Peningkatan kemampuan membaca Al-Quran pada anak melalui bimbingan mengaji di taman pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Darul Mubtadi’ Desa Masbagik Utara

Achmad Abdul Hawabi, Khosiah Khosiah, Raden Sudarwo, Irma Setiawan, Miftahul Jannah, Samsinari Samsinari, Nurmawarti Nurmawarti, Puput Bestar, Debi Yatri, Herlina Eva Cahya Trisnawati Dewi

Abstract


Abstrak

Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) merupakan suatu institusi atau komunitas dalam masyarakat yang mengorganisir pendidikan non-formal dalam bidang keagamaan Islam, dengan tujuan mengajarkan keterampilan membaca Al-Qur'an kepada individu mulai dari usia taman kanak-kanak hingga tingkat pendidikan menengah atas. Tujuan penerapan program mengar mengaji, diselenggarakan sebagai bentuk upaya peningkatan kemampuan membaca Al-Quran pada anak-anak di TPQ Darul Mubtadi’ Dusun Karang Baru, Lombok Timur. Metode yang digunakan dalam penelitiaan ini yaitu melakukan survey lokasi dan berkeordinasi pada pihak TPQ untuk mendapatkan data-data dan system pembelajaran yang digunakan. Jumlah siswa yang iut dalam program ini yaitu 70 orang, Iqro ada 58 orang anak, tingkat Al-Qur'an 12 orang anak dan 1 orang tenaga pengajar. Kegiatan awal belajara mengaji adalah membaca surat-surat pendek dan dilanjutkan dengan membaca Iqro Maupun Al-Quran. Hasil dari penerapan program ini, anak-anak mampu membaca Iqro dalam kurun waktu 1-2 bulan.  Belajar mengaji merupakan program Mahasiswa KKN-DIK Pelatihan ini bertujuan untuk peningkatan kemampuan membaca Al-Quran pada anak-anak memberikan.

 

Kata kunci: Al- Quran; kemampuan membaca; bimbingan anak-anak

 

Abstract

Al-Qur'an Education Park (TPQ) is an institution or community in society that organizes non-formal education in the field of Islamic religion, with the aim of teaching Al-Qur'an reading skills to individuals ranging from kindergarten age to senior high education level. The purpose of implementing the mengar mengaji program is held as a form of effort to improve the ability to read the Koran to children at TPQ Darul Mubtadi' Karang Baru Hamlet, East Lombok. The method used in this research is to conduct a location survey and coordinate with the TPQ to obtain data and the learning system used. The number of students in this program is 70 people, Iqro there are 58 children, Al-Qur'an level 12 children and 1 teacher. The initial activity of learning the Koran is reading short letters and continued with reading Iqro and the Koran. As a result of implementing this program, children are able to read Iqro within 1-2 months.  Learning to recite the Koran is a KKN-DIK Student Program This training aims to improve the ability to read the Koran in children to provide.

 

Keywords: Al-Quran; ability reading; guidance children


Keywords


Al-Quran; ability reading; guidance children

Full Text:

PDF

References


Annafi, Safina Risqi. (2023). Implementasi Program Wajib Mengaji Untuk Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Quran Bagi Anak di Bimbingan Belajar Rumah Ilmu. Klaten: Fakultas Ilmu Tarbiyah.

Dinata, Fitri. (2020). Metode Bimbingan Membaca Al-Quran Bagi Santri Di Taman Pendidikan Al-Quran (Tpa) Markazul Qur’an Lampoh Beut Lamlhom Kecamatan Lhoknga. Banda Aceh:UIN AR-RANIRY.

Hidayatulloh,Riyan. (2023). MANAJEMEN PROGRAM BIMBINGAN MENGAJI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR`AN PESERTA DIDIK SMK NUFA CITRA MANDIRI DEPOK JAWA BARAT. Jakarta: Institut Ptiq Jakarta. https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/936/1/2023-RIYAN%20HIDAYATULLOH-2020.pdf

Jannah Shifaul. (2021). PERKEMBANGAN TPQ (TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN) DI KEBOAN SIKEP GEDANGAN SIDOARJO TAHUN 1990-2015. AVATARA, Journal Pendidikan Sejarah, Volume 10, No. 2

Jannah, S., & Wisnu, W. (2021). Perkembangan TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an) di Keboan Sikep Gedangan Sidoarjo Tahun 1990-2015. E-Journal Pendidikan Sejarah, 10(2).

Kustiwi, Ety. 2008. Penerapan Metode Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Pemahaman baca A-Qur’an Pada Anak. Malang:Universitas Islam Negeri.

Maghribi, A. M., Anisa, A., Marsela, A., Syamila, S., & Sari, L. K. (2023). Peran Mahasiswa Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Melalui Kegiatan KKN Mengajar Mengaji. BERDAYA: Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 51–62. https://doi.org/10.36407/berdaya.v6i1.1160

Muhammad, A., Ma’mun Dosen, S., Tinggi, I., Tarbiyah, A., Urwatul, W., & Jombang, I. (2018). Kajian Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an. Dalam Annaba : Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 4, Nomor 1).

Muhammad. (2021). Iqra’ 1-6. Bahan bacaan Versi Digital. https://flip.my/iqra/

Rifqi, M., Abidin, Z., & Kholid, A. (2021). PENINGKATAN BACA ALQUR’AN DI TPQ GEMA INSANI DUSUN MANISRENGGO DESA GONDANGMANIS. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1).

Santoso. (2024). 7 Metode Belajar Membaca Al-Qur’an. https://yatimmandiri.org/blog/inspirasi/metode-belajar-membaca-al-quran/

Wahyudi, A., & Mukarromah, K. (2023). Bimbingan Mengaji Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Raudhatul Athfal Al-Aliy Kendal Waru Timur Pamekasan. Al Irsyad: Jurnal Studi Islam, 2(2), 73–82. https://doi.org/10.54150/alirsyad.v2i2.228

Zulfikar, Z., Abidin, M. R. Z., Istiqomah, I., & Kholid, A. (2021). Peningkatan Baca Alqur’an di TPQ Gema Insani Dusun Manisrenggo Desa Gondangmanis. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 20–24. Retrieved from https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_if/article/view/1171




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i4.27238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: