Pelatihan implementasi kurikulum merdeka untuk guru sekolah dasar di Jerowaru, Lombok Timur
Abstract
Abstrak
Pengabdian ini berkaitan tentang menyelenggarakan pelatihan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar bagi guru pendidikan dasar di Jerowaru, Lombok Timur. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru mengenai prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka, memperkuat kemampuan dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), serta membantu guru mempraktikkan strategi pembelajaran inovatif berbasis proyek. Metode pelatihan yang digunakan meliputi diskusi, simulasi, dan praktik langsung, dengan tahapan yang mencakup persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil pelatihan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kompetensi guru, termasuk kemampuan mereka dalam menyusun RPP yang relevan dan menerapkan strategi pembelajaran yang kontekstual di kelas. Hambatan yang dihadapi, seperti keterbatasan akses teknologi dan perbedaan tingkat pemahaman peserta, berhasil diatasi melalui bimbingan intensif dan pendekatan adaptif. Pelatihan ini mendukung penerapan Kurikulum Merdeka di Jerowaru dengan membantu guru mengintegrasikan potensi lokal ke dalam pembelajaran, yang berdampak positif pada kualitas pendidikan dasar di wilayah tersebut. Artikel ini merekomendasikan pengembangan pelatihan serupa di daerah lain serta pentingnya dukungan berkelanjutan untuk memastikan keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka.
Kata kunci: pelatihan; implementasi; kurikulum merdeka; sekolah dasar.
Abstract
This service community was related to the implementation of a training program on the application of the Merdeka Curriculum for elementary school teachers in Jerowaru, East Lombok. The training aimed to enhance teachers' understanding of the principles of the Merdeka Curriculum, strengthen their ability to design Lesson Plans (RPP), and assist them in practicing innovative project-based teaching strategies. The training employed participatory methods, including discussions, simulations, and hands-on practice, with stages covering preparation, implementation, and evaluation. The results showed significant improvements in teachers' competencies, particularly in developing relevant lesson plans and applying contextual teaching strategies in the classroom. Challenges such as limited access to technology and variations in participants' understanding were effectively addressed through intensive mentoring and adaptive approaches. This training supports the implementation of the Merdeka Curriculum in Jerowaru by helping teachers integrate local potential into their teaching practices, positively impacting the quality of elementary education in the region. The article recommends the development of similar training programs in other regions and emphasizes the need for continuous support to ensure the successful implementation of the Merdeka Curriculum.
Keywords: training; implementation; merdeka curriculum; elementary schools
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agung, Hartoyo. "Potret kurikulum merdeka, & wujud, merdeka belajar di sekolah dasar. (2022). Potret kurikulum merdeka, wujud merdeka belajar di sekolah dasar.
Armini, N. K. (2024). Evaluasi Metode Penilaian Perkembangan Siswa dan Pendidikan Karakter dalam Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Dasar. Metta : Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(1), 98–112. https://doi.org/10.37329/METTA.V4I1.2990
Azizah, I. N., & Widjajanti, D. B. (2019). Keefektifan pembelajaran berbasis proyek ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kepercayaan diri siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 233–243. https://doi.org/10.21831/JRPM.V6I2.15927
Ilmudinulloh, R., & Bustomi, A. (2022). Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Riset Jurnalistik Dan Media Digital, 121–128. https://doi.org/10.29313/JRJMD.V2I2.1366
Imron, A., & Juharyanto, Juharyanto. "Pendidikan profil pelajar pancasila ditinjau dari konsep kurikulum merdeka. (2022). Pendidikan profil pelajar pancasila ditinjau dari konsep kurikulum merdeka.
Karyono, H., & Sunarni, S. (2023). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 1613–1620. https://doi.org/10.31004/JOE.V5I2.796
Kurikulum, D., Terhadap, M., Siswa, K., Ddi, M., Sitti, B., & Arismunandar, U. ; (2024). Dampak Kurikulum Merdeka Terhadap Kreativitas Siswa di MIS DDI Baru. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 6(3), 415–420. https://doi.org/10.31970/PENDIDIKAN.V6I3.1433
Marlina, L., & Sholehun. (2021). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH MAJARAN KABUPATEN SORONG. FRASA: JURNAL KEILMUAN BAHASA, SASTRA, DAN PENGAJARANNYA, 4(2).
Muh, I., Dinar, A. T., Asrop, S., Hasyim, R., Zainur, A., & Siti, F. binti A. Rahman. "PENERAPAN P. B. P. (PJBL) D. M. K. B. K. S. (2024). PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PJBL) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA.
Nazaruddin, Nazaruddin. "Implementasi K. M. D. E. M. 5. 0. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Era Masyarakat 5.0.
Penilaian, A., Dan, P., Karakter, P., & Mustoip, S. (2023). ANALISIS PENILAIAN PERKEMBANGAN DAN PENDIDIKAN KARAKTER DI KURIKULUM MERDEKA SEKOLAH DASAR. PANDU : Jurnal Pendidikan Anak Dan Pendidikan Umum, 1(3), 144–151. https://doi.org/10.59966/PANDU.V1I3.470
Purnawanto, A. T. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka. JURNAL PEDAGOGY, 15(2), 76–87. https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/139
Purwowidodo, A., & Zaini, M. (20023). Teori dan Praktik Model Pembelajaran Berdiferensiasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar (Fathurrohman, Ed.). Penebar Media Pustaka. http://repo.uinsatu.ac.id/35168/1/TEORI%20DAN%20PRAKTIKMODEL%20PEMBELAJARAN%20BERDIFERENSIASI.pdf
Sibagariang, D., Sihotang, H., & Murniarti, E. (2021). Peran Guru Penggerak Dalam Pendidikan Merdeka Belajar Di Indonesia. https://doi.org/10.51212/JDP.V14I2.53
Subandowo, M. (2022). Teknologi Pendidikan di Era Society 5.0. Jurnal Sagacious, 9(1). https://rumahjurnal.net/sagacious/article/view/1139
Sulaeman, S., & Ridhwan, Latuapo. "Implementasi K. M. melalui P. B. P. pada S. P. K. B. T. N. F. dan A.-R. B. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Pembelajaran Berbasis Proyek pada Sekolah Penggerak Kelompok Bermain Terpadu Nurul Falah dan Ar-Rasyid Banda.
Sulistyosari, Y., Karwur, H. M., Sultan, H., & Manado, U. N. (2022). PENERAPAN PEMBELAJARAN IPS BERDIFERENSIASI PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 7(2), 66–75. https://doi.org/10.15294/HARMONY.V7I2.62114
Tahun, B., Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Novelti, P., Haetami, A., Hamsiah, A., Hayati, N., & Yunita Rahma Pratiwi, E. (2023). Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. SABAJAYA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 173–179. https://doi.org/10.59561/SABAJAYA.V1I3.65
Yenti, D., Octovia Hefrita, N., Mahmud Yunus Batusangkar, U., Jenderal Sudirman No, J., Datar, T., & Barat, S. (2024). Landasan Pengembangan Kurikulum Merdeka. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 3317–3327. https://doi.org/10.54373/IMEIJ.V5I3.1285
Zulaiha, S., Meisin, M., & Meldina, T. (2023). Problematika Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(2), 163–177. https://doi.org/10.24042/TERAMPIL.V9I2.13974
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i4.27256
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: