell Structures To the Nurse Students of Stikes Dr. Soebandi Jember By Online Methods. Jurnal Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Jember, 1(1), 53–58. https:// doi.org/10.19184/ jpmunej.v1i1.55.
Utami, L. S., Islahudin, I., Zulkarnain, Z., & Rochyati, N. (2021). Pendampingan Praktikum IPA Kelompok Siswa Belajar Luring Berbasis Simple Experiment Tools. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 846-849. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6329.
Wahyuni, S., Emda, A., & Zakiyah, H. (2018). Pengaruh penggunaan media animasi pada materi larutan
elektrolit dan nonelektrolit terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Jurnal IPA dan Pembelajaran, 2(1), 21-28. DOI: 10.24815/jipi.v2i1.10743.
Welsiliana, Wiguna, G., A., Prima, F., M., Yostianti T., I.,M., Pardosi, L., & Hanas, D., F. (2023). Pelatihan Pembuatan Preparat Segar Bagi Guru Biologi Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 158-163.
Wibowo, R. H., Sipriyadi, S., Fatimatuzzahra, F., Wahyuni, R., Setiawan, R., Prastika, A., & Rizawati, R. (2021). Pelatihan Pembuatan Preparat Segar Biologi Untuk Meningkatkan Keterampilan Guru dan Siswa di SMA Negeri 1 Argamakmur, Kabupaten Bengkulu Utara. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 19(2), 389–398. https://doi.org/10.33369/dr.v19i2.18468.
Wola, B. R., Rungkat, J. A., & Harindah, G. M. D. (2023). Science process skills of prospective science teachers’ in practicum activity at the laboratory. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 9(1), 50-61. doi:http://dx.doi.org/10.21831/jipi.v9i1.52974.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i4.26887
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: