Pelatihan dan pendampingan penelitian mahasiswa melalui implementasi cendekia riset camp di Desa Pesisir

Ridho Azahar, Cika Faradila, Akehke Rezekine Meidea Naosis, Fitri Irawati, Nurliyah Indah, Diva Nabilah, Alfi Syahri

Abstract


Abstrak

Penelitian merupakan pilar penting pendidikan tinggi di Indonesia yang berperan mengembangkan ilmu pengetahuan dan memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat dengan memecahkan suatu masalah. Namun, kurangnya pemahaman tentang metodologi penelitian dan kurangnya pendampingan menyebabkan kualitas penelitian yang dihasilkan oleh mahasiswa tidak optimal. Cendekia Riset Camp bertujuan membekali mahasiswa Universitas Negeri Medan melalui kegiatan penelitian dan pendampingan untuk meningkatkan pemahaman metodologi penelitian dan karya tulis ilmiah dengan melakukan penelitian di desa pesisir serta terciptanya artikel penelitian yang terpublikasi. Cendekia Riset Camp dilaksanakan secara hybrid pada tanggal 29 Juli 2023 sampai 2 September 2023 di desa Bagan Serdang Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terbentuknya 18 tim terdiri dari 3-5 orang sebagai peneliti yang diberikan pelatihan dan pendampingan selama 35 hari di bidang pendidikan dan kesehatan, lingkungan, sosial budaya, ekonomi kreatif dan pariwisata. Kedua, terdapat 8 tim menyelesaikan artikel penelitian dan 2 artikel telah terpublikasi di jurnal dan proceeding.

 

Kata kunci: penelitian mahasiswa; cendekia riset camp; desa pesisir.

 

Abstract

Research is a crucial pillar of higher education in Indonesia, playing a significant role in advancing knowledge and making tangible contributions to society by solving various problems. However, a lack of understanding of research methodology and insufficient guidance have resulted in suboptimal research quality produced by students. The "Cendekia Riset Camp" aims to equip students at Medan State University through research activities and mentorship to enhance their understanding of research methodology and academic writing by conducting research in coastal villages and producing published research articles. The Cendekia Riset Camp was conducted in a hybrid format from July 29, 2023, to September 2, 2023, in Bagan Serdang Village, Pantai Labu District, Deli Serdang Regency, North Sumatra Province. The methods employed were training and mentorship. The research results indicated the following: First, 18 teams, each consisting of 3-5 members, were formed and provided with training and mentorship for 35 days in the fields of education and health, environment, socio-culture, creative economy, and tourism. Second, 8 teams completed research articles, with 2 articles having been published in journal and proceeding.

 

Keywords: student research; scholar research camp; coastal village.


Keywords


student research; scholar research camp; coastal village.

Full Text:

PDF

References


Aisiah, A., & Firza, F. (2019). Kendala yang Dihadapi Mahasiswa Jurusan Sejarah dalam Menulis Proposal Skripsi. Diakronika, 18(2), 90. https://doi.org/10.24036/diakronika/vol18-iss2/70

Arifudin, O. (2019). Manajemen Sistem Penjaminan Mutu Internal (Spmi) Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah MEA, 3(1), 161–169. https://doi.org/https://doi.org/10.31955/mea.vol3.iss1.pp161-169

Budhyani, I. D. A. M., & Angendari, M. D. (2021). Kesulitan dalam Menulis Karya Ilmiah. Mimbar Ilmu, 26(3), 400. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.40678

Darmalaksana, W. (2021). Pelatihan penulisan artikel untuk keberhasilan mahasiswa dalam publikasi ilmiah. Pre-Print Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–15.

Fatah, A., & Lisa, N. P. (2022). Pengembangan Potensi Lokal Pesisir Mengolah Ikan Menjadi Nugget Guna Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Masyarakat Nelayan di Seuneubok Aceh. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(2), 427–432. https://doi.org/10.54082/jamsi.250

Fitriana, K. (2022). Hubungan Eating Disorder dan Tingkat Pengetahuan Diet dengan Status Gizi Remaja Putri. Nutrizione: Nutrition Research And Development Journal, 2(2), 1–9. https://doi.org/10.15294/nutrizione.v2i2.58060

Gilinsky Jr., A., Forbes, S. L., & Reed, M. M. (2016). Writing cases to advance wine business research and pedagogy. Wine Economics and Policy, 5(1), 60–67. https://doi.org/10.1016/j.wep.2016.04.001

Huber, M. M., Leach-López, M. A., Lee, E., & Mafi, S. L. (2020). Improving accounting student writing skills using writing circles. Journal of Accounting Education, 53, 100694. https://doi.org/10.1016/j.jaccedu.2020.100694

Hunanda Kuswandari, A. (2018). KONTRIBUSI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SEBAGAI KONSTRUKSI PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS ESAI. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 4(1). https://doi.org/10.22202/jg.2018.v4i1.2410

Ismail, & Elihami. (2019). Pelatihan penyusunan artikel publikasi ilmiah bagi mahasiswa perguruan tinggi STKIP muhammadiyah enrekang. Maspul Journal of Community Empowerment (MJCE), E-ISSN 2580-0469, 1(1), 12–20. https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/271%0Ahttps://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/download/271/131

Prahmana, R. C. I., & Lisnani, L. (2022). PELATIHAN PENULISAN DAN PUBLIKASI ARTIKEL ILMIAH MENGGUNAKAN DIGITAL PLATFORM PADA MASA PANDEMI. Jurnal Terapan Abdimas, 7(1), 84. https://doi.org/10.25273/jta.v7i1.10727

Safitri, B. R. A., Pahriah, Hatimah, H., Indah, D. R., & Suryati. (2021). Pelatihan karya tulis ilmiah bagi mahasiswa program studi pendidikan kimia UNDIKMA. Abdi Masyarakat, 3(2), 41–44.

Saman, A., & Bakhtiar, M. I. (2018). Karya tulis ilmiah bagi mahasiswa STKIP Andi Matappa Kabupaten Pangkep. Jurnal Terapan Abdimas, 3(1), 39. https://doi.org/10.25273/jta.v3i1.2165

Suchaina, S., Kartika, D., Ayunin, K., & Fitriyah, F. (2019). Pendampingan ekstrakurikuler menjahit untuk meningkatkan soft skill dan kesiapan berwirausaha siswa Madrasah Aliyah (MA) Sunan Ampel Keraton Pasuruan. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(2), 115–124. https://doi.org/10.20414/transformasi.v15i2.1722

Tambaip, B., & Rediani, N. N. (2022). Meningkatkan kemampuan menulis artikel ilmiah melalui pelatihan dan pendampingan. International Journal of Community Service Learning, 6(4), 448–457.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i4.27214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: