Pelatihan menulis kreatif dan ilmiah sebagai wahana berlatih berpikir kritis di SMA Sains Cahaya Al-Qur’an Kota Pekalongan
Abstract
Abstrak
Kekhawatiran mengenai ketidakmampuan peserta didik dalam mewujudkan keterampilan berpikir kritis dan ketiadaan kegiatan ekstrakurikuler berbasis menulis di SMA Sains Cahaya Al-Qur’an Kota Pekalongan, mendorong tim pengabdi dari Tadris Bahasa Indonesia UIN Gus Dur Pekalongan melakukan pelatihan menulis kreatif dan ilmiah yang dikemas melalui kegiatan pengabdian kolaboratif. Pengabdian ini bertujuan agar peserta didik mampu membuat sebuah karya tulis, baik populer maupun ilmiah, yang berdasar dari aktivitas berpikir kritis siswa. SMA Sains Cahaya Al-Qur’an Kota Pekalongan merupakan sekolah yang mempunyai potensi besar untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa karena pembelajaran yang dilakukan diwujudkan dengan mengintegrasikan ilmu agama dan sains. Dalam praktiknya, potensi ini belum mampu dioptimalkan oleh sekolah karena siswa tidak memiliki wadah untuk mengekspresikan keterampilan berpikir kritis tersebut. Sebanyak 25 siswa dalam kegiatan ini, diberikan pelatihan tentang cara menulis kreatif dan ilmiah sebagai salah satu langkah untuk melatih keterampilan berpikir kritis. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini memanfaatkan pendekatan service learning. Melalui metode tersebut, keterampilan berpikir kritis siswa dapat terlatih dan terwadahi dengan baik. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa siswa-siswi SMA Sains Cahaya Al-Qur’an mampu menggali ide hingga mengembangkan kerangka dan menyunting tulisan melalui teknik menulis berantai, teknik menulis Amati, Bayangkan, Tuliskan, dan Kembangkan (ABTK), dan gali ide, buat kerangka, kembangkan, dan sunting dalam kegiatan pelatihan yang diberikan tim pengabdi. Saran yang dapat diberikan yaitu adanya pengabdian berkelanjutan, baik oleh tim pengabdi maupun tim lainnya, yang sama-sama berfokus untuk memupuk kemampuan berpikir kritis siswa melalui keterampilan menulis.
Kata kunci: pelatihan; menulis; menulis kreatif; menulis ilmiah; berpikir kritis.
Abstract
Concerns about the inability of students to develop critical thinking skills and the absence of writing-based extracurricular activities at SMA Sains Cahaya Al-Qur’an in Pekalongan prompted a team from the Indonesian Language Education Department at UIN Gus Dur Pekalongan to conduct training in creative and scientific writing as part of a collaborative community service initiative. This program aims to equip students with the skills to produce written works, both popular and scientific, rooted in critical thinking activities. SMA Sains Cahaya Al-Qur’an in Pekalongan has great potential to develop students' critical thinking skills, as the learning process there integrates religious and scientific knowledge. However, this potential has not been fully realized, as the school lacks a platform for students to express their critical thinking skills. In this program, 25 students were given training on creative and scientific writing techniques as a step to hone their critical thinking skills. The training employed a service-learning approach, which effectively nurtures and channels students' critical thinking abilities. The results of this program show that students at SMA Sains Cahaya Al-Qur’an can explore ideas, develop frameworks, and edit their writing using techniques such as chain writing, the Observe, Imagine, Write, and Develop (ABTK) technique, and methods to brainstorm ideas, outline, expand, and edit. It is recommended that there be ongoing community service initiatives, either by this team or other teams, to consistently focus on fostering students' critical thinking skills through writing.
Keywords: training; writing; creative writing; scientific writing; critical thinking.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alkhaldi, A. A. (2023). The Impact of Technology on Students’ Creative Writing: A Case Study in Jordan. Theory and Practice in Language Studies, 13(3), 586–592. https://doi.org/10.17507/tpls.1303.06
Bakri, H. (2023). Rhetorical Strategies for Teaching Essay Writing: A Case Study Involving Saudi ESL Students. Arab World English Journal, 14(2), 126–137. https://doi.org/10.24093/awej/vol14no2.9
Cameron, J. (2002). "The Artist's Way: A Spiritual Path to Higher Creativity." New York: Tarcher Perigee.
Csikszentmihalyi, M. (1996). "Creativity: Flow and the Psychology of Discovery and Invention." New York: Harper Perennial.
Cunningham, H. M., Taylor, D. M., i, Urmi A. MD, M., & All, E. (2018). Looking Back to Move Forward: First-Year Medical Students’ Meta-Reflections on Their Narrative Portfolio Writings. Academic Medicine, 93(6), 888–894. https://doi.org/10.1097/ACM.0000000000002102
Dalman, H. (2016). "Keterampilan Menulis." Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Darmuki, A., Hariyadi, A., & Hidayati, N. A. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Menggunakan Media Video Faststone di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 389–397. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1027
De Bono, E. (1992). Serious Creativity: Using the Power of Lateral Thinking to Create New Ideas. New York. Harper Business.
Harmer, J. (2004). "How to Teach Writing." London. Longman.
Hasan, M. (2019). Model Pelatihan Menulis Kritis untuk Siswa Sekolah Menengah. Bandung: Literasi Nusantara.
Jacoby, B. (2015). "Service-Learing Essentials." California: Jossey-Bass.
King, S. (2000). "On Writing: A Memoir of the Craft." New York: Scribner.
Komarudin, A. (2020). "Metode Efektif dalam Pelatihan Menulis untuk Siswa." Jakarta: Pustaka Edukasi.
Nani, N. (2022). Meningkatkan Keterampilan Siswa Dalam Menulis Cerita Fantasi Melalui Penerapan Metode Estafet Writing Di Kelas Vii B Smp Negeri 2 Dawuan. Jpg: Jurnal Penelitian Guru Fkip Universitas Subang, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.35569/jpg.v5i1.1234
Purwanto, N. (2012). "Metodologi Pengajaran Bahasa Indonesia." Bandung: Remaja Rosdakarya.
Shofiana, R. (2024). Wawancara dengan Kepala SMA Sains Cahaya Al-Quran.
Tompkins, G. E., & Pat Daniel Jones. (2018). "TEACHING WRITING Balancing Process and Product (Seventh)." London: Pearson.
Wicaksono, H., & Sudarman, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa melalui Pendekatan Kreatif dan Ilmiah. Jurnal Pendidikan, 10(2), 15–25.
Zinsser, W. (2006). "On Writing Well: The Classic Guide to Writing Nonfiction." New York: Harper Perennial.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i4.27282
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: