Pelatihan produk ecoprint bagi siswa untuk penguatan P5 kurikulum merdeka SDN 2 Danger Lombok Timur
Abstract
Abstrak
Pelatihan Ecoprint di SDN 2 Danger, Lombok Timur, diselenggarakan sebagai bagian dari upaya penguatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman praktis kepada siswa tentang konsep keberlanjutan lingkungan melalui teknik ecoprint, yaitu teknik pewarnaan kain yang ramah lingkungan menggunakan bahan-bahan alami. Kegiatan ini melibatkan kelas 6 yang terdiri dari 45 siswa gabungan kelas A dan B dalam proses kreatif pembuatan motif pada kain dengan memanfaatkan daun, bunga, dan tumbuhan lainnya, sehingga siswa dapat memahami pentingnya menjaga kelestarian alam serta menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan. Hasil dari pelatihan ini dapat meningkatkan kesadaran lingkungan siswa dan memperkuat nilai-nilai Pancasila, seperti gotong royong, kemandirian, dan tanggung jawab sosial. Pelatihan ecoprint tidak hanya memberikan keterampilan baru bagi siswa, tetapi juga menjadi sarana untuk mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: ecoprint; P5; kurikulum merdeka
Abstract
The Ecoprint Workshop at SDN 2 Danger, East Lombok, was held as part of efforts to strengthen the Pancasila Student Profile Enhancement Project (P5) within the Merdeka Curriculum. The workshop aimed to provide practical understanding to students about the concept of environmental sustainability through the ecoprint technique, an eco-friendly fabric dyeing method using natural materials. The activity involved 45 sixth-grade students from classes A and B in a creative process of creating patterns on fabric using leaves, flowers, and other plants. This allowed students to understand the importance of preserving nature and foster a love for the environment. The outcomes of this workshop not only increased students' environmental awareness but also reinforced Pancasila values such as mutual cooperation, independence, and social responsibility. The ecoprint workshop not only equipped students with new skills but also served as a medium to integrate character values into the learning process.
Keywords: ecoprint; P5; independent curriculum
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asmara, Dwita Anja. 2020. “Penerapan Teknik Ecoprint Pada Dedaunan Menjadi Produk Bernilai Jual.” Jurnal Pengabdian Seni 1(2):16–26. doi: 10.24821/jas.v1i2.4706.
Ilham, Ilham, Hijril Ismail, Irwandi Irwandi, Hidayati Hidayati, Rima Rahmania, and Muhammad Hudri. 2022. “Pelatihan Percakapan Bahasa Inggris Bagi Pedagang Asongan Di Kawasan Wisata Pantai Senggigi.” SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 6(4):3017. doi: 10.31764/jpmb.v6i4.12198.
Islahudin, Islahudin, M. Isnaini, Linda Sekar Utami, Khairil Anwar, Johri Sabaryati, and Zulkarnain Zulkarnain. 2021. “Pendampingan Praktikum Virtual Laboratorium Berbasis Software Live Wire Bagi Guru Ipa Di Masa Pandemi Covid-19.” SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 4(2):508. doi: 10.31764/jpmb.v4i2.5420.
Sabaryati, Johri, M. Isnaini, Ni Wayan Sri Darmayanti, and Linda Sekar Utami. 2019. “Pelatihan Spreadsheet Untuk Media Pembelajaran Kreatif Dan Solutif Bagi Siswa Sma/Ma Di Kecamatan Narmada.” SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 2(2):28. doi: 10.31764/jpmb.v2i2.883.
Saptutyningsih, E., and B. P. Kamiel. 2019. “Pemanfaatan Bahan Alami Untuk Pengembangan Ecoprint Dalam Mendukung Ekonomi Kreatif.” Prosiding Seminar Nasional … 276–83.
Tamilo, Desa Persiapan, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo, and Mustamin Ibrahim. 2024. “Pelatihan Ecoprint Pada Kelompok Perempuan SP1.” (2):68–72.
Utami, L S, M. Isnaini, H. Nisa, and ... 2023. “Penguatan Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Guru Melalui Lokakarya Kurukulum Merdeka Berbasis IT Dan Google Drive.” … Inovasi: Jurnal … 8(4):937–42.
Utami, Linda Sekar, M. Isnaini, Khairil Anwar, Johri Sabaryati, Nanang Rahman, and Zedi Muttaqien. 2023. “PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE SITE GUNA MENUNJANG PENGUASAAN TIK GURU.” 7:1435–39.
Warman, Taufik, Herdayani Herdayani, Latifah Nur A’in, Della Apriyana, Almayanti Almayanti, Anita Safitri, Siti Pramita, Galang Ramadhan, Khairun Najmi, and Abi Mas Tanjung. 2023. “Pelatihan Ecoprint Sebagai Bentuk Pemanfaatan Bahan Alami Kepada Ibu-Ibu Pkk Desa Mabuan.” EJOIN : Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(9):1001–7. doi: 10.55681/ejoin.v1i9.1570.
Widiastuti, Sussi. 2022. “Pembelajaran Sosial Emosional Dalam Domain Pendidikan: Implementasi Dan Asesmen.” JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala 7(4):964–72. doi: 10.58258/jupe.v7i4.4427.
Zulkarnain, Zulkarnain, Linda Sekar Utami, M. Isnaini, Johri Sabaryati, Khairil Anwar, and M. Firman Ramadhan. 2023. “Penguatan Literasi Elektronik Siswa Melalui Pelatihan Kodifikasi Elektronik Tanaman Berbasis QR Code Di SMKN 1 Narmada.” Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 8(3):572–82. doi: 10.36312/linov.v8i3.1440.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i4.26953
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: