Penguatan kompetensi digital guru SD Inpres Pir 2 Arso melalui pelatihan pembuatan video pembelajaran berbasis kinemaster

Ria Ristiani, Tiffany Shahnaz Rusli, Chelsi Yuliana, Sukmawati Sukmawati

Abstract


Abstrak

Penguatan kompetensi digital guru merupakan kebutuhan mendesak di era transformasi digital pendidikan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru SD INPRES PIR 2 ARSO, Papua, dalam membuat video pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi Kinemaster. Pelatihan dilaksanakan selama 2 hari dengan melibatkan 14 guru sebagai peserta. Metode yang digunakan meliputi ceramah interaktif, demonstrasi langsung, praktik mandiri, diskusi kelompok, dan tanya jawab. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman teknologi digital, dari 30% menjadi 85%. Sebanyak 12 dari 14 guru berhasil menyelesaikan video pembelajaran berkualitas baik, dengan 80% video memenuhi standar kualitas yang diharapkan. Kendala utama yang dihadapi meliputi keterbatasan perangkat dan koneksi internet. Kegiatan ini berhasil meningkatkan kompetensi digital guru dalam memanfaatkan teknologi untuk mendukung proses belajar-mengajar, membuka peluang untuk pengembangan program pelatihan lanjutan di masa mendatang

 

Kata kunci: aplikasi kinemaster; kompetensi guru; literasi digital; video pembelajaran.

 

Abstract

Strengthening teachers' digital competence is an urgent need in the era of digital transformation in education. This community service activity aimed to enhance the skills of teachers at SD INPRES PIR 2 ARSO, Papua, in creating interactive educational videos using the Kinemaster application. The training was conducted over 2 days, involving 14 teachers as participants. The methods used included interactive lectures, direct demonstrations, independent practice, group discussions, and question-and-answer sessions. The training results showed a significant improvement in digital technology understanding, from 30% to 85%. Twelve out of 14 teachers completed high-quality educational videos, with 80% of the videos meeting the expected quality successfully standards. The main challenges faced included device limitations and internet connectivity issues. This activity successfully improved teachers' digital competence in utilizing technology to support the teaching-learning process, opening opportunities for the development of advanced training programs in the future.

 

Keywords: digital literacy; educational video; kinemaster application; teacher competence.


Keywords


digital literacy; educational video; kinemaster application; teacher competence.

Full Text:

PDF

References


Afandi, Z., Budianto, A., Budiono, H., Widiatmoko, S., Wiratama, N. S., Lestari, S. N., Alkari, & Ferdian, F. (2022). PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI FILMORAGO UNTUK GURU SEKOLAH DASAR. Abdi Masya, 1(4), 217–222. https://doi.org/10.52561/abma.v1i4.183

Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS VIDEO UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR [DEVELOPMENT OF VIDEO-BASED INTERACTIVE LEARNING MULTIMEDIA TO INCREASE LEARNING INTEREST OF ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS]. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327.

Ayu Ningrum, T., & Stivani Suherman, D. (2020). IMPROVING DIGITAL LITERACY COMPETENCE FOR TEACHERS THROUGH BIMTEK FOR MAKING MEDIA AND EVALUATING ONLINE LEARNING FOR ELEMENTARY SCHOOLS. JMAEL: JOURNAL OF MANAGEMENT, ADMINISTRATION AND EDUCATIONAL LEADERSHIP, 1(4), 70–75. https://doi.org/10.51376/jmael.v1i4.179

Darnawati, Irawaty, & Uke, W. A. S. (2021). PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN DARING DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI KINEMASTER DAN SCREENCAST O MATIC. 12(1), 100–105.

Fitri, F., & Ardipal, A. (2021). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI KINEMASTER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Basicedu, 5(6), 6330–6338. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1387

Fitriyani, L., Sumantri,M., & Sumarsih. (2016). IMPROVING TEACHERS’ COMPETENCE IN MAKING DIGITAL LITERACY TEACHING MODULES AT SCHOOL THROUGH WORKSHOPS. 3(1), 1–23.

Ghofur, A., Nafisah, D., Eryadini, N., Astutik, N. F. W., & Suryanto, H. (2021). PELATIHAN PENGEMBANGAN DESAIN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF. Panrannuangku Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 29–36. https://doi.org/10.35877/panrannuangku480

Handoko. (2021). PEMANFAATAN KINEMASTER SEBAGAI APLIKASI PEMBUATAN IKLAN VIDEO BAGI PENGELOLA DAN PENDIDIK PKBM.Jurnal Desain: Kajian Bidang Penelitian Desain, 1(1), 14–24.

Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505

Jamin, H. (2022). UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU. Edupedia, 6(2), 148–160. https://doi.org/10.24269/ed.v6i2.1489

Kemendikbud. (2020). RENCANA STRATEGIS KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN 2020-2024. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–129. https://dikti.kemdikbud.go.id/

Kustandi, C., Fadhillah, D. N., Situmorang, R., Prawiradilaga, D. S., & Hartati, S. (2020). VR USE IN ONLINE LEARNING FOR HIGHER EDUCATION IN INDONESIA. INTERNATIONAL JOURNAL OF INTERACTIVE MOBILE TECHNOLOGIES, 14(1), 31–47. https://doi.org/10.3991/ijim.v14i01.11337

Leshchenko, M., Hrynko, V., & Kosheliev, O. (2020). METHODS OF DESIGNING DIGITAL LEARNING TECHNOLOGIES FOR DEVELOPING PRIMARY SCHOOL PRE-SERVICE TEACHERS’ 21ST CENTURY SKILLS. CEUR WORKSHOP PROCEEDINGS, 2732, 1044–1057.

Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological pedagogical content knowledge: A framework for teacher knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017-1054.

Saputri, F., & Mudinillah, A. (2022). PEMANFAATAN APLIKASI KINEMASTER DALAM PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN DI SD 03 KOTO PULAI. Jurnal Teknodik, 26, 183–198. https://doi.org/10.32550/teknodik.vi.876

Tanang, H., & Abu, B. (2014). TEACHER PROFESSIONALISM AND PROFESSIONAL DEVELOPMENT PRACTICES IN SOUTH SULAWESI, INDONESIA. JOURNAL OF CURRICULUM AND TEACHING, 3(2), 25–42. https://doi.org/10.5430/jct.v3n2p25




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i4.27235

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: