Pelatihan penggunaan software autocad (versi pelajar) sebagai pelengkap gambar kerja bagi staf teknis pada CV. Dwipayana Graha
Abstract
Abstrak
Pelatihan penggunaan software AutoCAD sebagai pelengkap gambar kerja bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam memanfaatkan AutoCAD sebagai alat desain dan konstruksi. Kegiatan pengabdian ini berhasil dilaksanakan dengan baik dan hasil prestest menunjukkan bahwa sebelum pelatihan, pengetahuan peserta dalam penggunaan AutoCAD berada pada tingkat 65%. Namun setelah mengikuti pelatihan, hasil posttest menunjukkan peningkatan menjadi 87%. Hal ini menunjukkan bahwa pelatihan AutoCAD berhasil meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta dalam menggunakan software tersebut. Selain itu, pelatihan ini juga memberikan manfaat berupa kemampuan peserta dalam menghasilkan gambar kerja yang lebih akurat dan efisien menggunakan AutoCAD. Kendala dalam instalasi software berhasil diatasi sehingga tidak menghambat keberhasilan pelatihan. Kegiatan pengabdian ini berhasil memberikan manfaat nyata kepada para peserta dengan meningkatkan pemahaman keterampilan dan efisiensi dalam menggunakan AutoCAD sebagai alat bantu desain dan konstruksi..
Kata kunci: autocad; pelatihan; pretest; postest.
Abstract
The training on the use of Autocad software as a complement to technical drawings aims to enhance the knowledge and skills of the community in utilizing Autocad as a tool for design and construction. This community engagement activity was successfully conducted, and the results of the pretest indicated that participants had a knowledge level of 65% prior to the training. However, after participating in the training, the posttest results showed a significant improvement, reaching 87%. This demonstrates the effectiveness of the Autocad training in enhancing participants' understanding and skills in using the software. Additionally, the training provided participants with the ability to produce more accurate and efficient technical drawings using Autocad. Despite the challenges faced during the software installation process, they were overcome, ensuring smooth progress of the training. Overall, this community engagement activity has delivered tangible benefits to the participants by enhancing their knowledge, skills, and efficiency in utilizing Autocad as a valuable tool for design and construction purposes
Keywords: autocad; training; pretest; posttest
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aldo, A. (2020). Pembuatan modul pembelajaran Autocad pada mata pelajaran aplikasi perangkat lunak dan perancangan interior gedung di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 2(1), 37–51.
ANWAR, K. (2011). Strategi smk dalam membentuk tenaga terampil untuk industri jasa konstruksi (Studi Kasus Di SMK Negeri 1 Wanareja Kabupaten Cilacap).
Bahtiar, R. B. S. (2021). Peningkatan Kualitas Pegawai melalui Program Autocad: Pendekatan Social Exchange Theory. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1).
Binyamin, B., Asnan, M. N., Prasetyo, B. B., & Ledau, D. F. (2020). Program Pelatihan Gambar Teknik Menggunakan Aplikasi AutoCAD di SMK Muhammadiyah 3 Samarinda. Jurnal Pesut: Pengabdian Untuk Kesejahteraan Umat, 2(1), 52–61.
Eliza, F., Hastuti, H., Myori, D. E., & Yanto, D. T. P. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Menengah Kejuruan Melalui Pelatihan Software Engineering. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 5(1), 37–45.
Magdalena, I., Annisa, M. N., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis penggunaan teknik pre-test dan post-test pada mata pelajaran matematika dalam keberhasilan evaluasi pembelajaran di sdn bojong 04. NUSANTARA, 3(2), 150–165.
Mujiarto, S. T. (2020). DASAR GAMBAR TEKNIK 2-D DENGAN COMPUTER AIDED DESIGN (CAD). LPPM Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Nurlaili, D. N., & Dani, H. (2022). Studi terhadap Media Pembelajaran Software AutoCAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 8(1).
Nurmeyliandari, R., Panjaitan, F., Bastam, M. N., & Syaputra, H. (2023). Pelatihan Penggunaan AutoCAD untuk Kontruksi Bangunan Sipil. ABDIMASKU: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 6(2), 525–529.
Oka, G. P. A. (2022). Media dan multimedia pembelajaran. Pascal Books.
Palippui, H., & Rachman, T. (2023). BUKU MENGGAMBAR REKAYASA: ISBN: 978-623-09-3250-2. Book-Professorline, 285-Halaman.
Permanasuri, N., & Sitinjak, T. A. (2022). An Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Melalui Pelatihan AutoCAD Dasar. Pengabdian Kampus: Jurnal Informasi Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat, 9(1), 7–10.
Setiadi, W., & Purwanto, L. M. F. (2021). Teknologi digital pada pendidikan arsitektur di era industri 4.0. JoDA Journal of Digital Architecture, 1(1), 42–51.
Yani, A., Ratnawati, R., & Anoi, Y. H. (2020). Pengenalan Dan Pelatihan Autocad Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Smk Nusantara Mandiri Kota Bontang. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(2).
Yani, A., Ratnawati, R., & Yusuf, M. M. (2020). Pelatihan penggunaan software autocad untuk meningkatan kompetensi siswa-siswi SMK Rigomasi Bontang. Berdaya: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 61–68.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i4.27012
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: