Mengoptimalkan layanan perpustakaan sekolah melalui penerapan manajemen perpustakaan di SDN Pantai Bahagia 04 Muaragembong Bekasi
Abstract
Abstrak
Perpustakaan mempunyai peran penting dalam menumbuhkembangkan minat untuk membaca dan meningkatkan literasi informasi. Idealnya setiap sekolah mempunyai fasilitas perpustakaan yang dapat dimanfaatkan oleh siswa sebagai sumber belajar dan mencari informasi. Namun kenyataannya hingga saat ini masih ada sekolah yang belum memiliki perpustakaan dan salah satunya adalah SDN Pantai Bahagia 04 di Desa Muaragembong Bekasi. Tujuan dari program pengabdian kepada masyarakat ini adalah menginisiasi ketersediaan fasilitas perpustakaan sekolah dan memberikan pelatihan serta pendampingan bagi para guru di sekolah tentang bagaimana mengelola perpustakaan dengan optimal melalui penerapan manajemen perpustakaan dan manajemen perpustakaan digital berbasis SLiMS. Program manajemen perpustakaan ini dilaksanakan selama bulan Juli hingga September 2024 dan diikuti oleh delapan orang peserta yang merupakan guru di SDN Pantai Bahagia 04 yang ditugaskan untuk mengelola perpustakaan. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan program pengabdian ini yaitu pelatihan dan pendampingan. Hasil tes yang dilakukan tim menunjukkan bahwa ada peningkatan pengetahuan tentang manajemen perpustakaan dan manajemen perpustakaan digital berbasis SLiMS antara sebelum dan sesudah peserta diberikan pelatihan dan pendampingan. Pada pelatihan manajemen perpustakaan terdapat peningkatan sebesar 128,57 persen (skor 35 untuk pretes menjadi 80 untuk postes), sedangkan pada pelatihan manajemen perpustakaan digital berbasis SliMS terdapat peningkatan sebesar 2,60 persen (skor 81,20 untuk pretes menjadi 83,31 untuk postes). Hasil monitoring dan evaluasi juga menunjukkan bahwa peserta menilai program manajemen perpustakaan ini memberikan banyak manfaat dan dampak positif yang signifikan bagi sekolah. Dengan adanya pelatihan dan pendampingan ini, para guru merasa sangat terbantu dan memiliki kemampuan untuk mengelola perpustakaan dengan lebih baik agar dapat terus berlanjut di masa mendatang.
Kata kunci: manajemen perpustakaan; manajemen perpustakaan digital berbasis SLiMS; perpustakaan sekolah; sekolah dasar.
Abstract
Libraries have an important role in developing interest in reading and increasing information literacy. Ideally, every school has library facilities that students can use as a source of learning and seeking information. However, the reality is that currently there are still schools that do not have libraries and one of them is SDN Pantai Bahagia 04 in Muaragembong Village, Bekasi. The aim of this community service program is to initiate the availability of school library facilities and provide training and assistance for teachers in schools on how to manage libraries optimally through the implementation of library management and digital library management based on SLiMS. This library management program was implemented from July to September 2024 and was attended by eight participants who were teachers at SDN Pantai Bahagia 04 who were assigned to manage the library. The methods used in implementing this service program are training and mentoring. The results of the test conducted by the team indicated that there was an improvement in knowledge about library management and SLiMS-based digital library management between the pre-test and post-test after the participants were provided with training and mentoring. In the library management training, there was an increase of 128.57 percent (a score of 35 in the pre-test to 80 in the post-test), while in the SLiMS-based digital library management training, the improvement was 2.60 percent (a score of 81.20 in the pre-test to 83.31 in the post-test). The monitoring and evaluation results also show that participants assess that this library management program provides many benefits and has a significant positive impact on schools. With this training and assistance, the teachers feel very helped and have the ability to manage the library better so that it can continue in the future.
Keywords: library management; SLiMS -based digital library management; school library; elementary school.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alpian, A., & Ruwaida, H. (2022). Pengoptimalan peran perpustakaan sekolah dalam menumbuhkan minat baca siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1610–1617. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2363
Apriyani, D., Harapan, E., & Hotman, H. (2021). Manajemen perpustakaan Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 6(1), 132–139. https://doi.org/10.31851/jmksp.v6i1.4103
Awaliyah, S., Badarussyamsi, B., & Putra, D. (2024). Manajemen perpustakaan dalam meningkatkan literasi informasi peserta didik di SMP Negeri 19 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 5791–5796.
Daft, R. L. (2022). Management (14th ed.). Singapore: Cengage Learning.
Efrina, M., Sasongko, R. N., & Zakaria, Z. (2017). Pengelolaan perpustakaan sekolah. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 11(6), 517–524. https://doi.org/10.33369/mapen.v11i6.3399
Fadhli, R., Bustari, M., Suharyadi, A., & Firdaus, F. M. (2021). Manajemen perpustakaan sekolah: Teori dan praktik. Purwokerto: CV. Pena Persada.
Fahmi, A. (2016). Manajemen perpustakaan dan mutu pendidikan di sekolah. Jurnal Paedagogy, 3(1), 22–29. https://doi.org/10.33394/jp.v3i1.3032
Hamurdani, H., Patimah, P., & Lathifah, Z. K. (2024). Pengembangan manajemen perpustakaan sebagai pusat pembelajaran komprehensif di lingkungan SDN Bendungan 01. Educivilia - Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.30997/ejpm.v5i1.10357
Hermawan, A., H., Hidayat, W., & Fajari, I. (2020). Manajemen perpustakaan dalam meningkatkan minat baca peserta didik. Jurnal Islamic Education Manajemen, 5(1), 113–126. https://doi.org/10.15575/isema.v5i1.6151
Kusumaningrum, D. E., Gunawan, I., & Sumarsono, R. B. Triwiyanto, T. (2019). Pendampingan pengelolaan perpustakaan untuk mendukung gerakan literasi sekolah. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 164–169. http://dx.doi.org/10.17977/um050v2i3p164-169
Larasati, L., Hanum, A. N. L., & Madeten, S. S. (2023). Upaya meningkatkan minat baca dan minat kunjung perpustakaan oleh guru dan siswa SMP Negeri 16 Pontianak melalui program literasi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 12(1), 146–155. https://doi.org/10.26418/jppk.v12i1.61484
Puspitasari, D. (2016). Sistem informasi perpustakaan sekolah berbasis web. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 12(2), 227–240.
Ranem, I. N., Dewi, N. P. C. P., & Suastra, I. W. (2022). Peranan perpustakaan dalam mendukung gerakan literasi di Sekolah Dasar. Libraria: Jurnal Perpustakaan, 10(1), 73–92. http://dx.doi.org/10.21043/libraria.v10i1.14203
Robbins, S. P., & Coulter, M. (2021). Management (15th ed.). Harlow : Pearson Education Limited.
Rodin, R., Retnowati, D. A., & Sasmita, Y. P. (2021). Manajemen perpustakaan sekolah (Studi pada Perpustakaan Ceria SMAN 1 Rejang Lebong). The Light: Journal of Librarianship and Information Science, 1(1), 1–11.
Saifudin, M. F., & Istiqomah, A. N. (2021). Peran perpustakaan sebagai sarana pendukung gerakan literasi sekolah di SD Muhammadiyah Pakem. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(1), 31–42. https://doi.org/10.26618/jrpd.v4i1.4863
Wijayanti, S. H., Setiyaningrum, A. Sihombing, D. J. C. Winson, D. C., & Manurung, L. A. (2024). Mengimplementasikan gerakan literasi sekolah di SDN Pantai Bahagia 04 Kecamatan Muaragembong. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 5(2), 1134–1144. http://dx.doi.org/10.46306/jabb.v5i2.1199
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i4.27007
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: