Pelatihan digital keuangan, digital pemasaran, dan efisiensi produksi UMKM

Ahmad Ridho Hidayat, Vegalyra Novantini Samodra, Abdul Basit, Yayuk Mayasni

Abstract


Abstrak

Pemberdayaan UMKM di Lombok ada yang mampu go internasional, namun banyak UMKM yang masih mengalami kendala, yaitu kompetensi pengetahun digital dan belum memaksimalkan penggunaannya, serta terdapat inefisiensi dalam produksi. Diperlukannya pelatihan lebih lanjut guna meningkatkan kapasitas UMKM. Metode pengabdian dalam tulisan ini menggunakn Collaborative Action Research dengan mengambil sampel UMKM binaan UNIZAR dan UMKM yang ada di senggigi, dengan mengkolaborasikan temuan kekurangan UMKM dan memberikan pelatihan. Pengabdian ini bertujuan untuk melakukan pemberdayaan UMKM dengan memberikan pelatihan digitalisasi pemasaran digitalisasi keuangan dan efisiensi dalam produksi. Hasil observasi dari pengabdian enampuluh persen UMKM sudah melakukan digitalisasi pemasaran akan tetapi masih belum maksimal, dan belum berdampak pada peningkatan UMKM, sedangkan dalam digitalisasi keuangan baru 10% UMKM yang melakukan pencatatan keuangan. Setelah dilakukanya pengabdian semua peserta memiliki akun pencatatan keuangan dibuku warung dan akun di shoope yang bisa di akses langsung melalui ponsel untuk meningkatkan digitalisasi keuangan dan pemasaran.

 

Kata kunci: digitalisasi; keuangan; pemasaran; efisien

 

Abstract

Powered umkm in lombok no one can go international, But many umkm are still in trouble., It's a digital year's competence and it hasn't maximized its use yet., And there's inefficients in production..The need for further training to increase the capacity of the umkm.The method of devotion in this writing uses a collaborative action research by taking a sample of umkm binizar and umkm in the tooth, by collaborating finds lacking in umkm and providing training.This devotion aims to empower the umkm by giving digital training digitalization finance and efficiency in production. Observations of devotion enampuluh percent would have done digitalisasi marketing but still not maximum, and has managed to improve businesses, meanwhile in 10 new financial digitalisasi % micro and small entrepreneurs who do recording financial.After dilakukanya devotion all participants get into the service recording financial dibuku shoope account in food stalls and can in direct access by satellite phone to increase financial and marketing digitalisasi

 

Keywords: digital; marketing finance; efficiency


Keywords


digital; marketing finance; efficiency

Full Text:

PDF

References


Andiana, B. D. L., Hurriati, L., & Fathurrahman, F. (2021). Adoption of Digital Marketing in Strengthening Micro, Small and Medium Enterprises in Mataram City during The Covid 19 Pandemic. Proceedings of the 2nd Annual Conference on Education and Social Science (ACCESS 2020), 556(Access 2020), 554–557. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210525.148

Aprilani, T. L., Sayuti, M., Liestiandre, H. K., Pranasari, M. A., Fitri, S. E., & Saksono, H. (2023). Strengthening Rembitan Village MSMEs through Local Wisdom-Based City Branding: A Holistic Approach to Tourism Development “Weaving Village.” Migration Letters, 20(5), 1057–1067. https://doi.org/10.59670/ml.v20i5.4693

Chaffey D. and Smith P. (2017). Digital Marketing Excellence.

Davison, R. M., Martinsons, M. G., & Malaurent, J. (2021). Research perspectives: Improving action research by integrating methods. Journal of the Association for Information Systems. https://doi.org/10.17705/1jais.00682

Djamba, Y. K., & Neuman, W. L. (2002). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. In Teaching Sociology (Vol. 30, Issue 3). https://doi.org/10.2307/3211488

Fuad, M. A. Z., Iranawati, F., & Kartikaningsih, H. (2022). Introduction of appropriate technology for SMEs of fish cracker in Gresik City. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 7(1), 117–127. https://doi.org/10.26905/abdimas.v7i1.5897

Harto, B. (2020). Pelatihan Pembuatan Business Plan Menggunakan Aplikasi Excel Bagi Umkm Juara Kota Bandung. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 2(1), 18–22. https://doi.org/10.31092/kuat.v2i1.722

Hidayat, A. R., Ulum, M., & Irianti, N. N. (2024). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Peningkatan Kinerja dan impelementasi Artificial Intelligence ( study kasus : PT . Akadia Digital Media ) Pengaruh Digital Marketing Terhadap Peningkatan Kinerja dan impelementasi Artificial Intelligence ( study kasus : 5(2), 82–88.

Husen, A. (2024). Strategi Pemasaran Melalui Digital Marketing. Journal Of Social Science Research, 2(5), 1356–1362.

Khasinah, S. (2013). Classroom Action Research. Jurnal Pionir, Volume 1, Nomor 1,.

Prapanca, D., Sriyono, S., & Biduri, S. (2022). Kinerja Umkm Melalui Penguatan Kelembangaan Dan Digital Marketing Saat Pandemi Covid-19. Studi Kasus Inovasi Ekonomi, 6(02), 9–18. https://doi.org/10.22219/skie.v6i02.20493

Purnomo, D., Rakhmadani, D. P., Husein Lubis, M. R., Arum, M. P., & Purbaya, M. E. (2022). Optimisasi Kata Kunci SEO Untuk Peningkatan Pemasaran Digital. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis. https://doi.org/10.21107/jsmb.v9i1.15233

Samodra, V. N. (2024). R eslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal R eslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal. 6, 4474–4491. https://doi.org/10.47476/reslaj.v6i9.2661

Shani, A. B., & Coghlan, D. (2021). Action research in business and management: A reflective review. Action Research. https://doi.org/10.1177/1476750319852147

Susanto, primadi candara dkk. (2024). MANAJEMEN BISNIS: TEORI, STRATEGI, IMPLEMENTASI, DAN INDIKATOR KEBERHASILAN BISNIS. In Media Sains Indonesia (Vol. 11, Issue 1). Media Sains Indonesia. https://store.medsan.co.id/detail/978-623-195-981-2-manajemen-bisnis-teori-strategi-implementasi-dan-indikator-keberhasilan-bisnis

Windiasari, T., & Hidayat, A. R. (2024). THE INFLUENCE OF ORGANIZATIONAL FACTORS , INDIVIDUAL FACTORS , AND ENVIRONMENTAL FACTORS ON EMPLOYEE WORK STRESS IN THE REGIONAL OFFICE OF THE MINISTRY OF pemerintahan . Hal ini sesuai dengan Undang-undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang Agama Provinsi NTB . . 5(1), 44–54.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i4.27010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: