Peran strategis logo dalam era digital: membangun dan meningkatkan brand awareness
Abstract
Abstrak
Di era digital, persaingan bisnis yang semakin ketat menuntut perusahaan untuk memiliki identitas merek yang kuat guna membedakan diri dari para kompetitor. Salah satu strategi yang penting dalam membangun identitas merek adalah melalui desain logo yang efektif, yang tidak hanya menjadi representasi visual perusahaan tetapi juga memperkuat brand awareness. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan brand awareness UMKM AGMART93. Pendekatan yang digunakan melibatkan tiga tahapan, yaitu persiapan, penyuluhan dan pelatihan, dan evaluasi. Berdasarkan hasil survei dan evaluasi, penyuluhan tentang pentingnya brand telah berhasil meningkatkan pengenalan merek brand recognition.Temuan ini menunjukkan bahwa desain logo yang tepat, didukung oleh pemahaman yang baik tentang elemen branding dan konsistensi penggunaan di platform digital dapat memberikan dampak positif terhadap performa bisnis, khususnya bagi UMKM seperti AGMART93.
Kata kunci: UMKM; identitas merek; brand awarness; strategi branding
Abstract
In the digital era, intensifying business competition requires companies to establish strong brand identities to differentiate themselves from competitors. One crucial strategy in building brand identity is through effective logo design, which serves not only as a company's visual representation but also strengthens brand awareness. This study aims to enhance the brand awareness of AGMART93, a small and medium-sized enterprise (SME). The approach employed encompasses three stages: preparation, counseling and training, and evaluation. Based on survey results and evaluation, brand awareness education has successfully improved brand recognition. These findings indicate that appropriate logo design, supported by a thorough understanding of branding elements and consistent implementation across digital platforms, can positively impact business performance, particularly for SMEs like AGMART93.
Keywords: SMEs; brand identity; brand awareness; branding strategy
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustin, Nency, M. Ammar Fauzan, Pitri Rosmala Dewi, Aliah Ghina, Luis Marnisah, Muhammad Wadud, Dan Endy Agustian. (2024). “Kemplang Untuk Meningkatkan Daya Saing Di Desa Lembak ( Pelatihan Logo ).” Communnity Development Journal 5(5):8952–57.
Agustina, Rini, Yoyok Seby Dwanoko, Dan Dodit Suprianto. (2021). “Pelatihan Desain Logo Dan Kemasan Produk Umkm Di Wilayah Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang.” Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks “Soliditas” (J-Solid) 4(1):69. Doi: 10.31328/Js.V4i1.1732.
Ainun, Nurul, Rian Maming, Dan Altri Wahida. (2023). “Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Branding Pada Umkm.” Jesya 6(1):674–81. Doi: 10.36778/Jesya.V6i1.967.
Arifudin, Dani, Linda Heryanti, Dan Dian Pramesti. (2021). “Pelatihan Desain Mockup Dan Logo Sebagai Branding Produk Untuk Meningkatkan Nilai Jual Bagi Umkm D.” Jurnal Masyarakat Mandiri 5(5):2640–51.
Bilgin, Yusuf. (2018). “The Effect of Social Media Marketing Activities on Brand Awareness, Brand Image and Brand Loyalty.” Business & Management Studies: An International Journal 6(1):128–48. doi: 10.15295/bmij.v6i1.229.
Chakti, Gunawan. (2014). The Book Of Digital Marketing: Buku Pemasaran Digital. Disunting Oleh A. Y. Abadi. Celebes Media Perkasa.
Destrina, Aulia Afra, Galvin Chistian Lukyanto, Mentari Clara Dewanti, Dan Siti Aminah. 2022. “Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Branding Pada Umkm Rajutan Bkl Bismo.” Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 2(2):1473–78.
Dicky Wisnu Usdek Riyanto. (2024). “Pendampingan Desain Logo Dan Kemasan Untuk Meningkatkan Daya Saing Produk Lokal.” Alkhidmah: Jurnal Pengabdian Dan Kemitraan Masyarakat 2(3):69–77. Doi: 10.59246/Alkhidmah.V2i3.970.
Farida, Nur, Puspitasari Dewi, Dan Elsa Destriani. (2023). “Pengembangan Logo Dan Citra Umkm Melalui Rebranding.” 2(2):103–8.
Ismail, Rizky Riza, Dan Rizky Dermawan. (2023). “Pendampingan Pengembangan Kemasan Untuk Membangun Identitas Produk Bagi Umkm Di Kelurahan Turi, Kota Blitar.” Jurnal Masyarakat Mengabdi Nusantara (Jmmn) 2(2):135–42.
Matasak, Fanny, and Nurjayanti Takwa. (2023). “Analisis Efektifitas Warna Pada Logo Perusahaan Google.”
Siswanto, Ari Saputro, M. Anif, Dan Basuki Hari Prasetyo. (2022). “Desain Branding Kemasan Produk Umkm Yang Menarik Dan Ekonomis.” Seminar Nasional Sistem Informasi Dan Teknologi (Sisfotek) 194–201.
Tamtelahitu, Trientje M., Juliana Luturmas, Victor Batlajery, Christiansy Sameaputty, Dan Adryan N. A. Augustyn. (2021). “Pelatihan Teknik Desain Logo Kemasan, Pengemasan Dan Pemasaran Produk Di Kelompok Mama Romi.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4(3):6–13.
Vilantika, Elok, Ahmad Qoni Dewantoro, Rizqi Ramadhan Afandi, Tuffachatul Achla, Program Studi Manajemen, Program Studi, Teknik Industri, Dan Universitas Muhammadiyah Gresik. (2024). “Perancangan Pengembangan Produk Usaha Mikro Kecil Menengah ( Umkm ) Berbasis Pembuatan Branding Logo & Digital Marketing Dengan Pendekatan Analisis Swot Di Kelurahan Karangturi.” Pengabdian Kepada Masyarakat 01(02).
Zharandont, Dan Patrycia. (2020). “Pengaruh Warna Bagi Suatu Produk Dan Psikologis Manusia.” Humaniora Binus 2(Terminologi Warna):1086.
Zihni Qistan, Lutfi, Regi Agriani, Nor Lailla, Jl Kh Ahmad Dahlan, Kec Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Dan Universitas Muhammadiyah Jakarta. (2023). “Prosiding Seminar Nasional Lppm Umj Pelatihan Desain Logo Sebagai Branding Produk Untuk Meningkatkan Nilai Jual Bagi Usaha Rumahan Di Griya Sasmita Bojongsari, Depok.” Jurnal Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat Umj 2.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i4.27378
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: