Pelatihan peningkatan kapabilitas guru SD dalam mengimplementasikan model TaRL untuk pembelajaran literasi dasar membaca

Ahyar Ahyar, Ita Fitriati, Suriya Ningsyih, Arif Rahman Hakim, Ramli Ramli, Syarifudin Syarifudin

Abstract


Abstrak

Literasi dasar membaca merupakan suatu yang sangat penting dalam tercapainya hasil dan tujuan belajar. Model  pembelajaran TaRL atau berbasis level kemampuan ini sudah terbukti mampu meningkatkan kemampuan literasi dasar membaca siswa SD. Oleh karena itu perlu dilakukannya kegiatan pengabdian kepada masyarak melalui pelatihan peningkatan kapabilitas guru SD dalam mengimplementasikan model TaRL. Pelatihan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru SDN Inpres Samili 1 dalam menuntaskan kemampuan literasi dasar membaca peserta didik dengan mengimplementasikan model pembelajaran TaRL. Pelatiahan ini bermitra dengan Inpres Samili 1 yang melibatkan guru-guru sebanyak 21 peserta. Metode pelaksaan kegiatan ada lima tahap yang pertama tahap persiapan, kedua tahap  sosialisai, ketiga tahap pelaksanaan , keempat tahap pendampingan, kelima tahap evaluasi. Pelaksanaan kegiatan diawali dengan pre-test , kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi, materi pertama tentang Model TaRl, materi ke dua simulasi pembelajaran TaRL dan diakhiri dengan pengisian postest, Hasil evaluasi dari kegiatan ini guru terlihat sangat antusias dalam proses pelatihan dan workshop, hal ini terbukti dari hasil kemampuan guru yang dianalisis menggunakan gain  ternormalisasi  dengan nilai sebesar 0,05 sehingga dapat dikategorikan tinggi, artinya bahwa kegiatan pelatihan implementasi model TaRL untuk pembelajaran Literasi dasar membaca berhasil dilakukan.

 

Kata kunci: model; tarl; literasi; dasar; membaca.

 

Abstract

Basic reading skills are crucial for achieving effective learning outcomes and objectives. The TaRL model, which is based on students' individual ability levels, has proven effective in improving elementary school students’ basic reading literacy. Therefore, community service activities in the form of teacher training are necessary to enhance teachers' abilities in implementing the TaRL model. The training aims to improve the knowledge and skills of SDN Inpres Samili 1 teachers in developing students' basic reading literacy through the TaRL approach. The training, which involved 21 teacher participants, was conducted in partnership with Inpres Samili 1. The implementation of the activity consisted of five stages: preparation, socialization, implementation, mentoring, and evaluation. The process began with a pre-test, followed by material presentations: the first on the TaRL model and the second on a TaRL learning simulation, concluding with a post-test. Evaluation results showed the teachers were highly enthusiastic throughout the training and workshops, as evidenced by their improved abilities, which were analyzed using normalized gain with a value of 0.05, categorized as high. This indicates that the training for implementing the TaRL model was successful.

Keywords: model; tarl; literacy; basic; reading.


Keywords


model; tarl; literacy; basic; reading.

Full Text:

PDF

References


Ahyar, Ahyar, Ita Fitriati, Anita Nurgufriani, and Syarifudin Syarifudin. 2023. “Pengembangan E-Book Berbasis Model TaRL (Teaching at The Rigth Level) Sebagai Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Literasi Dasar Membaca Di Sekolah Dasar.” JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 6(4):241. doi: 10.17977/um038v6i42023p241.

Ahyar, Ahyar, Nurhidayah Nurhidayah, and Adi Saputra. 2022. “Implementasi Model Pembelajaran TaRL Dalam Meningkatan Kemampuan Literasi Dasar Membaca Peserta Didik Di Sekolah Dasar Kelas Awal.” JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5(11):5241–46.

Arika, Y. 2021. “100 Juta Anak Gagal Menguasai Keterampilan Dasar Membaca.” Kompas. Id. Retrieved (https://www.kompas.id/baca/dikbud/2021/03/30/100-juta-anak-gagal-menguasai-keterampilan-dasar-membaca).

Banerji, R. 2022. “Teaching at The Right Level: Strenhthening Foundational Skills to Accelerate Learning.”

Banerji, Rukmini, and Esther Duflo. 2015. “Teaching at the Right Level: Solutions for Low Learning Levels in India.” PAL Network People’s Action for Learning.

Devella, Siska, Yohannes Yohannes, and Nur Rachmat. 2021. “Pelatihan Pembuatan Website Sekolah Menggunakan Wordpress Untuk Guru Tik Sma Negeri 17 Palembang.” Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 4(2):406–11. doi: 10.31764/jpmb.v4i2.4488.

Erfan, Muhammad, Mohammad Archi Maulyda, Lalu Hamdian Affandi, Awal Nur Kholifatur Rosyidah, Itsna Oktaviyanti, and Iwan Hamdani. 2021. “Identifikasi Wawasan Literasi Dasar Guru Dalam Pembelajaran Berbasis Level Kemampuan Siswa.” Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar 7(1):1–18. doi: 10.29408/didika.v7i1.3520.

Fitriati, Ita, and Ramdani Purnamasari. 2023. “WORKSHOP PENYUSUNAN E-EVALUATION TEMATIK BERBASIS GAMIFICATION LEARNING UNTUK PENINGKATAN KECAKAPAN LITERASI TEKNOLOGI GURU.” Pp. 128–32 in Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat (SENIAS). Vol. 7.

Ilham, Bahrul Ulum. 2022. “Harbuknas 2022: Literasi Indonesia Peringkat Ke-62 Dari 70 Negara.” Bisnis UMKM. Diakses Pada 23.

Irawati, Ika, Fitri Ningsi, Rahmi Rahmi, and Ita Fitriati. 2021. “Improving Students Speaking Ability Through Storytelling at Eleventh Grade of SMAN I Lambitu.” DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial 2(2):106–11. doi: 10.53299/diksi.v2i2.122.

Kemendikbud, R. I. 2019. “Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34.” Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan Dan Kebudayaan, Badan Penelitian Dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan (2).

Kurniaman, Otang, and Zufriady Zufriady. 2019. “The Effectiveness of Teaching Materials for Graphic Organizers in Reading in Elementary School Students.” Journal of Educational Sciences 3(1):48–62. doi: 10.31258/jes.3.1.p.48-62.

Lakhsman, Samyukta. 2019. “Improving Reading and Arithmetic Outcomes at Scale: Teaching at the Right Level (TaRL), Pratham’s Approach to Teaching and Learning.” Revue Internationale d’éducation de Sèvres.

Mahardhani, Ardhana Januar, Harun Joko Prayitno, Miftakhul Huda, Endang Fauziati, Nurul Aisah, and Aditiya Dwi Prasetiyo. 2021. “Pemberdayaan Siswa SD Dalam Literasi Membaca Melalui Media Bergambar Di Magetan.” Buletin KKN Pendidikan 3(1):11–22. doi: 10.23917/bkkndik.v3i1.14664.

Ningsyih, Suriya, Syahriani Yulianci, Mila Septian Haryati, Syarifudin Syarifudin, Zulharman Zulharman, and Ahyar Ahyar. 2022. “Analisis Kemampuan Literasi Membaca Peserta Didik Melalui Pembelajaran Tarl Pada Program Gemar Literasi Sekolah Dasar.” Pp. 1–5 in Seminar Nasional Taman Siswa Bima.

Sari, Prima Mutia, and Husnin Nahry Yarza. 2021. “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Dan Wordwall Pada Pembelajaran IPA Bagi Guru-Guru SDIT Al-Kahfi.” SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 4(2):195–99. doi: 10.31764/jpmb.v4i2.4112.

Yoviyanti, Rifkah, Wahyudi Wahyudi, Uki Suhendar, and Zuraidah Zuraidah. 2024. “The Effectiveness of Peer Tutoring on Student’s Understanding of Mathematical Concepts.” JP2-Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran 6(3):1–11. doi: 10.23887/jp2.v6i3.65191.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i4.27111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: