Penguatan literasi digital guru dalam pembelajaran terdiferensiasi di SMP Negeri 6 Bintan

Mariyanti Elvi, Roma Doni Azmi, M. Pemberdi Intasir

Abstract


Abstrak

Kurikulum merdeka diharapkan memberikan pembelajaran yang inovatif, bermakna, dan menyenangkan. Namun penerapannya masih belum optimal. Guru masih belum mampu merancang dan menerapkan pembelajaran terdiferensiasi yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Selain itu penggunaan teknologi digital sebagai bentuk implementasi kurikulum merdeka masih minim. Dengan demikian perlu adanya suatu pelatihan bagi guru untuk meningkatkan kompetensinya dalam merancang pembelajaran terdiferensiasi dan mengembangkan media pembelajaran berbasis digital. Kegiatan PKM ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru dalam merancang pembelajaran terdiferensiasi yang sesuai dengan kebutuhan siswa serta penguatan kompetensi digital guru dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis digital yang terintegrasi dengan pembelajaran terdiferensasi. Metode yang dilakukan diantaranya sosialisasi dan pelatihan, praktik dan pendampingan, penerapan teknologi dan evaluasi serta tindak lanjut. Hasil PKM ini adalah terdapat peningkatan kompetensi peserta terhadap pembelajaran terdiferensiasi dan peserta mampu mengembangkan media pembelajaran berbasis digital.

 

Kata kunci: kurikulum Merdeka; pembelajaran terdiferensiasi; media pembelajaran

 

Abstract

The independent curriculum is expected to provide innovative, meaningful and fun learning. However, its implementation is still not optimal. Teachers are still unable to design and implement differentiated learning according to student needs. In addition, the use of digital technology as a form of implementing the independent curriculum is still minimal. Thus, there is a need for training for teachers to improve their competence in designing differentiated learning and developing digital-based learning media. This PKM activity aims to improve teacher competence in designing differentiated teaching and learning that suits student needs and strengthening teacher digital competence in developing digital-based learning media that is integrated with differentiated learning. The methods include socialisation and training, practice and mentoring, technology application and evaluation and follow-up. The results of this PKM are an increase in participants' competence in differentiated learning and participants are able to develop digital-based learning media.

 

Keywords: independent curriculum; differentiated learning; learning media


Keywords


independent curriculum; differentiated learning; learning media

Full Text:

PDF

References


Akhmadi, Agus. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Di Madrasah Ibtidaiyah.” Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan 11(1). doi: 10.36052/andragogi.v11i1.310.

Almukarramah, Sarson W. Dj Pomalato, and Emli Rahmi. 2024. “PENGGUNAAN SMART APP CREATOR (SAC) SEBAGAI PERANGKAT PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INOVATIF.” Radial:Jurnal Peradaban Sains,Rekayasa Dan Teknologi (2). doi: 10.37971/radial.vXXiXX.XXX.

Amelia, Dinda, Memet Sudaryanto, Bivit Anggoro, and Prasetyo Nugroho. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Smart Apps Creator (SAC).” ProsidingSeminarNasional.

Azizah, A. .. 2020. “Penggunaan Smart Apps Creator (SAC) Untuk Mengajarkan Global Warming.” Seminar Nasional Fisika (SNF) 2020.

Bulan, A., and M. N. Imansyah. 2023. “Persepsi Guru Bahasa Inggris Terhadap Multimedia Pembelajaran Interaktif Dan Pembelajaran Terdiferensiasi.” BULLET: Jurnal Multidisiplin … 2(01).

Danim, Sudarwan, Syukri Hamzah, Badeni Badeni, Meydia Afrina, and Elsa Viona. 2024. “Pemberdayaan Kreativitas Guru Sekolah Indonesia Di Malaysia Melalui Mobile Learning Berbantuan Smart Apps Creator Untuk Mendukung Implementasi Pembelajaran Terdiferensiasi.” Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service) 6(2):284–95. doi: 10.36312/sasambo.v6i2.1940.

Dewi, Ni Made Ayu Sukma, I. Made Ardana, and Phill I. Gusti Putu Sudiarta. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik.” 4:547–60.

Elvi, Mariyanti, Nur Izzati, Nur Asma Riani Siregar, Susanti, Metta Liana, and Aang Yudho Prastowo. 2024. “PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MATEMATIKA SMP/MTs KOTA TANJUNGPINANG DALAM MENGEMBANGKAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA.” Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti 5(3):770–80. doi: 10.38048/jailcb.v5i3.4126.

Gusteti, Meria Ultra, and Neviyarni Neviyarni. 2022. “Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka.” Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika 3(3):636–46. doi: 10.46306/lb.v3i3.180.

Hastari, Lutvia, and Sari Saraswati. 2024. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Berbantukan Aplikasi SAC.” Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika 3(02):53–64. doi: 10.33752/cartesian.v3i02.5908.

Herwina, Wiwin. 2021. “Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi.” Perspektif Ilmu Pendidikan 35(2):175–82. doi: 10.21009/pip.352.10.

Landa, Zeth Rodo, Tarsicius Sunaryo, and Hotner Tampubolon. 2021. “Pengaruh Literasi Digital Guru Dan Manajemen Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Di SMA Pelita Rantepao.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 5(1). doi: 10.31004/cendekia.v5i1.529.

Marlina. 2019. PANDUAN PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SEKOLAH INKLUSIF.

Maulinda, Utami. 2022. “Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka.” Tarbawi 5(2):130–38.

Siregar, Nur Asma Riani, Susanti Susanti, Metta Liana, and Mariyanti Elvi. 2023. “Pelatihan E-LKPD Interaktif Menggunakan Liveworksheets Untuk Guru SMP Negeri 14 Tanjungpinang.” Jurnal Anugerah 5(1):83–94. doi: 10.31629/anugerah.v5i1.5659.

Sulolipu, Andi Annisa, Muh. Yahya, Erni Rismawanti, and Muh. Anas. 2023. “MODEL PEMBELAJARAN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA.” Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi IPTEKS 1(5). doi: 10.59407/jpki2.v1i5.118.

Wijaya, Sastra, Mohammad Syarif Sumantri, and Nina Nurhasanah. 2022. “IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TERDIFERENSIASI DI SEKOLAH DASAR.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 8(2). doi: 10.36989/didaktik.v8i2.450.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i4.27226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: