Pendampingan pengembangan life skills siswa melalui kreasi mading di MTs NWDI Terara
Abstract
Abstrak
Seiring dengan percepatan globalisasi, kebutuhan terhadap kurikulum yang mengintegrasikan keterampilan ini semakin urgen dalam mengatasi tantangan seperti pengangguran dan ketidaksetaraan sosial. Pendidikan keterampilan hidup tidak hanya meningkatkan kemampuan kognitif, tetapi juga menekankan dimensi afektif dan psikomotorik, yang meliputi pengembangan kecerdasan emosional dan kemampuan beradaptasi. Kreasi mading di MTs NWDI Terara dapat menjadi media yang efektif dalam pengembangan keterampilan hidup siswa. Aktivitas ini tidak hanya mendorong kreativitas, tetapi juga melatih keterampilan komunikasi, kerja sama, berpikir kritis, dan manajemen waktu siswa. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 15 september 2024 yang di awali dengan proses koordinasi bersama pihak sekolah, observasi lingkungan, penyusunan jadwal kegiatan, pelaksanaan program, pemantauan, penilaian indikator keberhasilan, hingga evaluasi dan refleksi yang melibatkan pengamatan warga sekolah. Kegiatan ini diikuti oleh 8–10 peserta dari kelas VIII dan IX yang berpartisipasi aktif dalam setiap tahapan kegiatan. Hasil pelaksanaan menunjukkan bahwa kegiatan berlangsung tertib, lancar, dan efektif. Keterlibatan aktif guru, mahasiswa, dan siswa menciptakan lingkungan belajar yang kolaboratif, mengembangkan keterampilan komunikasi, kerjasama, manajemen waktu, dan pemecahan masalah pada siswa.
Kata kunci: kreasi mading; pengembangan life skills.
Abstract
In response to the accelerating pace of globalization, the need for curricula that integrate life skillss has become increasingly critical in addressing issues such as unemployment and social inequality. Life skillss education not only enhances cognitive abilities but also emphasizes the affective and psychomotor dimensions, including emotional intelligence and adaptability. The "Mading" (wall magazine) project at MTs NWDI Terara serves as an effective medium for developing students' life skillss by fostering creativity and enhancing communication, teamwork, critical thinking, and time management skills. The program, initiated on September 15, 2024, commenced with coordination with school staff, environmental observation, activity planning, implementation, monitoring, success indicator assessment, evaluation, and reflection involving school stakeholders. The activity involved 8–10 participants from grades VIII and IX, who actively engaged in every phase of the program.The results indicate that the program was conducted in an organized and efficient manner. The active involvement of teachers, student interns, and students created a collaborative learning environment that successfully enhanced students' communication, teamwork, time management, and problem-solving skills.
Keywords: life skills davelopment; magazine creation.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amaral, J. A. A. do, Gonçalves, P., & Hess, A. (2015). Creating a project-based learning environment to improve project management skills of graduate students. Journal of Problem Based Learning in Higher Education, 3(2), 2015–2120. http://dx.doi.org/10.5278/ojs.jpblhe.v0i0.1178
Díaz Ramírez, M. I. (2014). Developing Learner Autonomy Through Project Work in an ESP Class. How, 21(2), 54–73. https://doi.org/10.19183/how.21.2.4
Duma, M. (2019). INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN TAHSIN DAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI MA TAHFIZHIL QUR’AN YAYASAN ISLAMIC CENTRE SUMATERA UTARA. Jurnal ANSIRU PAI, 3, 40–48.
Ediana, D., Andriani, N., Ilmi, A. R. M., & Zulfikhar, R. (2023). Pembelajaran Berbasis Proyek Melalui Aplikasi Dan Platform Web: Kajian Literatur Terhadap Pengembangan Keterampilan Holistik Siswa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(3), 860–866. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/19498
Gheitarani, B., Imani, S., Sadeghi, N., & Ghahari, S. (2017). Effectiveness of life skills training on self-efficacy and emotional intelligence among high school students in Urmia. Life Skills Training Social Determinants of Health, 3(3), 160. http://dx.doi.org/10.22037/sdh.v3i3.18053
Hariyanti, H., & Sundawa, D. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 133–146. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8326
Karo Desire, Christien Sekar Mawarni Waruwu, A. K. M. J. (2023). Desain Materi Pembelajaran Berbasis Proyek: Memotivasi Siswa Melalui Pembelajaran Aktif Dalam Pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Inculco Journal of Christian Education, 3(3), 262–284. https://doi.org/10.59404/ijce.v3i3.156
Khusnul Hamdani, M. (2024). Implementasi Penanaman Life Skill Pada Usia Dini Di Tpa Alba Mandiri Pacitan. Al-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 251–260. https://doi.org/10.46773/alathfal.v5i1.1342
Pare, A., & Sihotang, H. (2023). Pendidikan Holistik untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27778–27787.
Rofiudin, A., Prasetya, L. A., & Prasetya, D. D. (2024). Pembelajaran Kolaboratif di SMK : Peran Kerja Sama Siswa dalam Meningkatkan Keterampilan Soft skills. Journal of Education Research, 5(4), 4444–4455.
Rohmanasari, R., Ma’mun, A., & Muhtar, T. (2019). Dampak Kegiatan Ekstrakurikuler terhadap Perkembangan Life Skills Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(3), 371–382. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i3.15009
Sitanggang, A. A., & Naibaho, D. (2023). Membangun Karakter Kristen: Peran Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Pendidikan Non Formal, 1(2), 12. https://doi.org/10.47134/jpn.v1i2.192
Sulaiman, N. D., & Shahrill, M. (2015). Engaging collaborative learning to develop students’ skills of the 21st century. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(4), 544–552. https://doi.org/10.5901/mjss.2015.v6n4p544
Syafira Nadya, A. H. (2022). PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) UNTUK ANAK USIA DINI Nadya. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 33(1), 1–12.
Umar, M., Faruqi, A., & Heri, T. (2024). Dampak Kecerdasan Emosional terhadap Guru Pendidikan Agama Islam dengan Stakeholder Pendidikan: Suatu Kajian Kualitatif. Journal on Education, 06(02), 13098–13109.
Vidiawati, V. (2019). Implementasi Program Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Pondok Pinang Jakarta Selatan. Tesis, 1–194.
Wayangkau, H., Chandra, A. A., Lolopayung, A., & Horik, R. F. (2022). Peningkatan Life Skill Melalui Pelatihan Meubel Bagi Kelompok Pemuda Tobati Di Kelurahan Vim Distrik Abepura Kota Jayapura. Jurnal Pengabdian Papua, 6(2), 59–62. https://doi.org/10.31957/jpp.v6i2.2350
Zahrika, N. A., & Andaryani, E. T. (2023). Kurikulum Berbasis Budaya untuk Sekolah Dasar: Menyelaraskan Pendidikan dengan Identitas Lokal. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 3(2), 163–169. https://doi.org/10.57251/ped.v3i2.1124
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i4.27050
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: