Pelatihan penggunaan classpoint sebagai media pembelajaran interaktif guru di Smk Negeri Kebasen
Abstract
Abstrak
Pelatihan Penggunaan ClassPoint sebagai Media Pembelajaran Interaktif Guru di SMK Negeri Kebasen bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pengajaran dan pembelajaran guru dalam mengintegrasikan teknologi modern ke dalam ruang kelas. Dalam kegiatan ini, dilakukan workshop yang berfokus pada pengenalan dan penerapan ClassPoint sebagai alat pembelajaran interaktif. Metode workshop melibatkan sesi presentasi, demonstrasi praktis, dan diskusi interaktif untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang potensi serta penggunaan efektif ClassPoint dalam menyampaikan materi pelajaran. Hasil pelatihan ini dapat memberikan wawasan baru bagi guru-guru SMK Negeri Kebasen dalam memanfaatkan teknologi pendidikan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih dinamis dan menarik bagi siswa
Kata kunci: pelatihan; pengabdian masyarakat; video pembelajaran; classpoint.
Abstract
The Training on Using ClassPoint as an Interactive Learning Tool for Teachers at Kebasen State Vocational School aims to enhance teachers' skills in integrating modern technology into the classroom. This training includes a workshop focused on the introduction and application of ClassPoint as an interactive learning tool. The workshop involves presentation sessions, practical demonstrations, and interactive discussions to provide a comprehensive understanding of the potential and effective use of ClassPoint in delivering lesson material. The outcome of this training is expected to provide new insights for Kebasen State Vocational School teachers, enabling them to utilize educational technology to create a more dynamic and engaging learning environment for students.
Keywords: training; community service; learning videos; classpoint.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Indraswati, Dyah, Muhammad Sobri, Aisa Rahmatih, Asri Fauzi, and Lalu Amrullah. 2023. “PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI CLASSPOINT UNTUK MENGOPTIMALKAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR.” Jurnal Interaktif: Warta Pengabdian Pendidikan 3(2):74–81.
Jayanti, Nur Sita Dwi, Anjar Nurrohmah, and Tri Ermayani. 2022. “Adaptasi Teknologi Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 Sebagai Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan II Di SD Negeri Pantirejo 1 Kabupaten Sragen.” Manggali 2(1):97. doi: 10.31331/manggali.v2i1.2017.
Juanita, Safitri, Putri Hayati, and Dolly Virgian Shaka Yudha Sakti. 2019. “Peningkatan Keterampilan Menyajikan Presentasi Menarik Dan Interaktif Bagi Guru Pkbm Negeri 27 Petukangan Dengan.” 528–33.
Karim, Arman Suryadi, Melda Agarina, Sutedi, M. Said Hasibuan, and M. Royan Fauzi. 2022. “PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CLASSPOINT BAGI GURU Di PROPINSI LAMPUNG.” J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(3):4399–4406. doi: 10.53625/jabdi.v2i3.2986.
Mashud, M., R. Rohayati, F. Wanita, Gatot, E., I. T. Darwis, and P. Paramita. 2021. “Implementasi Program Aplikasi Rekapitulasi Pembayaran Spp Pada Smk Prima Tiara Makassar.” Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat.
Oktadela, Resy, Shalawati Shalawati, Putri Octa Hadiyanti, Yusti Elida, and Syofianis Ismail. 2024. “Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Classpoint Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Siswa SMA-IT Imam Syafe’i Pekanbaru.” Dedikasi: Jurnal Pengabdian Pendidikan Dan Teknologi Masyarakat 2(2):128–31. doi: 10.31004/dedikasi.v2i2.57.
Rasmila, R., Huda, N., Jemakmun, J., Mukti, A. R., Amalia, R., Hadinata, N., Kurniawan, K., Putra, A. Nainggolan, C. E. 2022. “Pelatihan Presentasi Menggunakan Microsoft Power Point Pada SMP Patra Mandiri 2 Palembang.” ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. doi: https://doi.org/10.29408/ab.v3i1.5853.
Sundari, Hadiyani Dian, Muhlis, and Iskandar; 2021. “Penerapan Media Presentasi Classpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris MAN 19 Jakarta.” Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran 3(3):1–9.
Widayanti, Tri, and Bety Agustina Rahayu. 2024. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Oleh Lansia Sebagai Penunjang Activity of Daily Living Use of Information Technology by the Elderly to Support Activities of Daily Living.” 4(01):25–31.
Yusuf, Muhammad, Abdul Mannan, Resky Almeyda, and Nurul Hidayah. 2023. “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Classpoint Di Sekolah Sebagai Media Pembelajaran Interaktif.” (November):550–54.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i4.27056
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: