Penerapan kearifan lokal bali tri hita karana di lingkungan sekolah sebagai upaya pelestarian wisata budaya Bali

I Made Swariga, Gede Hendra Rahita, Desak Putu Ernawati

Abstract


Abstrak                                                                                 

Pariwisata budaya Bali yang kaya dengan kearifan lokal memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan antara manusia, alam, dan spiritualitas, sebagaimana tercermin dalam konsep Tri Hita Karana. Artikel ini membahas upaya pelestarian pariwisata budaya di Bali melalui penerapan nilai-nilai Tri Hita Karana dalam gerakan bersih lingkungan. Dengan mengintegrasikan prinsip-prinsip keharmonisan antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan alam, dan manusia dengan sesama, gerakan ini berfungsi sebagai sarana untuk menjaga kelestarian lingkungan sekaligus mempertahankan identitas budaya Bali. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan pemahaman dan pelaksanaan Tri Hita Karana. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode sosialisasi dengan melalui 4 tahapan yang diantaranya tahap identifikasi, tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap implementasi. Adapun hasil yang didapatkan dari kegiatan ini adalah diantaranya 1). Siswa bersama-sama guru melakukan kegiatan kebersihan di lingkungan sekolah setiap hari sebelum memulai aktivitas pembelajaran. 2). Siswa dapat melakukan salam,sapa pada semua orang dan dapat membantu sesama teman. 3). Siswa dapat menjaga lingkungannya dengan membuang sampah pada tempatnya, membersihkan lingkungan sekolahnya setiap hari.

 

Kata kunci: tri hita karana;wisata budaya; Bali

 

Abstract

Balinese cultural tourism, which is rich in local wisdom, has an important role in maintaining the balance between humans, nature and spirituality, as reflected in the Tri Hita Karana concept. This article discusses efforts to preserve cultural tourism in Bali through the application of Tri Hita Karana values in the environmental clean movement. By integrating the principles of harmony between humans and God, humans and nature, and humans and each other, this movement functions as a means of preserving the environment while maintaining Balinese cultural identity. This activity was carried out with the aim of increasing understanding and implementation of Tri Hita Karana. This activity was carried out using the socialization method through 4 stages, including the identification stage, preparation stage, implementation stage and implementation stage. The results obtained from this activity include 1). Students and teachers carry out cleaning activities in the school environment every day before starting learning activities. 2). Students can greet everyone and help fellow friends. 3). Students can protect their environment by throwing rubbish in the right place, cleaning the school environment every day.

 

Keywords: tri hita karana; cultural tourism; Bali


Keywords


tri hita karana; cultural tourism; Bali

Full Text:

PDF

References


Anastasya, I. G. A. M. B., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). Meningkatkan Karakter Peduli Sosial Siswa SD Melalui Pembiasaan Tri Hita Karana. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 992–1002. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3084

Arimbawa, I. G. A., Atmadja, N. B., & Natajaya, I. N. (2019). Peran Guru Pendidikan Agama Hindu dalam Membangun Nilai Karakter Siswa melalui Implementasi Tri Hita Karana. Indonesian Values and Character Education Journal, 1(1), 31. https://doi.org/10.23887/ivcej.v1i1.20306

Arini, N. W., Widyani, N. W., & I Made Putra Aryana. (2023). Dampak Ajaran Tri Hita Karana Terhadap Karakter Siswa Di Smp Negeri 1 Bangli. Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu, 10(2), 23–33. https://doi.org/10.25078/gw.v10i2.2919

Arta Jaya, K. (2019). Membangun Mutu Pendidikan Karakter Siswa Melalui Implementasi Ajaran Tri Hita Karana. Jurnal Penjaminan Mutu, 5(1), 57. https://doi.org/10.25078/jpm.v5i1.759

Budiadnya, I. P. (2019). Tri Hita Karana Dan Tat Twam Asi Sebagai Konsep Keharmonisan Dan Kerukunan. Widya Aksara : Jurnal Agama Hindu, 23(2). https://doi.org/10.54714/widyaaksara.v23i2.38

Dikta. (2020). Pembelajaran Berorientasi Tri Hita Karana Sebagai Upaya Penguatan Kualitas Pendidikan Dasar Pada Abad Ke 21. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 126–136. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/3103

Eka, P., Dewi, L., Hindu, U., Gusti, N. I., Sugriwa, B., & Author, C. (2022). Penerapan Tri Hita Karana Bentuk Kearifan Lokal Bali. Jurnal Penalaran Riset (Journal of …, 115–122. http://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/jpr/article/download/992/1418

Hutasoit, H., & Wau, R. (2017). Menuju Sustainability Dengan Tri Hita Karana (Sebuah Studi Interpretif Pada Masyarakat Bali). Business Management Journal, 13(2). https://doi.org/10.30813/bmj.v13i2.917

Janawati, D. P. A., & Sueca, I. N. (2022). Pendampingan Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan Di Sd Negeri 3 Sulahan. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 514. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7714

Narayani, N. N. W., Suwatra, I. I. W., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Nht Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Karakter Dan Hasil Belajar Ipa. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(1), 1. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i1.20785

Padet, I. W. P. W., & Krishna, I. B. W. (2018). Falsafah Hidup Dalam Konsep KosmologiTri Hita Karana. Genta Hredaya, 2(2), 37–43.

Parmajaya, I. P. G. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana Para Siswa Hindu. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama & Budaya, 11–17.

Parmajaya, I Putu Gede. (2018). Implementasi Konsep Tri Hita Karana Dalam Perspektif Kehidupan Global : Berpikir Global Berperilaku LokaL.

Rai, I. B., Sila, I. M., Brata, I. B., & Sutika, I. M. (2022). Membangun Karakter Profil Pelajar Pancasila Berlandaskan Tri Hita Karana dalam Perspektif Kehidupan Global. Mimbar Ilmu, 27(3), 417–425. https://doi.org/10.23887/mi.v27i3.54307

Sari, N. L. M. D. A, & Wulandari, G. A. A. (2022). Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa SD Melalui Pembiasaan Tri Hita Karana. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 971–981. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5366.

Sari, Ni Luh Made Dwi Amertha, & Wulandari, I. G. A. A. (2022). Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa SD Melalui Pembiasaan Tri Hita Karana. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5366

Suanthara, I. N. D. E. (2021). Strategi Penerapan Tri Hita Karana Pada Smp Negeri 5 Singaraja. Jurnal Widya Sastra Pendidikan Agama Hindu, 3(2), 50–63. https://doi.org/10.36663/wspah.v3i2.81

Subagia, N. K. W., Holilulloh, & Nurmalisa, Y. (2016). Persepsi Masyarakat Terhadap Konsep Tri Hita Karana Sebagai Implementasi Hukum Alam. Jurnal Kultur Demokrasi.

Suminto, S., & Kustiyanti, D. (2023). The Concept of Tri Hita Karana in Kakawin Siwaratrikalpa as a Means to Interpret Life. Lekesan: Interdisciplinary Journal of Asia Pacific Arts, 6(1), 62–71. https://doi.org/10.31091/lekesan.v6i1.2445

Zakky. (2020). Pengertian Observasi Menurut Para Ahli dan Secara Umum. Www.Zonareferensi.Com, 1–14.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i3.27077

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: