Pendampingan percepatan implementasi kurikulum merdeka melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan capaian pembelajaran peserta didik
Abstract
Abstrak
Melalui pembelajaran berdiferensiasi, potensi peserta didik dikembangkan sesuai dengan kebutuhan, karakteristik, dan tingkat pencapaiannya. untuk mencapai pembelajaran yang sesuai dengan konsep tersebut, dilakukan pendampingan implementasi kurikulum merdeka dan berbagai perangkatnya. Mitra kegiatan pendampingan yaitu SMP 1 Kaloran dengan jumlah peserta (guru) sebanyak 30 orang. Tujuan kegiatan ini yaitu meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru untuk melakukan implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran berdiferensiasi secara terstruktur dan holistik. Tahap pertama kegiatan yaitu sosialisasi terkait materi kurikulum Merdeka, tahap kedua pelatihan tentang pembelajaran berdiferensiasi (perencanaan, pelaksanaan, pengolahan, dan pelaporan hasil penilaian atau asesmen), tahap ketiga pelatihan dalam penggunaan multimetode pembelajaran dan asesmen pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Quizizz. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah terjadi peningkatan dalam implementasi kurikulum merdeka yaitu pada penerapan pembelajaran berdiferensiasi di kelas dan penggunaan multimetode pembelajaran yang interaktif.
Kata kunci: pelatihan; kurikulum merdeka; pembelajaran berdiferensiasi; capaian pembelajaran; multimetode
Abstract
Through differentiated learning, the potential of learners is developed according to their needs, characteristics, and level of achievement. to achieve learning in accordance with this concept, assistance is provided in the implementation of the Merdeka curriculum and its various tools. The mentoring activity partner is SMP 1 Kaloran with 30 participants (teachers). The purpose of this activity is to increase teachers' knowledge and understanding to implement the independent curriculum in differentiated learning in a structured and holistic manner. The first stage of the activity is socialisation related to Merdeka curriculum material, the second stage is training on differentiated learning (planning, implementing, processing, and reporting assessment results), the third stage is training in the use of multi-method learning and learning assessment using the Quizizz application. The result of this service activity is an increase in the implementation of the independent curriculum, namely in the application of differentiated learning in the classroom and the use of interactive multi-method learning.
Keywords: training; merdeka curriculum; differentiated learning; learning outcomes; multi-methods
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariyanti, Y. P., & Hazin, M. (2024). Evaluasi Kebijakan kurikulum Merdeka.
Astiti, K. A., Supu, A., Sukarjita, I. W., & Lantik, V. (2021). Pengembangan bahan ajar ipa terpadu tipe connected berbasis pembelajaran berdiferensiasi pada materi lapisan bumi kelas vii. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(2), 112–120.
Bendriyanti, R. P., Dewi, C., & Nurhasanah, I. (2021). Manajemen pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan kualitas belajar siswa kelas ix smpit khairunnas. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 6(2), 70–74.
Dello-Iacovo, B. (2009). Curriculum reform and ‘Quality Education’ in China: An overview. International Journal of Educational Development, 29(3), 241–249. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2008.02.008
Febriani, Y., Sundari, C., & Saleh, A. R. (2022). Pelatihan Komite Pembelajaran Bagi Sekolah Penggerak di Provinsi Riau. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(4), 1661–1665.
Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180
Hamik, M., & Sriwahyuni, E. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Perspektif Progresivisme Pada Mata Pelajaran Ipa. Edukimbiosis: Jurnal Pendidikan IPA, 1(2), 1–8.
Leasa, M., Nuniary, S., Batlolona, J. R., & Suyanti, M. V. (2023). Pendampingan Kurikulum Merdeka bagi Guru SD dan SMP di Negeri Sanahu, Kabupaten Seram Bagian Barat. AJAD : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(3). https://doi.org/10.59431/ajad.v3i3.211
Lestari, W., Sari, M. M., Istyadji, M., & Fahmi, F. (2023). Analysis of implementation of the independent curriculum in science learning at SMP Negeri 1 Tanah Grogot Kalimantan Timur, Indonesia. Repository Universitas Lambung Mangkurat.
Maulidiyah, H. (2022). Supervisi Klinis Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru SDN Songgokerto 03 Kota Batu Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 1(3), 375–397.
Oktradiksa, A., Mujahidun, M., Hunt, C., & Aufa, M. (2023). A Literacy and Numeracy Model to Enhance the Independent Learning Education for Islamic Elementary School Teachers. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 10(1), 105. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v10i1.13041
Puad, L. M. A. Z., & Ashton, K. (2023). A critical analysis of Indonesia’s 2013 national curriculum: Tensions between global and local concerns. The Curriculum Journal, 34(3), 521–535. https://doi.org/10.1002/curj.194
Subhan, S. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Mewujudkan Merdeka Belajar Melalui Lokakarya Di Smpn 3 Pontianak. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 7(1).
Wahono, T. (2022). Penguatan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Agama Hindu Pada Sistem Pembelajaran Blok Implementasi Merdeka Belajar. Widya Aksara: Jurnal Agama Hindu, 27(2), 175–183.
Wijaya, S., Sumantri, M. S., & Nurhasanah, N. (2022). Implementasi Merdeka Belajar Melalui Strategi Pembelajaran Terdiferensiasi Di Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1495–1506.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i4.27209
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: